Prosedur dan Cara Kerja Asuransi Kesehatan untuk Menanggung Pengobatan

Oleh

Asuransi kesehatan adalah sistem yang menjamin atau menanggung biaya pengobatan atau perawatan jika mengalami sakit atau kecelakaan. Beberapa orang mungkin sudah mendapatkan asuransi kesehatan dari tempat kerjanya, tempat kerja orangtua, mendaftar jadi anggota asuransi swasta, atau melalui program pemerintah seperti BPJS.

Beberapa lembaga kerja atau perusahaan akan memberikan tanggungan asuransi untuk untuk pasangan dan anak bagi pegawai yang sudah berkeluarga.

Saat ini, semua orang diharuskan memiliki asuransi kesehatan dari pemerintah (BPJS), untuk memberikan jaminan dan kemudahan dalam menanggung biaya pengobatan.

Selain itu, beberapa orang juga memilih menambah asuransi kesehatan swasta untuk pribadi atau keluarga. Lantas, bagaimana cara kerja asuransi kesehatan dalam menanggung biaya pengobatan? Simak di sini alur kerjanya.

Cara kerja asuransi kesehatan

cara kerja asuransi kesehatan
Sumber: Realtor News

Asuransi kesehatan menawarkan beragam jenis produk, mulai dari biaya rawat jalan hingga rawat inap di rumah sakit.

Asuransi kesehatan rawat jalan akan memberikan perlindungan pelayanan berupa biaya sebelum dan setelah proses rawat inap, observasi dokter, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya yang tidak mengharuskan pasien untuk tinggal di rumah sakit.

Selain itu, asuransi kesehatan juga memberikan perlindungan untuk biaya melahirkan, baik melahirkan normal maupun bedah caesar.

Untuk mendapatkan manfaat dari asuransi kesehatan, Anda sebagai nasabah tertanggung wajib membayar premi secara rutin pada waktu yang sudah ditentukan. Besarnya premi yang harus dibayar akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda, tingkat risiko, manfaat, dan ketentuan lainnya dari pihak pemberi asuransi alias penanggung.

Biasanya asuransi akan memberikan pilihan premi asuransi, yang nantinya bisa dipilih sendiri sesuai kebutuhan Anda.

Kemudian premi dari setiap nasabah tertanggung akan dikelola oleh pihak penanggung untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang dialami nasabah lain dan yang melakukan klaim. Jadi, sistemnya adalah perputaran uang dari nasabah untuk menutup risiko yang dialami nasabah lain. Beginilah cara kerja asuransi kesehatan pada umumnya.

Bagaimana prosesnya kalau saya mau mengklaim asuransi?

cara kerja asuransi kesehatan diagnosis dokter rumah sakit
Sumber: MedApplications

Ketika nasabah yang mengalami risiko ingin mengklaim asuransi, pihak penanggung akan membayarkan biayanya sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

Sebelum memberikan klaim, pihak pemberi asuransi akan memastikan kondisi atas klaim tersebut benar-benar musibah dan bukan kejadian yang disengaja. Dalam surat perjanjian asuransi atau polis nasabah, biasanya tertulis perjanjian bahwa kejadian yang memiliki unsur kesengajaan tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Selain itu, data polis nasabah juga akan tertera, pelayanan kesehatan apa saja yang dapat diklaim atau ditanggung oleh pihak pemberi asuransi atau perusahan asuransi.

Memiliki asuransi akan menolong Anda untuk menghadapi masa depan, terutama akan kemungkinan yang tidak direncanakan. Anda tidak akan tahu kapan sakit atau musibah datang, maka dengan memiliki asuransi bisa membuat Anda lebih aman dan nyaman untuk menghadapi berbagai kemungkinan.

Selain itu, sebelum memiliki asuransi, pahami dulu cara kerja asuransi kesehatan yang akan Anda pilih. Pahami besar biaya premi, perawatan apa saja yang bisa ditanggung, dan cara klaim asuransi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca