4 Manfaat Jadi Vegetarian (Plus Resep Vegetarian Murah Meriah)

Oleh

Berhenti memakan daging dan seafood bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang yang sedari kecil mengonsumsi bahan dasar ini. Namun, bukan berarti hal tersebut bisa benar-benar tidak mungkin, karena dengan adanya motivasi yang diiringi dengan sebuah bentuk apresiasi dapat membulatkan tekad kita. Bagi kamu seorang mahasiswa, makan yang sehat bisa jadi barang mewah, apalagi yang dulunya tidak pernah ke dapur untuk masak. Ternyata, menjadi vegetarian bisa menjadi solusinya, karena resep vegetarian tentunya sehat, mudah, dan pasti murah.

Apa yang boleh dimakan dan tidak saat jadi vegetarian

Vegetarian tidak memasukkan daging dan makanan laut sebagai salah satu bahan dari makanannya. Ada beberapa di antara mereka yang makan produk olahan susu dan telur atau yang disebut dengan lacto-ovo-vegetarian. Ada beberapa dari mereka yang menambahkan produk olahan susu bersama makanan “tumbuhan” lain dan disebut dengan lacto-vegetarian dan ada juga yang menambahkan telur ovo-vegetarian namun tidak memakan produk olahan susu.

Selain itu, vegetarian tidak memakan gelatin, karena gelatin berbahan dasar ekstrak hewani, yang biasa ada di permen kenyal, gummy bear, dan marshmallow. Bagi orang Indonesia, memakan krecek sangat “haram” hukumnya bagi vegetarian karena ada kerupuk kulit yang menjadi salah satu bahan dasar dari krecek sendiri.

Makanan yang boleh dimakan pun terdiri dari segala macam bahan dasar tumbuh-tumbuhan, alga, jamur, dan segala sesuatu yang bukan hewani. Vegetarian biasa mengganti protein yang ada dalam daging dengan kacang-kacangan, alpukat, beras merah, dll. Bagi ovo-vegetarian, mereka biasa mengganti rasa susu sapi dengan susu kedelai dan santan. Seperti pemakan daging lainnya, ternyata banyak pilihan makanan yang bisa diolah oleh tangan-tangan vegetarian.

Manfaat menjadi vegetarian

1. Berat badan menjadi ideal

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Hospital Ghent Department of Paediatrics di Belgia pada tahun 2011, pola makan vegetarian adalah cara yang baik untuk mengurangi risiko terserang stroke dan obesitas. Hal ini disebabkan karena memakan daging dan makanan cepat saji banyak mengandung lemak jenuh membuat tubuh kelebihan lemak jahat. Jangan khawatir juga bagi kamu yang overweight, dengan mengikuti pola makan ini akan berkurang berat badannya sebanyak rata-rata 10 kg pada tahun pertama. Berat badan kamu yang telah turun pun akan bertahan hingga 5 tahun ke depan (Ornish, 1992)!

2. Badan akan jadi lebih sehat

Angka kematian warga Indonesia akibat penyakit jantung sebanyak 35% atau sekitar 1,8 juta kasus pada tahun 2014. Walaupun penyakit jantung sendiri adalah hasil interaksi kompleks berbagai macam faktor, namun penumpukan lemak jahat menjadi salah satunya. Menurut Joel Fuhrman, MD, author dari Eat to Live: The Revolutionary Formula for Fast and Sustained Weight Loss, kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung pada vegetarian lebih rendah dari pemakan daging. Alasannya? Karena vegetarian lebih sedikit atau tidak sama sekali memakan lemak jenuh yang ada pada daging hewan.

3. Rendahnya risiko diabetes

Menurut penelitian yang dilakukan di Loma Linda University School of Public Health, pola makan vegetarian memiliki hubungan erat dengan penurunan risiko diabetes. Selain itu, penelitian yang dilakukan di George Washington University School of Medicine, pola makan vegetarian membuat perkembangan diabetes pada penderitanya menurun hingga 1.5 kali.

4. Tolak risiko kanker dengan menjadi vegetarian

Pada satu studi yang dimuat di British Journal of Cancer, 35.000 wanita pemakan daging merah yang menjadi respondennya memiliki kemungkinan tertinggi untuk terkena kanker payudara. Pada penelitian lainnya, memakan daging juga memiliki kaitan dengan kanker kolon, prostat, pankreas, dan lambung. Menurut The Cancer Project, salah satu organisasi non-profit, makanan dengan kadar lemak yang tinggi dapat memicu kerja hormon yang menyebabkan kanker.

Contoh menu vegetarian murah meriah

Ketika harga daging sapi bisa menembus hingga angka Rp100.000, dengan makan satu ikat kailan untuk sekali makan hanya menghabiskan harga Rp5.000 saja. Coba hitung! Harganya tentu jauh lebih murah, kan? Memasak makanan vegetarian pun tidak sulit. Yang terpenting kamu telah merencanakannya terlebih dahulu apa yang akan kamu masak dan memperhitungkan nilai gizinya. Berikut adalah salah satu resep makanan enak dan sehat untuk para vegetarian:

Nasi goreng kembang kol

Bahan:

  • Kembang kol, 1 bonggol besar
  • Telur ayam, 1 buah (opsional)
  • Bawang putih halus, 1 buah
  • Bawang merah iris kasar, 3 buah
  • Minyak wijen, ½ sdm (bisa diganti dengan minyak goreng biasa)

Cara:

  1. Parut halus kembang kol dengan parutan keju. Campur kembang kol dengan minyak dalam wajan antilengket. Sisihkan.
  2. Kocok telur, lalu goreng di wajan antilengket. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu (bawang putih dan bwang merah) dengan minyak di wajan dengan api kecil. Tumis hingga wangi.
  4. Masukkan kembang kol dalam wajan dengan api sedang. Masukkan telur orak-arik di dalam wajan. Aduk hingga kembang kol agak kering.
  5. Nasi goreng kembang kol siap dimakan

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca