Ini yang Terjadi Pada Kulit Kalau Pakai Make Up Seharian

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17/05/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bagi para wanita yang suka pakai make up seharian, pastinya paham akan masalah kulit yang timbul. Salah satu dampak yang sering muncul adalah jerawat. Tapi, dampaknya tidak hanya itu saja. Baiknya, simak dampak buruk yang mungkin terjadi pada kulit yang selalu dilapisi makeup dalam jangka waktu seharian atau lebih.

4 Masalah kulit akibat pakai make up seharian

1. Wajah menjadi berminyak

Salah satu dampak pakai make up seharian adalah, wajah menjadi berminyak. Ini merupakan akibat dari memakai foundation dan krim wajah dengan bahan dasar yang berminyak. Eyeliner dan eyeshadow pun jadi mudah luntur. Sebaiknya Anda hindari make up berbahan dasar minyak bila kulit Anda berminyak. Bahkan bagi Anda yang berkulit kering, sebaiknya hindari make up jenis ini. Untuk mengatasi kulit kering, make up berminyak bukanlah jawaban.

2. Menimbulkan masalah kulit baru

Pada beberapa kasus, wanita yang selalu pakai make up seharian, akan menggunakan foundation dan bedak untuk membuat riasan tahan seharian. Masalahnya, American Academy of Dermatology menyatakan, bahan dari kedua kosmetik tersebut adalah pemicu utama keretakan dan keriput pada kulit.

Selain itu, dampak pakai make up seharian bisa menimbulkan infeksi pada kulit. Lalu, jika wajah masih dipaksakan memakai make up, infeksi tersebut akan berkembang menjadi gatal dan kering di permukaan kulit wajah.

3. Jerawat akan muncul

Kalau ada jerawat muncul akibat pakai make up seharian, pasti sudah tidak asing, ya, bagi kebanyakan wanita. Sudah umum, kalau jerawat akan senantiasa muncul bersamaan dengan make up yang melekat pada wajah. Sebetulnya, ini semua tergantung cara membersihkan dan aturan pemakaian dari make up itu sendiri. Sayang, masih banyak yang malas membersihkan wajah setelah pakai make up seharian, sehingga sisa make up bercampur dengan debu dan keringat, menyumbat pori-pori.

Jerawat sendiri dibentuk dari folikel rambut, minyak wajah, dan sel kulit mati yang dikombinasikan dengan bakteri kotor pada wajah. Bayangkan, jika Anda pakai make up seharian, yang mana foundation, bedak, primer, dan blush on berlapis-lapis, akan menyumbat pori-pori serta folikel rambut wajah sehingga mereka tidak bisa menyerap oksigen. Salah satu cara mengurangi risikonya adalah dengan tidak memakai makeup seharian penuh. Jika ingin menggunakan makeup untuk waktu yang agak lama, gunakan makeup berbahan non-acnegenic dan noncomedogenic yang tidak menghalangi pori-pori.

4. Menimbulkan iritasi dan alergi

Tahukah Anda, kalau beberapa make up yang dijual di pasaran mengandung bahan yang sama dengan cairan pengawet mayat? Ya, formaldehyde atau biasa dikenal formalin, banyak terkandung dalam produk riasan mata. Formalin, jika sampai terkena mata akan menimbulkan iritasi dan perih.

Kemudian, pada beberapa produk make up yang banyak dijual di pasaran juga ditemukan mengandung zat paraben yang diduga dapat menimbulkan kanker. Maka itu, demi mencegah risiko iritasi hingga kanker, baiknya hindari menggunakan make up terlalu lama. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab dan membersihkan wajah setelah menggunakan riasan seharian.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit