5 Resep Infused Water yang Segar dan Mudah Dibuat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Mei 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan infused water, yakni minuman yang cukup banyak digemari karena digadang-gadang mampu merangsang pembuangan racun di dalam tubuh. Minuman rendah kalori ini identik dengan air mineral yang dicampur bersama irisan buah, sayuran, maupun rempah-rempah. Sejauh ini, sudah terbayang bagaimana sehat dan nikmatnya minum infused water? Anda bisa mula mencoba bermacam-macam cara membuat infused water yang nikmat dan menyegarkan ini!

Kenapa minum infused water itu bermanfaat?

Bagi Anda yang sedang mengurangi konsumsi soda, minuman berkafein, atau minuman kemasan yang tinggi gula, infused water bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat. Cara membuat infused water pun terbilang mudah dan tidak memerlukan banyak alat seperti jus yang harus diblender, misalnya.

Hanya dengan bermodalkan sebotol air mineral serta beberapa potong buah, sayur, maupun rempah-rempah, minuman sehat nan segar pun telah siap dinikmati.

Menjamurnya penikmat infused water membuat minuman ini diyakini punya segudang manfaat. Mulai dari membantu membuang zat sisa dalam tubuh, melancarkan sistem pencernaan, membantu mempermudah penyerapan nutrisi, memperbaiki mood, hingga mencegah dehidrasi.

Umumnya infused water sudah mengandung rasa alami dari buah, sayur, dan rempah-rempah, sehingga Anda tidak perlu memberikan perasa tambahan apa-apa lagi. Itu sebabnya, minuman ini dikenal mengandung jumlah kalori yang sangat sedikit. Jadi, aman bagi Anda yang memang sedang melaksanakan program penurunan berat badan.

Ragam cara membuat infused water

Tidak harus selalu membelinya di luar, kok. Anda masih bisa menikmati segarnya infused water sekaligus memperoleh manfaatnya dengan membuatnya sendiri di rumah. Nah, langsung saja simak berbagai cara membuat infused water yang cepat dan mudah ini:

1. Infused water dari stroberi, belimbing, dan daun mint

Sumber: Fashion Wanderer

Seperti buah-buahan pada umumnya, stroberi dan belimbing juga padat akan kandungan serat di dalamnya. Protein, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, serta folat turut melengkapi nilai nutrisi dalam buah stroberi. Sementara itu, belimbing mengandung sejumlah vitamin C, vitamin B5, protein, folat, kalium, dan magnesium.

Bahan-bahan:

  • 1 botol air matang
  • 3 buah stroberi, potong menjadi setengah bagian
  • 2 buah belimbing, potong kecil-kecil
  • 3 lembar daun mint

Cara membuat:

Campurkan semua daun dan buah yang telah dipotong-potong ke dalam satu botol air mineral, selanjutnya letakkan di dalam kulkas selama sekitar 12-24 jam. Infused water siap untuk dikonsumsi.

2. Infused water dari lemon, timun, dan daun mint

Sumber: Avogel

Banyak serat, protein, vitamin C, vitamin B6, serta kalium yang bisa Anda peroleh secara cuma-cuma dari sebotol infused water yang mengandung lemon. Sementara potongan timun akan menyumbang sejumlah protein, serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan sedikit kalori.

Bahan-bahan:

  • 1 botol air matang
  • 10 irisan mentimun
  • ½ bagian buah lemon
  • 3 lembar daun mint

Cara membuat:

Campurkan semua daun dan buah yang telah dipotong-potong ke dalam satu botol air mineral. Selanjutnya, simpan di dalam kulkas selama sekitar 12-24 jam. Infused water siap untuk dikonsumsi.

3. Infused water dari apel, kiwi, dan semangka

Sumber: Health Awareness Community

Buah apel kaya akan karbohidrat, protein, serat, vitamin C, serta kalium. Kandungan nutrisi ini tidak jauh berbeda dengan buah kiwi yang dilengkapi oleh serat, protein, besi, kalium, folat, vitamin A, dan vitamin C. Semua kombinasi ini akan semakin lengkap dengan tambahan buah semangka yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin B5, dan kalium.

Bahan-bahan:

  • 1 buah apel, potong kecil-kecil
  • ½ buah kiwi, potong-potong
  • ¼ buah semangka, potong kecil-kecil

Cara membuat:

Campurkan semua buah yang telah dipotong-potong ke dalam satu botol air mineral. Kemudian diamkan di dalam kulkas selama semalaman penuh. Infused water siap untuk menemani aktivitas Anda.

4. Infused water dari pir, jeruk nipis, dan jahe

Sumber: Very Well Fit

Pilihan infused water yang satu ini tak kalah bernutrisi. Ya, berkat sejumlah karbohidrat, protein, serat, vitamin K, vitamin B2, vitamin B6, kalium, besi, magnesium serta folat dari buah pir. Sedangkan jeruk nipis mampu menyumbang karbohidrat, serat, protein, hingga vitamin.

Namun, kurang lengkap rasanya tanpa sedikit tambahan dari jahe yang mengandung protein, serat, besi, vitamin C, vitamin B6, vitamin B2, kalium, magnesium, besi, dan folat.

Bahan-bahan:

  • 1 botol air matang
  • 1 buah pir, potong-potong
  • ¼ irisan tipis jahe
  • ½ potong jeruk nipis

Cara membuat:

Campurkan semua rempah dan buah yang telah dipotong-potong ke dalam satu botol air mineral. Terakhir, simpan di dalam kulkas selama sekitar 12-24 jam. Infused water pun bisa Anda nikmati selagi dingin.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Buah dan Sayur yang Wajib Dikurangi Selama Jalani Diet Rendah Karbohidrat

Menu diet rendah karbohidrat perlu disusun dengan tepat. Agar berhasil, kurangi asupan tujuh jenis buah dan sayur berikut dalam menu harian Anda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Nutrisi, Hidup Sehat 12 Juli 2018 . Waktu baca 5 menit

Sayur dan Buah Segar Vs Sayur dan Buah Beku, Mana yang Lebih Bergizi?

Ketika sedang kehabisan stok sayur dan buah segar, apakah boleh memilih sayur dan buah dalam kemasan yang dibekukan? Begini pertimbangannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Nutrisi, Hidup Sehat 7 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit

Ingin Awet Muda? 5 Buah dan Sayur Ini Wajib Ada di Menu Makan Anda

Tak melulu harus perawatan, agar awet muda Anda bisa kok mengandalkan dari makanan. Berikut ini beberapa jenis buah dan sayur yang bisa bikin awet muda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Tips Sehat 19 Juni 2018 . Waktu baca 4 menit

7 Khasiat Baik Jika Rutin Makan Jeruk Bali Merah (Grapefruit)

Jangan tertukar antara jeruk dan jeruk bali merah (grapefruit), keduanya tentu menyehatkan. Namun, sudah tahukah Anda apa saja manfaat grapefruit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 1 Juni 2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Manfaat detoks digital

Apa Itu Detoks Digital dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 15 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
buah untuk buka puasa

5 Jenis Buah dengan Kandungan Air Tinggi untuk Buka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 9 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
infused water saat puasa

Minum Air Putih vs Infused Water Saat Puasa, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
jus mangga

7 Inspirasi Resep Jus Mangga yang Super Segar dan Nikmat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16 Maret 2019 . Waktu baca 6 menit