Pentingnya Asam Lemak dari Susu Organik untuk AnakIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Asam lemak merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembangun dan pembentuk sel. Beberapa makanan dan minuman memiliki sejumlah kandungan asam lemak yang bermanfaat baik dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satu contohnya adalah susu sapi organik.

Kandungan asam lemak di dalam susu sapi organik

jenis susu yang bisa bikin kolesterol tinggi

Susu sapi pada dasarnya mengandung sejumlah asam lemak penting yang diperlukan oleh tubuh. Di antaranya asam lemak omega 3 dan omega 6 yang tidak dihasilkan oleh tubuh, sehingga harus didapat dari sumber makanan dan minuman sehari-hari. 

Nah, dibandingkan dengan susu sapi biasa, kandungan asam lemak di dalam susu sapi organik memiliki komposisi yang lebih baik. Hal ini disebabkan oleh susu sapi organik yang mengandung asam lemak omega 3 dan 6 dalam rasio perbandingan yang lebih baik jika dibandingkan dengan susu sapi biasa.

Perbedaan kandungan nutrisi asam lemak di dalam kedua jenis susu sapi ini, diperkirakan karena proses perawatan sapi pada peternakan organik. Sapi organik diberi makanan berupa rumput dan pakan ternak yang bebas dari zat kimia tambahan seperti pestisida atau pupuk kimiawi. Selain itu, sapi dari peternakan organik juga bebas dari antibiotik maupun hormon pertumbuhan. 

Manfaat asam lemak omega 3 dan omega 3 untuk anak

akibat alergi susu sapi

Secara umum, asam lemak omega 3 yang ada di dalam susu organik penting untuk mencegah peradangan. Jika ditelisik lebih lanjut, asam lemak omega 3 mengandung DHA yang baik untuk mendukung perkembangan otak anak.

Kandungan asam lemak omega 3 dalam susu organik berperan pula untuk melancarkan berbagai fungsi tubuh anak. Mulai dari koordinasi mata, tangan, fokus, kemampuan sosial, hingga kecerdasan otak.

Selain itu, asam lemak omega 3 dapat memengaruhi kerja neurotransmitter atau senyawa khusus pada sistem saraf. Itu sebabnya, kadar omega 3 yang tercukupi dengan baik mampu membantu untuk memelihara kondisi psikologis dan perilaku anak. 

Uniknya lagi, omega 3 juga diyakini baik untuk membantu mengendalikan gejala depresi pada anak, serta menghindari risiko diabetes dan asma.

Begitu pula dengan asam lemak omega 6 untuk anak yang juga ada di dalam susu organik. Ada beragam manfaat omega 6 bagi kesehatan tubuh. Meliputi merangsang pertumbuhan kulit dan rambut, menjaga kesehatan tulang, hingga melancarkan metabolisme anak. 

Apabila jumlah kedua asam lemak ini tidak dapat terpenuhi sebagaimana mestinya, beberapa fungsi tubuh tidak dapat bekerja secara optimal. Berkat sejumlah kandungan asam lemak itulah, susu organik dinilai baik untuk dijadikan asupan anak sehari-hari.

Berapa kandungan asam lemak yang tepat?

susu organik untuk anak

Kandungan asam lemak pada makanan dan tubuh haruslah dalam perbandingan (rasio) yang seimbang. Perbandingan seimbang di sini bukan berarti jumlah kedua asam lemak tersebut harus benar-benar sama. 

Perbandingan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang optimal yakni 2:1 sampai 4:1. Ya, sebaiknya kandungan asam lemak omega 3 sedikit lebih banyak dari asam lemak omega 6. Mengapa?

Asam lemak omega 3 memiliki sifat antiinflamasi alias melawan peradangan. Sementara asam lemak omega 6 bersifat sebaliknya, yaitu proinflamasi atau menyebabkan peradangan. 

Dikhawatirkan jika jumlah asam lemak omega 6 berlebih, asam lemak omega 3 yang lebih sedikit ini tidak dapat bekerja optimal untuk meredakan proses peradangan. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan munculnya peradangan kronis akibat terlalu banyak kadar omega 6 ini. Itu artinya, proses peradangan di dalam tubuh akan terus berlangsung dan malah membahayakan tubuh. 

Atas dasar inilah, perbandingan asam lemak omega 3 dan omega 6 di dalam susu sapi organik haruslah proporsional. 

Memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 dan 6 anak

manfaat susu kambing

Sebelumnya sempat saya jelaskan bahwa perbandingan asam lemak omega 3 dan omega 6 harus proporsional. Jika tidak proporsional, tubuh jadi lebih rentan mengalami peradangan kronis. 

Salah satu sumber asam lemak omega 3 dan 6 dengan kandungan yang proporsional yaitu susu sapi organik. Selain omega 3 dan 6, susu sapi organik juga menawarkan sejumlah nutrisi lain seperti protein, kalsium, serta berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan anak.

Susu sapi organik bisa diberikan untuk mencukupi kebutuhan harian anak, tetapi perhatikan jumlah serta frekuensi pemberian susu yang harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak. 

Aturan minum susu sapi organik demi memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 dan omega 6 anak tidak selalu sama. Ini karena masing-masing anak memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda. 

Hal ini ditentukan oleh usia, jenis kelamin, serta berat dan tinggi badan anak. Nah, agar tahu berapa persisnya kebutuhan gizi anak, sebaiknya Anda konsultasikan lebih lanjut dengan dokter spesialis anak atau dokter spesialis gizi klinik. 

Jangan lupa, kebutuhan gizi yang utama tentunya harus dipenuhi melalui makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang. 

dr. Kristina Joy Herlambang, BMedSci (Hons), M.Gizi, Sp.GK Physician Nutrition Specialist
dr. Kristina Joy, BMedSci (Hons), M.Gizi, Sp.GK atau akrab disapa dengan dr. Joy ini menempuh pendidikan kedokteran umumnya di Universitas Indonesia. Dari universitas yang sama pula, dr. Kristina Joy mendapatkan gelar magister dan spesialisnya dalam bidang Gizi Klinik.   Pengalaman klinis menyadarkannya, edukasi yang minim pada orangtua dan anak merupakan salah satu penyebab tingginya malnutrisi alias angka kurang gizi di Indonesia. Menurutnya, edukasi orangtua dan anak sejak dini sangat penting dilakukan sebagai tindakan promosi preventif berbagai masalah kesehatan yang kompleks.   Selain itu, masalah kesehatan yang sudah ada harus ditangani dengan perawatan menyeluruh, ditinjau dari berbagai aspek medis maupun sosial. Ia percaya, nutrisi dan gaya hidup yang baik merupakan kunci penting tindakan pencegahan dan penyembuhan berbagai masalah kesehatan. Selain berpraktik di RS EMC Tangerang dan klinik Cos Med, dr. Kristina Joy juga aktif mengikuti berbagai seminar dan pelatihan tentang ilmu gizi karena ia yakin bahwa ilmu gizi akan terus mengalami perkembangan.
Selengkapnya
Artikel Terbaru