5 Gerakan untuk Membakar Lemak Paha

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 November 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Lemak paha sering kali mengganggu banyak orang, Anda mungkin juga salah satunya. Meskipun lemak paha tidak mudah dihilangkan, namun ini bukan berarti tidak mungkin. Ada banyak gerakan yang dapat membantu Anda mengurangi lemak perut. Namun, Anda juga harus menggabungkan latihan dengan diet sehat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Anda dapat melakukan beberapa gerakan berikut satu demi satu tanpa jeda di antaranya. Kemudian, ulangi hingga 2-3 set dan lakukan latihan ini 3-4 hari seminggu.

Gerakan untuk mengurangi lemak paha

1. Gate swings

Lemak perut
http://www.shape.com/fitness/workouts/top-10-new-exercises-thinner-thighs

Gerakan ini merupakan pemanasan yang baik. Selain dapat menargetkan paha bagian dalam, ini dapat mengaktifkan inti dan menstabilkan otot.

Cara melakukannya: Berdirilah pada kaki kiri dengan tangan terlipat di belakang kepala. Tekuk lutut kanan dan ayunkan kaki Anda ke kiri dan ke kanan tanpa menyentuh lantai, dengan mengangkat lutut setinggi mungkin. Ulangi 10 kali bolak-balik, dan kemudian lakukan hal yang sama dengan kaki yang satunya.

Tips: Tahan perut Anda selama melakukan gerakan untuk membantu menyeimbangkan tubuh.

2. Sumo squat slide in

Lemak perut
http://www.shape.com/fitness/workouts/top-10-new-exercises-thinner-thighs

Ada alasan mengapa balerina memiliki kaki yang indah. Sumo squat (grand plies) adalah pembentuk otot paha bagian dalam yang luar biasa. Tambahan slide pada gerakan ini memaksa otot-otot Anda untuk bekerja lebih keras.

Cara melakukannya: Berdirilah dengan kaki Anda berdempetan, dengan lutut dan jari berputar sebesar 45 derajat. Ambil langkah besar keluar sisi dengan kaki kanan Anda, lalu jongkok serendah mungkin. Jagalah punggung untuk tetap lurus, turunkan pinggul Anda ke bawah dan letakkan jari tangan Anda di depan mencapai tanah. Ketika Anda berdiri, geser kaki kanan Anda ke kiri, dan tekan kaki Anda bersama-sama hinga menyentuh tumit, lalu letakkan kedua lengan di samping kepala Anda. Ulangi sebanyak 20 kali, kemudian berganti kaki.

Tips: Pastikan untuk menjaga lutut Anda melebihi posisi jari kaki ketika berada di posisi squat.

3. Slide shuffle switch

Lemak paha
http://www.shape.com/fitness/workouts/top-10-new-exercises-thinner-thighs

Gerakan cepat ini dapat meningkatkan detak jantung Anda dan memaksa otot paha untuk bekerja dalam membantu Anda cepat berganti arah. Ini adalah cara yang efektif dalam menghilangkan lemak paha.

Cara melakukannya: Berdirilah dengan kaki Anda bersama-sama dengan lengan di samping. Gerakkan kaki Anda untuk mengambil tiga langkah cepat ke kanan (dengan kaki kanan, kiri, kanan), dan berhentilah dengan mengangkat lutut kiri atas sambil mengayunkan tangan kanan ke depan. Setelah itu, letakkan kaki kanan ke bawah, lalu mulai melangkah cepat ke samping kiri (dengan kaki kiri, kanan, kiri). Angkat lutut kanan ke atas sambil mengayunkan tangan kiri ke depan. Ulangi selama 20 kali berturut-turut secepat yang Anda bisa.

Tips: Gerakan ini membutuhkan kecepatan dengan ritme yang stabil. Untuk iu, cobalah berhitung 1, 2, 3 untuk membantu Anda tetap gesit dan cepat saat bergerak dari sisi ke sisi.

4. Low lunge dengan abduksi isometrik

Lemak paha
http://www.shape.com/fitness/workouts/top-10-new-exercises-thinner-thighs

Kontraksi isometrik ini mengaktifkan otot di dalam paha Anda dan juga di seluruh tubuh. Ini adalah cara yang lebih efektif dibandingkan dengan mesin abduksi di tempat gym.

Cara melakukannya: Berdirilah dengan kaki Anda bersama-sama dengan lengan di samping Anda. Ambil langkah lebar ke depan dengan kaki kanan dan turun ke posisi lunge. Letakkan tangan Anda di lantai pada bagian dalam kaki kanan Anda. Tekan lutut kanan keluar dari bahu kanan Anda. Tahan kontraksi selama 10 hitungan. Dorong lantai dengan kaki kanan Anda untuk kembali berdiri. Ulangi dengan kaki kiri untuk menyelesaikan satu set. Lakukanlah 3 set untuk keseluruhan.

Tips: Jaga lengan Anda untuk menekan kuat pada lantai agar dapat memberikan hambatan pada kaki Anda saat menekan kaki ke bahu.

5. Side plank lift

Lemak perut
http://www.shape.com/fitness/workouts/top-10-new-exercises-thinner-thighs

Gerakan yang satu ini memberikan tantangan kepada seluruh tubuh bagian bawah, sekaligus lengan dan inti.

Cara melakukannya: Berbaringlah di sisi kanan dan menopang tubuh bagian atas pada lengan kanan yang lurus dengan telapak tangan menempel di lantai. Panjangkan kaki kanan dan jari lurus. Tekuk lutut kiri dan letakkan telapak kaki kiri di lantai, di belakang kaki kanan Anda. Geser berat badan Anda ke kaki kiri, sehingga kaki kanan menjadi lebih ringan. Tahan selama satu hitungan dan kemudian rendahkan badan. Lakukan 15 repetisi dengan kaki kanan, dan 15 repetisi dengan kaki kiri.

Tips: Tahan perut Anda, lali cobalah untuk menjaga tubuh bagian atas tetap diam dan pinggul berada dalam garis lurus ketika mengangkat dan menurunkan kaki Anda.

 

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Yang Perlu Anda Tahu Seputar Pangan Rekayasa Genetika

    Sudah saatnya kita meluruskan isu-isu seputar pangan rekayasa genetika (PRG) atau genetically modified foods yang penuh kontroversi ini.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Nutrisi, Hidup Sehat 15 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

    7 Mitos yang Salah Tentang Membentuk Otot

    Sudah olahraga mati-matian tapi otot tak juga terbentuk? Mungkin karena Anda mengikuti aturan membentuk otot yang hanya mitos belaka.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Adinda Rudystina
    Kebugaran, Hidup Sehat 12 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

    10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

    Saat berolahraga, tubuh Anda akan bergerak dan beraktivitas lebih intens dari biasanya sehingga Anda rawan mengalami 10 cedera olahraga berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kebugaran, Hidup Sehat 11 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit

    Mengenal Marasmus, Masalah Gizi Penyebab Kematian Anak

    WHO mencatat marasmus adalah penyebab kematian pada 500 ribu anak di negara berkembang. Apa itu marasmus dan apa penyebabnya?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Parenting, Nutrisi Anak 1 April 2020 . Waktu baca 14 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    lemak paha sulit dihilangkan

    Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 30 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
    lemak paha

    Mana yang Lebih Susah Dihilangkan, Lemak Perut Atau Paha?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
    Dipublikasikan tanggal: 24 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
    makanan sehat untuk orang sibuk

    13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 22 Juli 2020 . Waktu baca 12 menit
    apa itu kolesterol

    7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit