6 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Perlu Olahraga Berat

Oleh

Perut yang buncit dan bergelambir menjadi musuh utama semua orang, terutama wanita. Anda yang seharusnya bisa memakai pakaian modis untuk menunjukan perut indah nan rata, menjadi harus menutupinya dengan ala ala pakaian berukuran besar. Biasanya Anda membutuhkan usaha yang besar demi menghilangkan lemak pada perut buncit, contohnya dengan olahraga sit up, atau bahkan mengikuti latihan tari perut. Tapi tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut secara menerus. Lalu, apa ada cara mengecilkan perut tanpa harus olahraga? Pastinya ada, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan tanpa harus berkeringat dengan susah payah demi perut indah nan rata. Yuk simak beberapa cara di bawah ini.

Cara mengecilkan perut tanpa olahraga

1. Perbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang baik adalah langkah awal cara mengecilkan perut  tanpa olahraga. Seringkali duduk dengan pose yang merosot dan membungkuk akan menonjolkan lemak di perut Anda. Anda bisa membayangkan seutas tali menarik tubuh Anda ke atas, dan Anda akan merasa bahu Anda tegak ke belakang. Setelah itu, untuk memperbaiki postur tubuh Anda sambil duduk, pastikan kaki Anda menyentuh lantai.

Anda juga bisa menempatkan bantal di punggung Anda untuk membuat ruang di perut agar lemak tidak bertumpuk di situ seharian.

2. Minum air putih yang banyak

Minum air minimal 8 gelas besar sehari, tidak hanya menghilangkan racun pada pencernaan, tetapi juga menjadi salah satu cara mengecilkan perut tanpa harus berolahraga. Pada dasarnya, perut merupakan gudang untuk menyimpan lemak yang tidak sempat terbuang oleh tubuh, lemak tidak terbuang karena kurangnya cairan yang membawa lemak-lemak tersebut ke sistem pembuangan tubuh. Maka, dengan minum air yang cukup akan membawa lemak-lemak tersebut lebih cepat keluar dari perut Anda.  

Disarankan jangan minum air setelah makan siang atau makan malam, tunggu 10-15 menit setelah Anda selesai makan dan kemudian minum air.

3. Ubah cara makan dan penuhi asupan yang bergizi

Makan yang benar mencakup banyak hal, dan apa saja yang harus diperhatikan?

  • Pertama, Anda harus benar-benar mengurangi makanan olahan dan makanan cepat saji. Kandungan pengawet dan kandungan garam yang tinggi di dalamnya menimbulkan kembung pada perut secara instan.
  • Kedua, Anda harus menyertakan buah-buahan dan sayuran yang kaya serat dan juga memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan air pada buah akan mengurangi kembung, dan serat akan menginduksi pencernaan yang membuat Anda buang air lebih lancar sehingga tidak perlu ada lagi lemak menetap di perut dan organ pencernaan lainnya.
  • Ketiga, gunakan piring yang lebih kecil atau mangkuk berukuran sedang untuk membuat ukuran porsi kecil terlihat besar. Hal ini juga bertujuan menjaga mindset kenyang saat makan tidak harus didapatkan dengan porsi yang banyak.
  • Keempat, mengunyah makanan juga sangat penting dalam rangka mengecilkan perut tanpa harus bersusah payah. Anda harus mengunyah makanan Anda setidaknya 10 kali sebelum Anda menelannya. Jika Anda tidak mengunyah dengan baik, tubuh perlu bekerja ekstra untuk memecah makanan yang di perut. Hal ini menyebabkan gas, kembung, dan gangguan pencernaan. Terakhir, ketika Anda makan dengan cepat, Anda cenderung menelan udara dan gas, dan ini akan menumpuk di perut, menyebabkan perut Anda berlipat-lipat.

4. Malas capek-capek olahraga? Jalan kaki 30 menit cukup, kok

Di sinilah cara terbaik menghilangkan perut buncit tanpa olahraga. Dengan 30 menit berjalan kaki secara santai juga merupakan ide yang baik untuk meningkatkan metabolisme Anda dan membakar beberapa inci lemak pinggang dan perut. Anda bisa melakukan jalan kaki santai ini sambil mengajak hewan peliharaan atau bahkan berjalan kaki sedikit saat menuju kantor.

5. Hindari apapun yang mengandung gula sebisa mungkin

Jika Anda ingin mengecilkan perut, maka Anda perlu benar-benar mengurangi asupan gula. Pastikan bahwa Anda makan dan minum dengan kandungan 0 gram gula, atau serendah mungkin. Dengan menghilangkan asupan gula, akan membantu Anda untuk menjaga kadar insulin dalam tubuh tetap rendah. Hal tersebut juga akan membantu Anda untuk meningkatkan kadar glukagon dalam tubuh, yang merupakan hormon yang akan membantu untuk menjaga perut tetap rata.

6. Tidur yang cukup

Cara mengecilkan perut yang satu ini bukan sekedar tiduran-tiduran santai sambil menonton televisi atau sambil menatap layar handphone. Tidur yang dimaksud adalah tidur berkualitas yang dapat melepas hormon stress dan lelah Anda. Sel-sel lemak yang dihasilkan setelah tidur dalam tubuh Anda menghasilkan hormon yang disebut hormon leptin, berfungsi mengontrol rasa lapar dan perasaan kenyang. Hormon ini hanya diproduksi selama tidur dengan kualitas yang baik, serta waktu yang cukup.

Nah, ketika kualitas tidur Anda buruk, akan mengganggu tingkat hormon leptin yang membingungkan tubuh. Akibatnya sinyal tubuh Anda akan kacau, dan hormon leptin tersebut malah menyimpan kalori lebih pada perut.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 7, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca