Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Es krim adalah kudapan manis yang jadi favorit banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Dengan rasanya yang manis, tekstur yang lembut, dan sensasi dingin, es krim adalah pilihan yang tepat jika cuaca sedang terasa sangat panas. Sayangnya, banyak orang terpaksa menghindari es krim karena kandungan gula dan lemaknya.

Kemunculan frozen yogurt (fro-yo) atau yogurt beku tampaknya menjawab permasalahan ini. Dengan tekstur dan rasa yang mirip dengan es krim, frozen yogurt menawarkan kandungan kalori dan lemak yang lebih sedikit. Namun, apakah itu berarti frozen yogurt lebih sehat bagi tubuh Anda jika dibandingkan dengan es krim? Benarkah kandungan kalori dan lemak dalam frozen yogurt lebih sedikit dari es krim?

Es krim vs frozen yogurt, apa bedanya?

Es krim dan frozen yogurt adalah produk turunan susu yang kaya akan kalsium. Es krim dibuat dengan cara mencampur susu, krim, gula, dan perasa. Kemudian bahan-bahan ini akan diolah hingga teksturnya membeku tapi tetap lembut seperti busa yang padat. Sementara itu, frozen yogurt dibuat dari hasil fermentasi susu (tanpa krim) yang dicampur dengan gula dan susu sampai teksturnya menyerupai krim yang lembut dan padat. Terkadang, frozen yogurt juga akan diberi tambahan perasa buah-buahan. Karena tidak menggunakan krim, frozen yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dari es krim.

Kalori

Kandungan kalori dalam frozen yogurt dan es krim sebenarnya hampir sama karena keduanya memiliki bahan dasar susu murni (whole milk). Namun, beberapa produk es krim dan frozen yogurt menggunakan susu tanpa lemak. Jika bahan dasar frozen yogurt dan es krim sama, maka jumlah kalori yang lebih tinggi akan Anda temukan pada es krim. Untuk frozen yogurt dan es krim dari susu murni, setengah cangkir frozen yogurt mengandung 110 kalori sementara setengah cangkir es krim vanili mengandung 130 kalori. Untuk produk yang diolah dari susu tanpa lemak, setengah cangkir frozen yogurt mengandung hanya 80 kalori. Setengah cangkir es krim yang dibuat dari susu tanpa lemak mengandung 120 kalori.

Lemak

Dalam setengah cangkir es krim yang Anda nikmati, Anda akan mendapatkan 7 gram lemak dengan 5 gram lemak jenuh. Sementara itu, setengah cangkir frozen yogurt Anda mengandung 2 gram lemak dan 2 gram lemak jenuh. Jika Anda memilih frozen yogurt dari susu tanpa lemak yang bebas gula, setengah cangkirnya tidak mengandung lemak sama sekali. Yang perlu diperhatikan, lemak tak selalu bersifat jahat bagi tubuh. Faktanya, lemak bisa memperlambat proses pencernaan gula dalam tubuh sehingga kepuasan Anda menikmati kudapan manis akan bertahan lebih lama. Anda pun jadi lebih mudah untuk menahan diri dari menambah porsi es krim Anda.

Gula

Banyak orang tergoda dengan rendahnya kadar lemak pada frozen yogurt. Anda pun merasa bahwa frozen yogurt adalah pilihan yang lebih baik dan sehat. Padahal, tanpa Anda sadari, kandungan gula pada frozen yogurt justru lebih banyak dibanding es krim. Menurut ahli nutrisi dari Amerika Serikat, Dana Kofsky seperti ditulis CNN, perusahaan-perusahaan yang memproduksi frozen yogurt seringkali menambahkan takaran gula untuk memperkuat rasa. Anda akan mendapatkan 17 gram gula dalam setengah cangkir frozen yogurt dan 14 gram gula dalam es krim dengan porsi yang sama. Kadar gula yang terdapat pada frozen yogurt ini terhitung sangat tinggi, mengingat bahwa dalam satu hari wanita dianjurkan untuk membatasi konsumsi gula hingga 20 gram dan pria 36 gram.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama atau bahan bakar yang sangat diperlukan oleh tubuh Anda untuk beraktivitas. Pada es krim dan frozen yogurt, karbohidrat didapatkan dari proses pencernaan pati dan gula. Karena biasanya frozen yogurt mengandung gula lebih banyak, maka tingkat karbohidrat dari frozen yogurt pun lebih tinggi yaitu sejumlah 22 gram. Setengah cangkir es krim vanili mengandung karbohidrat sejumlah 17 gram.

Sodium

Sodium adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, walau tidak dalam kadar yang terlalu tinggi. Kadar sodium yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan berbagai masalah jantung. Frozen yogurt mengandung 67 gram sodium sementara es krim mengandung 45 gram sodium dalam takaran setengah cangkir.  

Frozen yogurt vs es krim, mana lebih sehat?

Kandungan nutrisi yang terdapat pada frozen yogurt dan es krim memang tidak jauh berbeda satu sama lain. Namun, kalau Anda ingin menjaga nutrisi yang seimbang, tak ada salahnya sesekali mengganti es krim favorit Anda jadi frozen yogurt yang segar.  

Tips menikmati kudapan dingin pilihan Anda

Untuk memilih camilan secara bijak, perhatikan nutrisi apa yang paling dibutuhkan tubuh Anda dan kandungan apa yang perlu Anda hindari. Misalnya, Anda tidak boleh mengonsumsi gula terlalu banyak, Anda bisa memilih frozen yogurt tanpa gula karena biasanya jarang sekali ada es krim yang menawarkan pilihan bebas gula. Namun, Anda perlu memerhatikan pilihan topping Anda. Hindari topping frozen yogurt yang mengandung pemanis tambahan seperti marshmallow atau meises, lebih baik Anda memilih buah-buahan asli.

Saat menikmati kudapan dingin Anda, sebaiknya Anda tidak terburu-buru karena selain dapat membahayakan gigi sensitif, menikmati es krim atau frozen yogurt pelan-pelan juga bisa membatasi porsi Anda sehingga tidak berlebihan dan Anda pun bisa tetap menjaga nutrisi bagi tubuh sambil memuaskan selera.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

You are already subscribed to notifications.
Sumber

Nutrition Facts: Frozen Yogurt Vs. Ice Cream http://www.livestrong.com/article/434780-frozen-yogurt-vs-ice-cream-nutritional-facts/ Diakses pada 21 September 2016.

The real scoop: Frozen Yogurt only sounds healthier than ice cream http://edition.cnn.com/2015/07/27/health/frozen-yogurt-versus-ice-cream/ Diakses pada 21 September 2016.

Frozen Yogurt Vs. Ice Cream Nutrition. http://livewell.jillianmichaels.com/frozen-yogurt-vs-ice-cream-nutrition-5593.html Diakses pada 21 September 2016.

Yang juga perlu Anda baca

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Meski sedang hamil, ibu tetap direpotkan untuk melakukan pekerjaan rumah. Namun, apakah semua pekerjaan rumah tangga saat hamil aman untuk dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Kenikmatan kopi sudah tidak diragukan. Namun, tahukan Anda ada beberapa cara membuat kopi yang dapat menjadikan manfaatnya lebih baik untuk kesehatan.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Ada Orang yang Mengalami Alergi Bawang Putih dan Bisakah Diobati?

Selain alergi susu dan kacang, ada juga alergi bawang putih. Apa penyebabnya dan adakah cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Alergi, Alergi Makanan 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit