Yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Minum Soda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/06/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda salah satu penggemar dari minuman bersoda? Mungkin Anda harus pikir-pikir lagi karena minum soda ternyata memiliki banyak efek buruk pada tubuh kita.

Sekarang ini semakin banyak merek serta varian dari minuman bersoda. Penggemar dari jenis minuman ini juga tidak sedikit, dari anak kecil hingga kelompok usia lanjut sering mengonsumsi serta menyukai rasanya. Rasanya yang manis dan hadir dengan berbagai rasa membuat minuman ini semakin digemari dari tahun ke tahun. Bahkan diketahui bahwa rata-rata konsumsi dari minuman bersoda yaitu 9,5 galon per orang per tahun pada 1997 dan meningkat menjadi 11,4 galon per orang per tahun pada 2010. Hal ini menunjukkan bahwa minuman bersoda semakin disukai oleh banyak orang.

Telah banyak memang penelitian yang menyatakan bahwa kebiasaan minum minuman bersoda mempunyai dampak buruk bagi kesehatan, seperti obesitas, yang kemudian orang yang mengalami obesitas berisiko tinggi untuk mengalami berbagai penyakit degeneratif, misalnya penyakit jantung koroner, diabetes melitus, penyakit ginjal, dan sebagainya. Tetapi apakah Anda tidak penasaran apa yang terjadi pada tubuh Anda bahkan sesaat setelah meminum minuman bersoda?

Minuman soda memang tidak baik untuk dikonsumsi dan akan timbul berbagai dampaknya, malah dampaknya sudah muncul beberapa menit setelah Anda mengonsumsi minuman bersoda. Berikut adalah dampak yang disebabkan oleh minuman bersoda sesaat setelah Anda meminumnya. 

BACA JUGA: Benarkah Soda Buat Menstruasi Semakin Deras?

Dampak minum soda 10 menit pertama

Biasanya, dalam satu kaleng minuman bersoda terdapat minimal 10 hingga 15 sendok teh gula yang setara dengan 160 sampai 240 kalori.  Jumlah gula yang Anda dapatkan dari satu kaleng minuman bersoda merupakan jumlah kebutuhan gula dalam satu hari, bahkan jumlah pada minuman tersebut telah melebihi kebutuhan Anda. 10 menit pertama, mungkin beberapa dari Anda akan merasa mual karena gula yang menimbulkan rasa yang sangat manis.

20 menit kemudian, gula darah meningkat

Jumlah gula yang sangat banyak tersebut akan mempengaruhi kadar gula dalam darah Anda. Setelah 20 menit Anda mengonsumsi minuman bersoda, maka gula darah Anda meningkat sangat cepat. Hal ini kemudian menyebabkan peningkatan produksi hormon insulin dalam tubuh untuk merespon gula darah yang tinggi.

Tetapi peningkatan gula darah tidak hanya dihasilkan akibat minuman bersoda saja, makanan yang Anda makan juga yang mengandung gula akan semakin meningkatkan gula darah. Sehingga gula darah menjadi terakumulasi dan menyebabkan resistensi hormon insulin. Ketika hormon insulin resisten maka Anda berisiko untuk mengalami diabetes mellitus tipe 2. Kadar gula yang terlalu banyak di tubuh juga akan diubah oleh insulin menjadi cadangan lemak dalam tubuh. Jadi, dalam beberapa hari mungkin saja Anda mengalami peningkatan berat badan yang drastis.

BACA JUGA: Apakah Diet Soda Lebih Sehat Dari Soda Biasa?

Dalam 40 menit, tekanan darah meningkat

Hanya dalam waktu 40 menit, kafein yang terkandung di dalam minuman bersoda telah diserap seluruhnya oleh tubuh. Hal ini akan menyebabkan pupil mata membesar dan meningkatkan tekanan darah secara drastis. Kemudian kondisi tersebut diiringi dengan munculnya respon tubuh untuk mengatasi tekanan darah yang meningkat tiba-tiba. Adenosin, yaitu zat penerima sinyal yang ada di otak menjadi ditekan oleh tubuh untuk mencegah kelelahan akibat peningkatan tekanan darah.

45 menit setelahnya, timbul rasa kecanduan

Tubuh kemudian memproduksi hormon dopamin yang biasanya menciptakan rasa kecanduan dan rasa senang. Dampak ini hampir sama dengan dampak yang dihasilkan ketika Anda mengonsumsi heroin. Rasa senang akibat mengonsumsi minuman soda ini akan menyebabkan Anda kecanduan serta ingin mengonsumsinya lagi dan lagi.

BACA JUGA: Menguak Rahasia Gelembung Soda

60 menit setelah minum soda, gangguan pencernaan dan penyerapan gizi

Zat asam fosfor yang terkandung di dalam minuman soda akan mengikat kalsium, magnesium, serta seng yang ada di dalam usus halus Anda. Hal ini terjadi hanya dalam rentang waktu 1 jam saja. Kalsium, magnesium, serta seng mempengaruhi metabolisme zat gizi lain di dalam tubuh, sehingga jika jumlah mereka di dalam tubuh berkurang maka menyebabkan gangguan terhadap pencernaan serta penyerapan zat gizi.

Selain itu, Anda akan sering buang air kecil setelah mengonsumsi minuman bersoda karena minuman tersebut mengandung gula yang tinggi, sehingga mengganggu penyerapan air di dalam ginjal. Dan ketika Anda buang air kecil, kalsium, magnesium, dan seng akan terbuang juga melalui air urin Anda akibat berikatan dengan asam fosfor tersebut.  

Lalu, lebih dari satu jam setelah minum soda, apa yang terjadi?

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard University pada tahun 2012 menemukan bahwa orang yang meminum satu kaleng minuman bersoda saja bisa meningkatkan risiko penyakit jantung secara drastis dan signifikan. Orang yang mengonsumsi minuman bersoda juga berpeluang 20% lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung.

Tidak hanya itu, sifat asam yang dimiliki minuman bersoda menyebabkan enamel gigi menjadi terkikis dan menimbulkan plak gigi. Ditambah lagi, soda mempunyai kadar pH yang rendah lalu mengakibatkan penurunan produksi air liur, yang sebenarnya berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut. Hal ini berpeluang tinggi menyebabkan karies gigi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pijat Prostat, Benarkah Bisa Atasi Masalah Prostat dan Seksual?

Dewasa ini, pijat prostat mulai banyak dicari. Banyak yang yakin pijat ini bisa jadi solusi berbagai keluhan di area prostat. Apa memang benar?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Urologi, Prostat 05/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nafsu Seks Siapa yang Lebih Besar? Pria atau Wanita?

Semua orang punya nafsu seks yang berbeda. Namun apakah benar nafsu seks pria lebih besar dari wanita? Simak apa kata hasil penelitian.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Tak hanya efektif memangkas gelambir lemak perut, manfaat virgin coconut oil alias minyak kelapa dara sangat menakjubkan untuk kesehatan.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Fakta Unik 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering memang bikin penampilan terlihat kusam. Mari simak cara mengatasi rambut kering menggunakan 5 bahan alami pada penjelasan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab infeksi saluran kencing

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
kesehatan kandung kemih

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit