8 Tips Agar Make Up Awet Meski Kulit Berminyak

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Memiliki jenis kulit berminyak memang kadang menjadi halangan untuk berdandan. Produksi minyak yang berlebih membuat riasan jadi tidak tahan lama dan gampang luntur. Meskipun begitu, Anda masih tetap bisa tampil cantik dengan makeup kok! Simak 8 tips makeup bagi Anda yang memiliki kulit berminyak.

1. Cuci wajah sampai bersih

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika memiliki kulit berminyak sebelum berdandan adalah pastikan jika wajah dalam keadaan bersih. Oleh sebab itu, Anda diwajibkan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Pasalnya, kulit berminyak sangat rentan dengan debu dan kotoran yang menempel di wajah.

Apabila kotoran tidak dibersihkan, riasan wajah tidak akan maksimal, dan bahkan tak jarang malah akan menimbulkan masalah jerawat. Gunakan pembersih wajah yang setidaknya memiliki kandungan 2% asam salisilat. Asam salisilat akan mengurangi kadar minyak pada kulit Anda, tapi tidak akan membuat kulit menjadi kering.

2. Gunakan primer

Bila Anda memiliki kulit berminyak, menggunakan primer makeup sebagai dasar makeup akan membantu makeup jadi lebih tahan lama.

Dengan menggunakan pimer, daerah yang berminyak seperti Zona T (dahi, hidung, dan dagu) tidak akan terlihat mengkilap dan akan membuat riasan menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Jangan lupa untuk menggunakan produk makeup yang berlabel oil-free atau bebas minyak mulai dari primer, foundation, bedak, blush on ataupun makeup lainnya.

3. Gunakan primer khusus kelopak mata

Kadang banyak orang yang menggunakan concealer untuk menutupi lingkaran hitam dan kemerahan di area mata. Namun, Emily Kate Warren seorang make up artist dari Los Angeles, justru menganjurkan untuk menghindari penggunaan concealer pada area kelopak mata. Sebaliknya, gunakan primer yang dirancang khusus untuk mata supaya eye shadow bisa menempel dengan sempurna dan mampu menyerap minyak di area kelopak mata.

4. Jangan terlalu banyak menggunakan bedak tabur

Selama ini orang yang memiliki wajah berminyak cenderung berpikir jika semakin sering memakai bedak tabur ke wajah maka produksi minyak di wajah akan berkurang. Tapi tahukah Anda jika hal tersebut adalah salah? Pasalnya, terlalu banyak menggunakan bedak justru akan membuat pori-pori memproduksi minyak lebih banyak.

Jadi, gunakan bedak hanya pada daerah yang mengilap atau berminyak saja. Gunakan jenis bedak yang memiliki formula matte translucent sehingga bisa menahan produksi minyak untuk semua warna kulit.

5. Gunakan kertas minyak

Tidak peduli seberapa sempurna dan matte makeup Anda, jika wajah sudah mulai mengeluarkan minyak tentu hal ini sangatlah mengganggu. Selalu siapkan kertas minyak, karena kertas minyak mampu menyerap minyak yang ada di wajah. Trik untuk menggunakan kertas minyak tanpa menghapus makeup Anda adalah dengan menekan kertas pada area yang berminyak saja, bukan menggosok-gosok kertas minyak pada kulit wajah Anda.

6. Gunakan produk make up yang bebas minyak

Karena kulit Anda secara alami menghasilkan minyak berlebih, maka gunakanlah makeup (terutama foundation dan blush on) yang bebas minyak dan bersifat noncomedogenic (tidak menyumbat pori-pori).

Produk makeup yang bebas minyak tidak akan menyumbat pori-pori dan tidak berisiko menimbulkan jerawat atau komedo. Selain menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, gunakan juga pembersih dan toner yang mengandung asam glikolat yang juga bisa mengurangi kelebihan minyak.

7. Gunakan pelembab berbentuk serum

Gunakan pelembab yang bertekstur ringan seperti serum. Pelembap dalam bentuk serum bisa melembapkan kulit tanpa harus membuatnya terlihat berminyak.

8. Rutin pakai masker

Sekali atau dua kali seminggu, gunakanlah masker perawatan kulit yang terbuat dari kaolin atau bentonite clay untuk mengatasi kelebihan minyak pada wajah. Pasalnya kandungan kaolin atau bentonite clay secara alami mampu menyerap minyak dan menenangkan kulit akibat iritasi.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 25, 2017 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca