Kenapa Kulit Orang Asia Lebih Mudah Menghitam Saat Kena Sinar Matahari?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa wanita Asia lebih mudah mendapatkan warna kulit tan alias cokelat gelap daripada wanita dari belahan dunia lainnya? Artikel ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut dan memberikan Anda tips mengenai cara mengatasi hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi pada kulit orang Asia

Kulit orang Asia pada umumnya lebih rentan terhadap masalah kulit daripada ras lainnya. Kulit orang Asia lebih lembut, tetapi juga lebih rentan terhadap masalah hiperpigmentasi alias warna kulit yang menggelap. Jadi, pigmentasi kulit adalah kondisi yang sangat umum pada wanita Asia. Inilah mengapa kita menemukan banyak bahan pemutih dalam kosmetik Asia.

Wajah Anda akan tampak coklat atau coklat keabuan di pipi, dagu atau dahi, dan sebagainya. Ini berarti Anda berpigmen. Pigmentasi kulit biasanya terjadi pada ibu hamil atau yang pernah melahirkan.

Mengapa banyak wanita Asia mengalami kuit menghitam?

Menurut beberapa penelitian, alasan mengapa banyak wanita Asia mengalami pigmentasi adalah karena produksi melanin. Melanin adalah pigmen kulit alami yang melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UV. Saat tubuh memproduksi lebih banyak melanin, Anda akan memiliki kulit yang lebih gelap.

Saat produksi melanin meningkat (akibat ketidakseimbangan hormon), melasma akan muncul. Sebaliknya, dengan cuaca di Asia, kulit juga rentan terhadap masalah pigmentasi seperti melasma atau hiperpigmentasi.

Bagaimana cara mengatasi kulit menghitam akibat sinar matahari?

Kita bisa mencerahkan kembali warna kulit yang menghitam dengan menerapkan solusi berikut:

  • Gunakan hydroquinone, tretinoin dan kortikosteroid. Mengoleskan bahan-bahan ini ke kulit akan membantu kulit tampak bercahaya.
  • Obat-obatan lainnya. Obat biasanya mengandung agen pemutih kulit seperti azelaic acid atau kojic acid. Azelaic acid adalah asam alami yang digunakan sebagai alternatif untuk hydroquinone. Azelaic acid diproduksi dengan menumbuhkan yeast yang membantu tumbuh pada kulit sehat. Menurut studi yang diterbitkan di Journal of Applied Cosmetology, acid azelaic efektif dalam melawan hiperpigmentasi. Zat ini juga dapat memperbaiki kasus jerawat ringan sampai moderat.
  • Sulfur atau belerang adalah salah satu pengobatan untuk hiperpigmentasi. Sulfur tampak seperti obat hiperpigmentasi yang bersifat holistik pada kulit Asia. Ini adalah jenis mineral yang telah lama dihargai sebagai penyembuh pigmentasi. Tempat yang terkenal di antara orang Asia adalah pemandian air panas yang kaya sulfur. Mereka adalah orang yang ingin mencari bantuan untuk semua hal dari arthritis sampai penyakit kulit. Tempat tujuan ini dikenal sebagai “Mineral kecantikan dari alam” dan nama ini didapat karena tubuh Anda dapat mengandalkannya untuk menghasilkan kulit, kuku, dan rambut yang sehat.
  • Angkat lapisan wajah dengan masker kimia, abrasi kulit dan hiper-abrasi. Saat obat-obatan topikal tidak bekerja, cobalah salah satu dari perawatan ini.

Orang Asia memiliki kulit yang jauh lebih sensitif dibandingkan dengan yang lain. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki pengetahuan dasar mengenai karakteristik jenis kulit ini dan berhati-hati dalam memilih produk perawatan.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk lebih memahami kulit orang Asia.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Kulit kering ternyata bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Begini cara mengatasi gatal karena kulit kering, serta mencegah kulit jadi semakin kering.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dermatologi, Health Centers 1 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Warna rambut yang salah bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut cara mengetahui warna rambut yang sesuai dengan karakter diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 31 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat dan Cara Aman Pakai Skin Care yang Mengandung Asam Aktif

Pemakaian skin care dengan kandungan asam aktif tidak boleh sembarangan. Alih-alih memberikan manfaat untuk kulit, malah bisa merusak kelembapan kulit.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Perawatan Kulit, Kecantikan 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
jenis masker

Memilih Jenis Masker yang Paling Efektif Menangkal Virus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 5 menit
penyebab mengatasi kulit mengelupas

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
bibir gatal

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit