3 Manfaat Centella Asiatica (Daun Pegagan) untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/06/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Daun pegagan atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Centella asiatica adalah herbal yang dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Salah satu manfaat daun pegagan adalah mengatasi berbagai masalah pada kulit. Lantas, apa saja manfaat daun pegagan untuk kulit? Berikut ulasannya.

Apa itu Centella asiatica?

pegagan

Centella asiatica adalah daun hijau berbentuk kipas yang biasanya ditanam dan digunakan untuk tujuan pengobatan. Selain dikenal sebagai pegagan, tanaman yang satu ini juga memiliki nama lain Gotu kola.

Herbal yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India ini memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan mulai dari mulai meningkatkan suasana hati, menambah daya ingat, menurunkan kadar gula darah, mengatasi diare, hingga mengatasi permasalahan kulit.

Tanaman yang berasal dari keluarga Apiaceae ini mengandung berbagai bioaktif yang berperan sebagai antioksidan, antimikroba, antivirus, hingga antiulcer (mengatasi luka pada dinding perut dan usus dua belas jari).

Para ahli di University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa meski herbal ini aman tetapi sebaiknya tidak dikonsumsi selama lebih dari enam minggu tanpa mengonsultasikannya terkebih dahulu ke dokter. Selain itu, orang yang memiliki penyakit hati (liver) dan riwayat kanker kulit juga tidak disarankan untuk mengonsumsi tanaman yang satu ini.

Manfaat daun pegagan (centella asiatica) untuk kulit

Dari sekian banyak manfaat daun pegagan untuk kesehatan, kegunaannya untuk kulit tidak bisa diragukan lagi. Berikut berbagai manfaat daun pegagan untuk kesehatan kulit, yaitu:

1. Menyembuhkan luka

luka terasa perih

Daun pegagan mengandung bahan kimia yang dikenal dengan nama triterpenoid. Senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, dan meningkatkan suplai darah ke area luka.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Lower Extremity Wounds menemukan fakta bahwa luka pada tikus yang diobati dengan ekstrak daun pegagan dapat sembuh lebih cepat dibandingkan dengan luka yang tidak diobati.

Selain itu, penelitian lain yang diterbitkan di Minerva Chirugica juga menemukan bukti bahwa Centella asiatica mampu mengurangi jaringan parut bedah setelah diberikan dalam bentuk dosis oral. Bahkan, penelitian lain juga menyebutkan bahwa herbal yang satu ini juga dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan menurunkan risiko infeksi.

2. Sebagai perawatan anti aging

bahan krim anti-aging

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Aryuveda and Integrative Medicine, menjelaskan bahwa Centella asiatica mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan berkurang. Padahal protein yang satu ini berperan sebagai fondasi utama kulit agar tetap elastis.

Oleh karena itu, Dr. James Duke, salah satu penulis buku The Green Pharmacy Anti-Aging Prescriptions: Herbs, Foods, and Natural Formulas to Keep You Young, menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen pegagan atau mengoleskannya secara langsung ke kulit dengan krim dari ekstrak pegagan mampu mengembalikan dan menjaga eastisitas kulit Anda.

3. Mengatasi stretch mark

Tips Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Dikutip dari penelitian dalam Advances in Dermatology and Allergology, pegagan mampu mengurangi tampilan stretch mark. Kandungan triterpenoid di dalam pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Dengan begitu, tak hanya menyamarkan stretch mark yang telah ada tetapi juga mencegah terbentuknya stretch mark baru.

Anda bisa menggunakan berbagai krim oles yang mengandung ekstrak pegagan pada daerah yang memiliki stretch mark. Namun, usahakan untuk melakukan tes kulit terlebih dahulu untuk menghindari reaksi negatif yang mungkin muncul.

Caranya dengan mengoleskan krim ke lengan bawah Anda dan mendiamkannya selama 24 jam. Jika daerah kulit yang dioles tidak mengalami iritasi atau peradangan tandanya krim ini aman untuk digunakan di daerah kulit lainnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

Salah satu jenis minyak yang bermanfaat untuk kecantikan kulit, yaitu minyak rosehip. Apa saja manfaat dari minyak rosehip ini?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 14/04/2020 . 5 mins read

Cantiknya Bunga Telang dengan 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Siapa yang mengira bahwa bunga telang dengan warna biru putih yang cantik ini menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda? Temukan jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 05/04/2020 . 4 mins read

Manfaat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Mugwort mengandung vitamin serta senyawa antioksidan dan antiradang sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat tersebut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 17/03/2020 . 3 mins read

6 Pilihan Obat Herbal untuk Kanker Serviks Melihat dari Sisi Medisnya

Selain dengan tindakan medis dari dokter, minum obat herbal juga dinilai berpotensi untuk menghambat perkembangan sel kanker serviks. Apa saja pilihannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kanker Serviks, Health Centers 28/02/2020 . 7 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . 4 mins read
merawat kulit saat karantina

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . 6 mins read
mencegah stretch mark saat hamil

Mungkinkah Mencegah Stretch Mark Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . 4 mins read
stretch mark pada pria

Bagaimana Stretch Mark pada Pria Bisa Muncul?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . 4 mins read