Jangan Salah, Ternyata Pakai Losion Lebih Baik Saat Kulit Basah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/04/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Bagi sebagian besar orang, menggunakan body lotion merupakan salah satu langkah penting dalam perawatan tubuh. Lotion dapat membantu kulit Anda terasa lebih halus dan lembap. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain yang terkandung di dalam lotion, seperti mencerahkan atau melindungi kulit dari sinar matahari. Ternyata, menggunakan lotion saat kulit masih dalam keadaan basah dapat membantu Anda mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Bagaimana bisa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengapa sebaiknya menggunakan body lotion saat kulit masih basah?

Pelembap atau body lotion sangat penting untuk pertahanan dan menjaga kadar air di dalam kulit. Namun, saat Anda mengaplikasikan body lotion pada kulit Anda, mungkin Anda terkadang merasa bahwa lotion tidak bekerja secara maksimal.

Setelah beberapa saat, kulit Anda akan terasa kering kembali. Hal ini dapat diperparah dengan kondisi udara dingin atau kulit Anda memang kering. Akibatnya, Anda harus berulang kali mengoleskan lotion pada kulit.

Untungnya, ada cara yang lebih efektif agar lotion Anda bekerja secara maksimal dalam mempertahankan kelembapan kulit, yaitu dengan menggunakan lotion saat kulit masih dalam keadaan basah.

Lotion mengunci kadar air di dalam kulit

Kulit berfungsi sebagai lapisan yang melindungi jaringan-jaringan di dalam dari risiko infeksi, iritasi zat kimia, dan kekeringan. Dalam kulit, terdapat kandungan air yang disebut dengan air epidermis.

Air ini terdapat di lapisan terdalam kulit dan akan berpindah ke lapisan atas untuk melembapkan sel-sel stratum korneum. Stratum korneum adalah selaput aktif yang berperan penting dalam menjaga kadar air pada kulit.

Lotion dapat menjaga kelembapan dengan cara mengunci kadar air yang terdapat di stratum korneum tersebut. Menurut Dr. Michale Kaminer, seorang ahli dermatologis yang dikutip dari Skincare.com, kulit memiliki kadar air dan kelembapan paling banyak ketika masih basah.

Setelah Anda mandi dan mengeringkan tubuh, kadar air pada kulit akan berkurang secara signifikan karena air menguap dari kulit Anda. Akibatnya, kulit terasa cepat kering, yang terkadang disertai dengan gatal-gatal dan rasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, Dr. Kaminer menyarankan agar Anda segera menggunakan lotion saat kulit masih dalam keadaan basah dan kadar air pada kulit masih tinggi. Waktu yang paling tepat adalah 3 atau 5 menit setelah Anda selesai mandi.

Meski basah, losion akan terserap ke dalam kulit dengan baik

Mungkin Anda berpikir kalau menggunakan lotion saat kulit basah justru membuat kulit terlalu licin dan lengket. Hal tersebut tidak menjadi masalah karena lotion akan tetap terserap ke dalam kulit yang basah.

Waktu yang dibutuhkan lotion untuk terserap dengan sempurna memang sedikit lebih lama apabila dibandingkan dengan memakai lotion pada kulit kering. Namun, efek lembap yang diberikan akan bertahan lebih lama karena lotion mengunci kadar air yang terdapat di kulit.

Selain menggunakan lotion saat kulit masih basah, disarankan pula agar Anda tidak mandi terlalu lama dan menggunakan air yang terlalu panas. Air panas dapat menyebabkan kulit kering dan kehilangan kelembapannya lebih cepat.

Untuk Anda yang memiliki kulit sangat kering atau sensitif, Anda dapat mencoba menggunakan lotion khusus atau jenis pelembap lainnya, seperti body butter atau body oil. Semakin tebal dan kental konsistensi lotion yang digunakan, semakin baik pula efeknya dalam melembapkan kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Warna rambut yang salah bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut cara mengetahui warna rambut yang sesuai dengan karakter diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 31/05/2020 . 4 menit baca

Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Beberapa Orang Suka Bau Hujan

Beberapa orang merasa tenang mencium bau tanah yang menguar setelah hujan turun. Ternyata, ada alasan ilmiah di balik itu. Ini penjelasannya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Hidup Sehat, Fakta Unik 15/05/2020 . 4 menit baca

Mengenal Hubungan Poliamori, Saat Cinta Anda Tak Hanya untuk Satu Orang

Menjadi yang kedua atau diduakan mungkin jadi hal yang tak pernah Anda inginkan. Namun, nyatanya tidak dengan hubungan poliamori. Apa itu poliamori?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Hidup Sehat, Seks & Asmara 13/05/2020 . 4 menit baca

Apa Pengaruh TBC pada Ibu Hamil dan Janin?

Kesehatan ibu hamil perlu dijaga dengan baik agar tidak memengaruhi kondisi janin. Lalu, apakah ada pengaruh TBC pada ibu hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Batuk, Health Centers 11/05/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 5 menit baca

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . 4 menit baca
yoga untuk pria

Tidak Hanya Wanita, Inilah 7 Manfaat Yoga untuk Pria

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10/06/2020 . 7 menit baca
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . 5 menit baca