Contek, Tips Menyimpan Makeup Supaya Tetap Rapi dan Teratur

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Menjaga dan merawat makeup agar tidak kotor dan kena bakteri adalah hal yang wajib dilakukan wanita. Kebersihan makeup ini juga tergantung dengan cara dan tempat Anda menyimpannya. Menyimpan makeup itu juga penting, karena ini akan membuat barang-barang kecantikan Anda tetap teratur pada tempatnya dan mudah ditemukan bila sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.

Tips menyimpan makeup agar awet dan rapi

1. Kuas makeup

tips membersihkan kuas makeup

Kuas merupakan salah satu peralatan makeup yang paling penting untuk dijaga dan dirapikan. Tempatkan koleksi kuas dalam toples warna-warni,  usahakan kuas berada dalam posisi tegak (bulu kuas menghadap atas).

Cara lainnya, Anda bisa simpan kuas makeup kesayangan dalam wadah kaca atau plastik dengan bentuk tabung untuk mengurangi kesan berantakan. Penyimpanan dengan cara ini juga dapat melindungi kuas dari debu dan risiko terkena kuman.

2. Eyeshadow

Untuk menyimpan makeup yang satu ini Anda harus menyediakan tempat khusus sendiri. Pasalnya, eyeshadow adalah salah satu produk makeup yang paling sulit diatur, karena memiliki berbagai variasi bentuk dan ukuran sehingga cukup susah untuk menyusunnya. Papan makeup menjadi salah satu solusi mudah untuk menyimpan berbagai palet eyeshadow koleksi Anda

Terlebih lagi, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, gunakan lembaran logam (stainless steel) dan bungkus rapi dengan kain bermotif cantik. Setelah itu tempelkan magnet kecil pada alat-alat kecantikan Anda, seperti lipstik atau foundation, sehingga koleksi makeup Anda bisa menempel rapi bila ditempelkan di papan logam.

3. Cat kuku

kuku kuning akibat kuteks

Cat kuku adalah salah satu produk kecantikan yang sangat digemari sebagai benda koleksi. Sering kali koleksi cat kuku jadi semakin berantakan karena tidak ada tempat yang cocok untuk menyimpannya.

Tips menyimpan makeup memajang koleksi cat kuku yang lebih indah dilihat adalah: masukkan ke dalam kotak perhiasan bening agar botol cat kuku tetap kokoh dan tidak cepat berantakan, selain itu Anda juga bisa dengan mudah memamerkan koleksi warna-warni kesayangan Anda.

4. Parfum

cara pakai parfum

Menyimpan makeup parfum harus diletakkan di tempat yang aman. Salah-salah menyimpan parfum, botol bisa tersenggol, terjatuh dan pecah. Aturlah tempat di mana Anda akan meletakkan koleksi parfum Anda, sehingga koleksi botol-botol parfum dapat terlihat menarik.

Gunakan juga rak kecil, alternatifnya Anda bisa menggunakan rak bumbu dapur  untuk menyimpan koleksi parfum Anda di kamar. Rak ini cukup untuk menyimpan beberapa botol parfum dengan aman dan rapi.

5. Lipstik

Lipstik  atau lipgloss memiliki permukaan tempat  yang kebanyakan terbuat dari besi dan plastik. Agar lebih aman, gunakan cangkir plastik yang dapat diisi dengan koleksi lipstik Anda. Letakan dekat cermin, sehingga Anda  tidak akan kesulitan untuk menemukan barang yang mudah hilang ini.

6. Foundation, bedak, bronzer, dan lainnya

memilih foundation sesuai jenis kulit

Untuk menyimpan makeup seperti foundation (alas bedak), bronzer dan bedak,  gunakan kontainer khusus make up yang memilki banyak laci sehingga Anda bisa meletakkan  makeup tersebut secara teratur dan tidak berantakan.

Kontainer makeup dengan ukuran kecil hingga sedang, dapat digunakan untuk menyimpan makeup yang fokus di bagian pipi ini. Anda juga bisa menempelkan sticker per bagian laci untuk mengetahui isi dari bagian laci tersebut sesuai produk makeup di dalamnya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca