6 Makanan Manis yang Sehat Sebagai Pengganti Permen

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Permen adalah makanan yang bisa memanjakan lidah dengan rasa manisnya. Namun, semakin sering makan makanan manis seperti permen itu ternyata tidak sehat bagi tubuh. Dilansir dari Livestrong, kebanyakan makanan manis bisa menimbulkan masalah mulai dari kerusakan gigi, risiko diabetes melitus, serta kenaikan berat badan. Tenang, masih ada beberapa pilihan makanan manis pengganti permen berikut ini. Anda pun bisa ngemil makanan manis lagi, tapi dengan kadar gula yang lebih aman buat tubuh.

1. Buah kering

Anda bisa mengganti permen dengan pilihan buah kering. Buah kering mengandung kalori yang lebih kecil daripada permen, lebih banyak mengandung serat, dan mineral dari buah-buahan.

Namun buah kering mengandung kalori lebih banyak daripada buah segar. Secangkir anggur hanya mengandung sekitar 60 kalori, tapi 2 sendok makan kismis mengandung lebih dari 80 kalori. Untuk itu, campurkan buah kering Anda dengan kacang-kacangan seperti almond, mete, kenari, kacang tanah, dan jenis kacang lainnya untuk menambah protein dan mengurangi jumlah gulanya.

2. Anggur beku, pengganti permen yang kaya serat

Mendengar namanya pasti Anda sudah terbayang bukan? Ya, daripada mengonsumsi permen-permen manis, anggur manis yang dibekukan bisa menjadi penggantinya, lho. Tekstur anggur beku ini tentu sangat renyah dengan rasanya yang manis. Bekukan sebanyak 20 butir buah anggur manis dan Anda akan mendapatkan asupan 50 kalori dan 12 gram karbohidrat.

Dilansir dari laman Medical News Today, anggur juga mengandung serat dan air, yang bisa membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan memperlancar buang air besar secara teratur. Anggur juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, anggur juga bermanfaat dalam mencegah kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan sembelit.

3. Greek yogurt dengan madu dan potongan buah

Daripada mengonsumsi permen-permen manis, lebih baik ganti kudapan Anda dengan makanan ini. Tidak hanya memberikan rasa manis di mulut, yogurt juga memberikan tekstur yang creamy dan dingin yang mirip es krim.

Selain itu, kudapan manis ini mengandung protein dari greek yogurt, mengandung serat, vitamin, dan mineral dari buah, serta mengandung zat antimikroba dan tambahan antioksidan dari madu. Camilan ini juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

4. Pisang beku salut cokelat

Pengganti permen lain yang bisa dicoba adalah pisang yang dicelup atau bersalut cokelat hitam (dark chocolate) yang sudah dilelehkan. Bukan hanya pisang, Anda bisa menggantinya dengan buah lain seperti mangga atau stroberi yang tidak kalah manis dan lezat.

Buah pisang merupakan sumber kalium yang sangat baik. Kalium dapat membantu menjaga tekanan darah dan membantu menurunkan risiko stroke.

Cara membuatnya mudah. Bekukan buah, lalu celupkan buah yang sudah beku ke dalam lelehan cokelat hitam. Jika ingin cokelatnya mengeras, masukkan kembali buah salut cokelat ke dalam kulkas. Anda bisa juga langsung menyantapnya.

5. Popcorn dengan taburan gula kayu manis

Jika Anda menginginkan camilan makanan manis lainnya, popcorn dengan taburan gula kayu manis juga bisa jadi pengganti permen manis Anda.

Anda bisa membuatnya dengan mudah. Buat popcorn tanpa menambahkan garam atau mentega lagi, dan taburi dengan taburan gula kayu manis. Tiga cangkir popcorn ini bisa mencapai sekitar 90 kalori.

Dilansir dari laman Healthline, bumbu seperti kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Kayu manis juga dapat membantu menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga insulin lebih efisien dalam mengantarkan gula darah ke seluruh sel-sel tubuh.

Bukan hanya itu, kayu manis juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal efek dari radikal bebas.

6. Cokelat hitam

Cokelat hitam bisa menjadi pengganti permen manis. Cokelat hitam yang tinggi antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas, yaitu salah satu penyebab penyakit dan penuaan. Cokelat hitam juga membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung dengan kandungan flavonolnya.

Pilih cokelat hitam yang setidaknya mengandung 70 persen kakao dan jangan ngemil cokelat hitam terlalu banyak. Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, satu ons cokelat hitam mengandung sekitar 150 kalori.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 5, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 23, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca