10 Makanan yang Tidak Mudah Basi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Makanan yang tidak mudah basi sangat berguna bagi seseorang yang membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Bahkan, makanan tersebut sepertinya tidak begitu membutuhkan tanggal kedaluwarsa, sehingga kita tidak harus khawatir jika lupa memeriksa tanggal pada labelnya. Setidaknya ada 10 makanan yang dapat bertahan bertahun-tahun, sebagai berikut.

Makanan yang tidak mudah basi

1. Beras putih

Tidak semua beras diciptakan sama. Anda mungkin berpikir bahwa baik beras putih maupun beras merah dapat bertahan dalam waktu yang lama. Namun, pikiran tersebut salah besar, karena minyak yang berada di lapisan dedak beras merah membuat beras hanya dapat bertahan selama 6 bulan. Sedangkan, beras putih dapat bertahan hingga 30 tahun ketika disimpan di dalam kotak kedap udara dengan suhu di bawah 15°C.

2. Madu

Madu disebut sebagai satu-satunya makanan yang benar-benar bertahan selamanya berkat bahan kimia ajaib yang dihasilkan oleh lebah. Nektar dari bunga bercampur dengan enzim di dalam tubuh lebah. Lebah mengubah komposisi nektar dan mengelompokkannya menjadi gula sederhana yang disetorkan ke sarang. Kibasan dari sayap lebah dan juga enzim yang berada di perutnya dapat membuat cairan yang bersifat sangat asam dan dengan kelembapan rendah, yang aman pertumbuhan bakteri.

Pengolahan dan pembungkusan madu lebih menambah umur makanan yang tidak mudah basi ini. Meskipun memiliki kelembapan yang rendah, gula madu merupakan higroskopis, yang berarti gula mengambil kelembapan dari udara. Ketika madu dipanaskan dan disegel dengan benar, kelembapan tidak akan terserap, dan madu akan bertahan selamanya. Toples tertua dari madu adalah berusia 5.500 tahun.

3. Garam

Mengingat natrium klorida adalah mineral yang diambil dari bumi, maka ketahanan makanan ini sudah tidak lagi mengejutkan. Garam telah digunakan selama berabad-abad sebagai alat untuk mengawetkan makanan lain atau bahkan tubuh makhluk hidup, karena garam dapat menghilangkan kelembapan. Namun, garam dapur mungkin tidak akan bertahan selamanya, melainkan hanya bisa bertahan sekitar 5 tahun, karena yodium yang terkandung di dalamnya.

4. Kecap

Ini adalah makanan yang tidak mudah basi lainnya. Ketahanan kecap masih bisa diperdebatkan tergantung pada apa yang ditambahkan ke dalamnya. Namun, meskipun telah dibuka, kecap akan dapat bertahan selama bertahun-tahun di lemari es.

5. Gula

Sama seperti seluruh makanan yang tidak mudah basi lainnya, metode penyimpanan gula akan menentukan apakah Anda dapat menyimpannya selamanya. Gula bubuk dan gula pasir dapat bertahan dengan baik jika disimpan di dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelembapan. Produsen diminta untuk menandai tanggal kedaluwarsa pada kemasan gula, namun produsen mengatakan, “bahkan gula merah yang telah mencair dapat dimakan setelah melunak.”

6. Kacang kering

Para peneliti dari Brigham Young University menemukan bahwa setelah 30 tahun, kualitas keseluruhan dari kacang kering menurun, namun dianggap masih dapat diterima untuk dikonsumsi dalam situasi darurat oleh setidaknya 80% dari panelis konsumen. Serta, daya cerna protein telah ditemukan tetap stabil dari waktu ke waktu.

7. Sirup maple murni

Sebuah panduan persediaan makanan darurat oleh Utah State University menjelaskan sirup maple murni bersama dengan gula komersial lainnya (seperti madu dan gula granular), sebagai pemilik umur simpan tak terbatas, karena perlawanan makanan tersebut terhadap mikroba dan jamur.

8. Susu bubuk

Meskipun akan jadi tidak terlalu enak, susu bubuk dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan susu segar. Selain itu, susu bubuk lebih mudah dibawa dan disimpan dibandingkan dengan susu lainnya.

9. Pemmican

Makanan yang tidak mudah kadaluarsa ini diciptakan oleh suku asli Amerika. Pemmican masih menjadi makanan favorit untuk bertahan hidup karena memiliki sumber protein yang tahan lama. Resep asli dalam pembuatan makanan ini adalah dengan menggunakan daging rusa atau banteng kering yang digiling menjadi bubuk, dan dicampur dengan berries dan lemak. Pemmican dapat dimakan dengan mentah, direbus, atau digoreng.

10. Cuka putih

Anda dapat membeli cuka putih berukuran besar tanpa harus khawatir terbuang percuma. Cuka dapat bertahan selamanya dan tetap segar. Jadi, Anda bisa membuat persediaan cuka di rumah Anda. Selain dapat digunakan sebagai bahan makanan, cuka juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih rumah tangga.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Kenapa Ada Orang yang Mengalami Alergi Bawang Putih dan Bisakah Diobati?

    Selain alergi susu dan kacang, ada juga alergi bawang putih. Apa penyebabnya dan adakah cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Alergi, Alergi Makanan 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

    Dari Mana Datangnya Intuisi? Dan Kenapa Harus Kita Turuti?

    Setiap orang memiliki intuisi, sebagian mempercayai intuisinya dan sebagian lagi tidak. Sebenarnya, apa itu intuisi? Dan kenapa kita perlu mengikutinya?

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Hidup Sehat, Fakta Unik 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

    Mana yang Lebih Sehat Buat Payudara: Bra Biasa Atau Berkawat?

    Saat memilih bra, Anda mungkin bimbang antara bra kawat atau bra biasa tanpa kawat. Yuk, simak pertimbangan dari para ahli berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Fakta Unik 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

    Apa Bedanya Eksim Basah dan Eksim Kering?

    Eksim adalah kondisi peradangan kulit yang membuat kulit gatal, memerah, dan pecah-pecah. Lantas, apa bedanya eksim kering dan eksim basah?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Kesehatan Kulit, Dermatitis 8 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    proses inflamasi

    Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
    Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    madu untuk bayi

    Usia Berapa Bayi Mulai Boleh untuk Diberikan Madu?

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
    ukuran otak dewasa berpikir

    Apakah Benar Otak Lebih Besar Artinya Lebih Pintar?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
    makanan untuk penderita thalasemia

    Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
    Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit