Amankah Membentuk Lesung Pipi Dengan Operasi (Sulam Lesung Pipi)?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Lesung pipi sering dianggap sebagai fitur wajah yang menambah daya tarik. Sayang, tidak semua orang lahir diberkahi pipi berlesung. Mungkin itu kenapa juga cukup banyak orang yang tergiur untuk menjalani operasi lesung pipi alias sulam lesung pipi agar semakin tampak menarik. Namun, seberapa aman prosedur ini?

Apa itu lesung pipi?

Lesung pipi adalah lekukan yang muncul di pipi ketika seseorang tersenyum. Umumnya lesung sering terletak di pipi bawah dekat bibir. 

Tidak semua orang terlahir dengan lesung pipi. Lesung terbentuk secara alami akibat lekukan pada dermis (lapisan tengah kulit) karena otot-otot wajah menekuk lebih dalam saat mulut tertarik untuk senyum. Penyebab lainnya dari kemunculan lesung pipi mungkin karena cedera.

Lesung pipi sering dianggap sebagai fitur wajah yang indah. Di luar estetika, lesung pipi bahkan dianggap membawa keberuntungan di beberapa kebudayaan dunia.

Karena hal tersebut, jumlah permintaan operasi atau sulam lesung pipi meningkat drastis dalam beberapa tahun terakhir.

Bagaimana cara melakukan sulam atau operasi lesung pipi?

Operasi lesung pipi, disebut sebagai dimple plasty, dapatdilakukan di rumah sakit atau klinik kecantikan. Operasi ini termasuk operasi plastik kecil rawat jalan. Anda bisa langsung melakukan dan menyelesaikan prosedur ini tanpa perlu diopname.

Anda mungkin juga tidak perlu sampai dibius total untuk menjalani operasi lesung pipi. Dokter spesialis bedah kecantikan pertama akan mengoleskan bius lokal seperti lidocaine ke area kulit sekitar pipi. Umumnya Anda perlu menunggu dulu sekitar 10 menit sampai efek obat biusnya bekerja.

Kemudian dokter akan menggunakan alat biopsi kecil untuk membuat lubang di kulit pipi Anda secara manual sebagai awalan lesung. Setelahnya dokter akan mengangkat sedikit otot dan lemak di pipi untuk menciptakan lekukan yang lebih natural dan simetris. Kedalaman lubang lekukan kira-kira akan dibuat sekitar 2-3 milimeter.

Setelah selesai membuat ruang untuk lesung di pipi, kemudian dokter akan menjahit dari satu sisi otot pipi ke sisi yang lain. Jahitan ini terakhir akan diikat untuk memantapkan posisi lesung pipi secara permanen. 

Anda bisa langsung pulang setelahnya.

Seberapa lama waktu pemulihannya?

Pemulihan dari operasi atau sulam lesung pipi di dokter biasanya tidak lama dan relatif mudah.

Sisi wajah yang disulam mungkin akan sedikit bengkak setelah operasi. Namun, Anda dapat menempelkan kompres dingin untuk mengempiskan pembengkakan tersebut.  Biasanya bengkak akan hilang sendiri dalam beberapa hari ke depan.

Dokter bedah mungkin akan menjadwalkan sesi konsultasi beberapa minggu setelah operasi untuk mengamati hasilnya.

Adakah risiko atau komplikasi dari operasi lesung pipi?

Risiko dan komplikasi sehabis operasi lesung pipi di dokter bedah terpercaya umumnya jarang. Kemungkinan risiko serius dapat terjadi apabila Anda melakukan sulam lesung pipi di sembarang salon atau klinik yang bukan ahlinya. 

Beberapa risiko atau komplikasi yang mungkin terjadi termasuk:

  • Perdarahan di tempat lesung atau bekas jahitan operasi
  • Kerusakan saraf wajah
  • Kemerahan dan bengkak
  • Infeksi 
  • Jaringan parut

Jika Anda mengalami perdarahan atau keluarnya cairan di area bekas operasi, segera temui dokter. Ini kemungkinan pertanda Anda mengalami infeksi. Semakin dini infeksi diobati, semakin kecil kemungkinannya akan menyebar ke aliran darah yang dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca