5 Manfaat Teh Linden, Teh Bunga Unik dengan Manfaat yang Tak Terduga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Teh linden mungkin tidak sepopuler teh herbal lainnya. Padahal, teh linden punya banyak manfaat kesehatan, terutama untuk relaksasi dan tidur lebih nyenyak. Teh yang memiliki rasa khas ini juga mengandung berbagai macam nutrisi, antioksidan, dan senyawa kaya khasiat. Lantas, apa saja manfaat yang Anda peroleh dari meminumnya?

Mengenal teh linden dan manfaat di dalamnya

Teh linden dibuat dengan mengeringkan bunga dari tanaman Tilia cordata, Tilia platyphyllos, atau tanaman sejenis dari marga yang sama. Bunga linden yang telah kering dapat diseduh langsung atau dihaluskan menjadi bubuk terlebih dahulu.

Minuman ini bisa dikonsumsi dalam keadaan panas maupun dingin. Rasanya cukup unik, yakni manis disertai rasa dan aroma bunga yang kuat. Dahulu, mengonsumsi teh linden secara rutin dipercaya bisa mengatasi flu, sakit kepala, hingga masalah tidur.

minum teh saat hamil

Beberapa penelitian pun telah dilakukan untuk membuktikan manfaat teh linden bagi kesehatan. Hasilnya, teh linden berpotensi memiliki khasiat sebagai berikut:

1. Membuat tubuh lebih rileks

Duduk sambil menyeruput teh memang terasa menenangkan, tapi efeknya bisa lebih besar jika yang Anda minum adalah teh tertentu, seperti teh linden. Pada penelitian terhadap hewan, bahan aktif dalam ekstrak linden bisa membantu relaksasi dan meredakan gejala kecemasan.

Para peneliti menduga bahwa ekstrak linden bekerja dengan cara yang mirip dengan aktivitas senyawa gaba-aminobutyric acid (GABA) pada otak. GABA mencegah munculnya luapan kegembiraan sehingga tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks.

2. Meredakan nyeri ringan

Selain membuat Anda lebih rileks, teh linden juga memiliki manfaat dalam meredakan rasa sakit berkat antioksidan quercetin yang terkandung di dalamnya. Quercetin dapat meredakan pembengkakan, peradangan, dan kondisi sejenisnya yang memicu nyeri.

Pada sebuah studi dalam Journal of the American College of Nutrition terhadap 50 wanita penderita rematik, asupan quercetin selama 8 minggu terbukti dapat menurunkan nyeri.

Senyawa ini bekerja dengan meredakan peradangan sendi sehingga nyeri yang dialami penderita berangsur-angsur membaik.

minum teh setelah makan

3. Menurunkan tekanan darah

Seperti teh herbal pada umumnya, teh linden mengandung banyak senyawa kimia yang hanya terdapat pada tanaman. Senyawa tersebut antara lain tiliroside, rutoside, dan asam klorogenat. Ketiganya memiliki kesamaan, yakni bisa menurunkan tekanan darah.

Pada studi terhadap hewan, senyawa dalam teh linden dapat menurunkan tekanan sistol jantung yang berfungsi mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jika tekanan sistol lebih rendah, tekanan darah pun akan ikut menurun.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat teh linden yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sering susah tidur. Pasalnya, beberapa senyawa dalam teh linden dapat menekan fungsi sistem saraf dan membuat Anda mudah mengantuk. Mirip seperti efek samping obat flu dan batuk.

Beragam senyawa tersebut antara lain terpenoid, kaempferol, p-coumaric acid, dan beberapa jenis minyak. Temuan ini memang masih perlu dikaji lebih lanjut, tapi Anda tak perlu cemas. Sekalipun tidak menimbulkan kantuk, minum teh sebelum tidur akan tetap membuat tubuh lebih rileks.

minum teh

5. Melancarkan sistem pencernaan

Meminum teh linden hangat akan menghangatkan tubuh dan menambah asupan cairan. Keduanya amat penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan. Ini sebabnya teh linden sejak dahulu sering digunakan untuk mengatasi masalah saluran cerna.

Selain itu, tiliroside pada teh linden juga memiliki manfaat untuk menyeimbangkan bakteri dalam saluran cerna. Tiliroside bukan sekadar senyawa antioksidan, melainkan juga senyawa antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab diare.

Khasiatnya yang beragam membuat teh linden menjadi minuman herbal yang unik. Cukup dengan meminumnya secara rutin, Anda bisa memperoleh manfaat yang begitu beragam.

Namun, minuman herbal seperti teh linden sekalipun tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Batasi konsumsinya agar tidak melebihi 3 cangkir dalam sehari. Dengan cara ini, Anda bisa memperoleh manfaat teh linden tanpa perlu khawatir akan risiko konsumsi berlebihan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Katakan Selamat Tinggal Pada Perut Kembung dengan Minum 5 Teh Herbal Ini

Perut kembung memang membuat Anda tidak nyaman. Salah satu solusi mengatasinya adalah dengan minum teh herbal untuk perut kembung, apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat 29 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit

Resep Minuman Bunga Telang, Si Biru Cantik yang Berkhasiat

Minuman bunga telang kini semakin banyak dikonsumsi karena dipercaya memiliki banyak khasiat. Inilah resep sederhana yang bisa Anda coba.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Resep Sehat, Hidup Sehat 15 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit

Tak Hanya Hangat di Tubuh, Ini Dia Manfaat Lain Teh Adas untuk Kesehatan Anda

Tidak hanya dipakai dalam bahan minyak esensial saja, tanaman adas yang diolah menjadi teh juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Nutrisi, Hidup Sehat 28 September 2019 . Waktu baca 3 menit

4 Pilihan Teh Terbaik yang Bisa Anda Nikmati Sebelum Tidur

Minum teh sebelum tidur dipercaya dapat membantu tidur jadi lebih nyenyak. Namun, tahukah jenis teh yang paling baik diminum menjelang tidur? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 13 September 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minum teh herbal saat hamil

Amankah Teh Herbal untuk Ibu Hamil?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 10 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat teh honeybush

Berbagai Manfaat Teh Honeybush, Teh Herbal dengan Rasa Madu Alami

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 8 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat rooibos tea

3 Manfaat Mengejutkan Minum Teh Rooibos untuk Tubuh Anda

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
cara membuat teh sage

3 Langkah Mudah Membuat Teh Sage Sendiri di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 12 November 2019 . Waktu baca 4 menit