Pentingnya Pemulihan Saat Melakukan Olahraga Rutin

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Dalam dunia kebugaran dan olahraga, ada sebuah budaya atau mitos yang mengatakan “lebih banyak berolahraga, lebih baik hasilnya untuk tubuh”. Apa benar demikian? Lalu, apa ada waktu istirahat setelah olahraga rutin?

Olahraga rutin tidak melulu menyehatkan karena tubuh perlu istirahat

Banyak orang percaya bahwa tubuh yang bugar dan otot yang kencang hanya akan didapatkan ketika mereka melakukan olahraga rutin. Padahal, tubuh perlu porsi istirahat atau pemulihan yang sama pentingnya dengan porsi olahraga dan latihan yang sudah direncanakan dalam program.

Pemulihan sangatlah penting dalam olahraga, karena tanpa pemulihan kita tidak bisa beradaptasi secara fisik untuk menjadi lebih sehat, kuat, atau cepat. Karena pada dasarnya tubuh butuh istirahat juga sebetulnya. Contohnya, apabila Anda berolahraga setiap hari, maka secara psikologis Anda akan ‘tampak’ dan ‘merasa’ lebih kuat. Tetapi jika Anda dianalisis lebih dalam, sebenarnya itu hanyalah sesuatu yang tercermin dari pikiran Anda.

Pikiran Anda yang berpikir “semakin keras atau semakin sering saya berolahraga, maka tubuh akan semakin baik!”, tidak benar begitu faktanya. Berolahragalah secukupnya, karena olahraga terlalu keras justru akan menghilangkan hasil yang paling bermanfaat yaitu hormon atau gen ekspresif.

Ketika kita berolahraga, tubuh tidak bertambah kuat. Ketika kita berolahraga sebenarnya kita merusak sistem energi dan jaringan yang menyebabkan kita menjadi lemah. Semakin banyak dan sering kita melakukan olahraga, kita juga akan menjadi semakin lemah dan memperbesar kemungkinan sakit atau cedera atau yang biasa disebut ‘over-training’.

Untuk alasan itu, seimbangkan olahraga rutin Anda dengan pemulihan. Kombinasi olahraga dan pemulihan yang baiklah yang akan membawa Anda ke tahap kebugaran selanjutnya. Karena pada dasarnya memerlukan istirahat untuk proses pemulihan (atau memperbaiki kembali bagian yang rusak) setelah beberapa saat olahraga rutin. Pentingnya istirahat di sela-sela olahraga rutin.

peregangan otot

Bagaimanapun, sangatlah penting untuk diingat bahwa apabila terlalu banyak stimulus, atau beban dari olahraga itu sendiri terlalu berat, tubuh  tidak akan beradaptasi secara maksimal. Respon terbaik tubuh adalah dengan sedikit-sedikit menyesuaikan dengan level kemampuan yang tepat, barulah kemudian meningkat seiring penyesuaian tubuh.

Sebagai contoh, atlet angkat beban tidak serta merta langsung mengangkat beban terberat dan mengerahkan usaha maksimal sebelum memperoleh kestabilan yang diperlukan untuk mengangkat beban terberat(fase periodisasi).

Latihan dengan usaha maksimal dapat membebani otot dan jaringan sehingga cenderung membuat cedera. Apabila Anda tidak memberi kesempatan bagi tubuhnya untuk memulihkan diri, maka stimulus dari tiap latihan atau gerakan justru akan memberikan penolakan lebih lanjut terhadap fitness dan olahraga (kelelahan dan over-trained) lebih lanjut yang lebih berat.

Manusia memiliki kemampuan pemulihan yang berbeda-beda, oleh karena itu tidak mungkin bagi siapapun untuk mengetahui berapa lama proses pemulihan akan berjalan selain tubuh Anda sendiri.

Ada beberapa petunjuk dasar yang dapat diikuti untuk mengetahui kapan dan berapa lama pemulihan dapat dilakukan, tergantung pada banyaknya jumlah faktor, dan apabila akan diterapkan untuk tingkat lebih lanjut maka memerlukan pengalaman seperti trial and error.

Perhatikan!

Jika Anda benar-benar merasa lelah, maka istirahatlah. Jangan memaksakan diri hanya karena terpaku oleh program di secarik kertas. Banyak faktor yang dapat membuat tubuh stress dan sangatlah penting untuk lebih fleksibel pada jadwal olahraga rutin Anda.

Phil adalah praktisi kesehatan dan seorang ahli transformasi tubuh di starfitnesssaigon.com. Hubungi Phil di phil-kelly.com atau Facebook.com/kiwifitness.philkelly.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Artikel dari ahli Phil Kelly

8 Aturan Diet yang Salah Besar dan Tak Perlu Anda Percaya Lagi

Tak semua aturan diet harus Anda ikuti. Ya, ternyata ada beberapa aturan diet yang dibuat untuk dilanggar! Aturan diet yang seperti apa? Cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Phil Kelly
aturan diet yang salah
Nutrisi, Hidup Sehat 19 Desember 2016

6 Vitamin yang Bisa Membantu Menghilangkan Lemak di Tubuh Anda

Olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak dan membentuk tubuh. Anda juga butuh asupan vitamin yang tepat. Lantas, vitamin apa saja?

Ditulis oleh: Phil Kelly
menghilangkan lemak
Nutrisi, Hidup Sehat 19 Desember 2016

Apakah Olahraga Kardio Menyebabkan Lemak di Perut?

Latihan kardio memang memiliki banyak manfaat. Sayangnya, jika dilakukan secara berlebihan, latihan ini justru dapat menyebabkan penumpukkan lemak di perut.

Ditulis oleh: Phil Kelly
lemak di perut
Kebugaran, Hidup Sehat 19 Oktober 2016

Yang juga perlu Anda baca

Cari 3 Kandungan Suplemen Ini untuk Cegah Osteoporosis

Mengonsumsi suplemen dapat menjadi cara untuk cegah osteoporosis. Kenali tiga kandungan yang manjur membantu Anda terhindar dari masalah ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
wanita aktif karena rutin berolahraga dan mengonsumsi suplemen cegah osteoporosis
Nutrisi, Hidup Sehat 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Ini Alasannya Kenapa Nasi Merah Jauh Lebih Sehat dari Nasi Putih

Apa yang membuat beras merah selalu diyakini lebih baik dari beras putih? Dan apakah benar beras merah dapat membantu menurunkan berat badan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Peran Penting Probiotik untuk Kesehatan Lansia

Bakteri tak selalu jahat. Bakteri baik berperan menjaga kesehatan orang lanjut usia. Simak penjelasan dan peran bakteri baik alias probiotik untuk lansia.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lansia bermain di pantai berkat kesehatan yang baik, seperti menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan probiotik
Nutrisi, Hidup Sehat 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Multivitamin anak biasanya dikemas menarik dan rasanya enak seperti permen. Nah, ada juga multivitamin gummy khusus orang dewasa. Tapi benarkah lebih sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk yang kurang tidur

Berbagai Makanan yang Perlu Dikonsumsi Jika Anda Kurang Tidur

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
sumber karbohidrat paling sehat

Nasi, Mie, Pasta, dan Roti: Sumber Karbohidrat Mana yang Paling Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
daftar makanan penambah darah, obat penambah darah

Daftar Makanan Penambah Darah untuk Orang Anemia (Plus Pantangannya)

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
pengaruh alkohol untuk jantung

Apa Sebenarnya Pengaruh Alkohol untuk Kesehatan Jantung?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit