Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ketika belanja bulanan, Anda pasti tak lupa membeli berbagai produk pembersih rumah seperti karbol, detergen, dan sabun cuci piring. Menjaga kebersihan rumah memang sangat penting demi menjaga kesehatan keluarga. Akan tetapi, penelitian terbaru justru membuktikan kalau produk pembersih rumah berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Bagaimana bisa, ya? Cari tahu jawabannya di bawah ini. 

Senyawa kimia dalam produk pembersih rumah bisa menyebabkan masalah pernapasan

Menurut Allen Rathey dari The Healthy Facilities Institute, senyawa amonia, disinfektan (pembunuh kuman), phthalate, dan senyawa lainnya pada produk pembersih dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit pernapasan, seperti asma.

Bahan kimia berbahaya ini sering ditemukan dalam produk pemutih toilet atau pakaian serta produk untuk membersihkan debu. Beberapa pemutih dan pembersih ini biasanya juga mengandung senyawa kimia ethylene glycol butyl ether atau biasa disingkat EGBE. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), senyawa kimia EGBE ini bisa memengaruhi darah.

EGBE sangat mudah terhirup melalui udara dan terserap melalui kulit. EGBE bahkan tercatat sebagai senyawa kimia beracun bagi mata, kulit, sistem saraf pusat, sistem pernapasan, ginjal, dan hati. Menurut Agency for Toxic Substances and Disease Registry, EGBE bisa memengaruhi perkembangan dan sistem reproduksi seseorang. Jadi bisa disimpulkan bahwa EGBE adalah senyawa kimia yang berbahaya dan harus dihindari.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di Journal Air Quality, Atmosphere & Health menemukan bahwa lebih dari sepertiga orang Amerika Serikat melaporkan efek kesehatan seperti sakit kepala migrain dan serangan asma akibat terpapar produk pembersih rumah, detergen, dan penyegar udara.

Dr. Ahmed Arif, seorang pakar epidemiologi dari University of North Carolina Charlotte mengatakan bahwa sebagian besar produk pembersih rumah memiliki senyawa organik yang mudah menguap dan bisa mengganggu saluran pernapasan jika terpapar terlalu lama dan terlalu sering.

produk pembersih rumah
Sumber: weclean4you.com

Tips aman membersihkan rumah

Jika Anda memang harus menggunakan produk pembersih rumah yang berisiko, kenakan baju lengan panjang, sarung tangan, masker, dan kacamata pelindung agar tidak mudah terpapar bahan kimia.

Anda juga harus bekerja di tempat yang memiliki sirkulasi udara (ventilasi) yang baik. Bila tidak mau mengambil risiko, Anda bisa memilih produk pembersih rumah yang alami seperti dari cuka, baking soda, dan air jeruk. Anda pun bisa meraciknya sendiri di rumah.

Selain itu, kalau Anda memang punya masalah pernapasan atau asma, hindari membersihkan rumah dengan produk-produk pembersih dengan bahan kimia berbahaya tersebut. Usahakan untuk membeli produk yang paling alami dan minim bahan kimia tambahannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tak Hanya Memutihkan Kulit, Ini 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Siapa yang suka makan bengkoang? Nyatanya, kandungan dan manfaat bengkoang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Cara Diet Tanpa Sayur yang Aman untuk Tubuh

Di semua anjuran makanan sehat, selalu saja ada sayur di dalamnya. Bagaimana jika Anda tak suka makan sayur? Berikut ini diet tanpa sayur tapi tetap sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat, Tips Sehat 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit

6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

Pernahkan Anda mencicipi teh chamomile? Ternyata salah satu teh herbal ini banyak manfaatnya, lho! Simak manfaat teh chamomile bagi kesehatan tubuh.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Sinar Matahari Pagi, Siang, dan Sore: Mana yang Paling Sehat?

Saat menjemur bayi yang baru lahir, atau sekadar berjemur meresapi sinar matahari pagi, Anda harus tahu kapan waktu yang terbaik untuk melakukannya.

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Fakta Unik 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab bau mulut

Wajib Tahu 15 Penyebab Bau Mulut yang Mengganggu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 9 menit
penyebab mulut kering

7 Penyebab Mulut Kering Selain Dehidrasi yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 6 menit
akibat sering main hp

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
gingsul, salah satu jenis maloklusi

Fakta Seputar Gigi Gingsul yang Harus Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 6 menit