Kapan Tulang Anak Tumbuh Paling Pesat? Penting Diketahui Jika Ingin Anak Tumbuh Tinggi

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/10/2017
Bagikan sekarang

Semasa kecil, Anda mungkin sering disarankan untuk minum susu sebelum tidur oleh orangtua Anda supaya badan cepat tinggi. Memang, sih, susu merupakan salah satu sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Tapi, mengapa harus diminum sebelum tidur? Ternyata, ini ada hubungannya dengan pertumbuhan tulang manusia di malam hari.

Pertumbuhan tulang terjadi pada malam hari

Sebuah penelitian dalam Journal of Pediatric Orthopedics membuktikan bahwa tulang akan mengalami pertumbuhan pada malam hari. Penelitian tersebut menjawab “nasihat” orangtua yang sering mengakatan bahwa anak-anak tumbuh lebih tinggi dalam semalam, biasanya orangtua akan menyuruh anaknya untuk minum susu sebelum tidur.

Dalam penelitian tersebut, peneliti menempatkan sensor pada tulang kaki anak domba untuk memantau pertumbuhan tulang pada hewan. Sembilan puluh persen pertumbuhan tulang terjadi saat hewan tidur atau sedang beristirahat. Peneliti mengamati pola pertumbuhan tulang yang benar-benar hanya tumbuh ketika anak domba sedang berbaring atau istirahat. Sedangkan saat anak domba berdiri atau bergerak, pertumbuhan tulang tidak bertambah.

Hal ini disebabkan oleh tulang rawan antara tulang akan tertekan ketika berdiri, duduk atau melakukan kegiatan lain yang dilakukan sepanjang hari. Pada akhirnya ini dapat menghambat tulang bertumbuh optimal. Saat berbaring atau tidur, tulang rawan akan meregang dan tidak tertekan, yang mrmbuat tulang mudah memanjang. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pertumbuhan bukanlah suatu hal yang berkelanjutan terus-menerus. Lonjakan pertumbuhan mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari pada anak domba dan juga manusia.

Tapi, cepat lambatnya tulang bertumbuh juga dipengaruhi oleh asupan gizi dari makanan Anda sehari-hari.

Makanan apa saja yang membantu pertumbuhan tulang?

Susu adalah salah satu sumber protein dan kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang. Tapi selain susu, ada beberapa makanan lain yang juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, antara lain:

Sayuran hijau

Ada beberapa sayuran hijau mengandung kalsium yang dibutuhkan tulang, seperti brokoli dan  bokchoy. Selain mengandung kalsium, sayuran hijau juga mengandung vitamin K, yang berperan dalam pengaturan kalsium dan pembentukan tulang. Namun, tidak semua sayuran berdaun hijau baik untuk pertumbuhan tulang. Seperti bayam, walaupun mengandung kalsium, tetapi juga mengandung asam oksalat yang dapat menghambat penyerapan kalsium. Sebaiknya hindari makan makanan sumber kalsium dan bayam dalam waktu bersamaan.

Buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang. Pepaya, jeruk, nanas, dan strawberi mengandung vitamin C. Vitamin C ini berfungsi dalam sintesis kolagen, yaitu protein utama dalam tulang.

Daging merah

Daging merah mengandung fosfor dan magnesium yang dibutuhkan tulang. Lebih dari setengah massa tulang dibentuk oleh mineral fosfor. Kekurangan fosfor dapat mengganggu mineralisasi tulang. Selain itu, mineral magnesium juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Magnesium dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan berperan dalam banyak metabolisme mineral. Sumber makanan lain yang mengandung fosfor adalah seafood, kacang-kacangan, kentang dan gandum. Sedangkan sumber makanan yang mengandung magnesium adalah gandum, kacang-kacangan, seperti almond dan kacang mede.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Bakwan―gorengan khas Indonesia ini memang enak dan gurih. Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan lebih sehat. Simak resep membuat bakwan sehat berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Direkomendasikan untuk Anda

minyak esensial untuk meredakan stres

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020