Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Operasi Bypass Jantung?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/03/2020
Bagikan sekarang

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, berdsarkan data Survei Sample Registration System (SRS) tahun 2014, penyakit jantung koroner (PJK) menjadi penyebab kematian tertinggi setelah stroke di Indonesia. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan operasi bypass jantung. Kira-kira, berapa biaya operasi bypass jantung?

Kapan operasi bypass jantung diperlukan?

Operasi bypass jantung adalah prosedur medis yang dilakukan ketika pembuluh arteri jantung yang memasok darah ke otot jantung mengalami kerusakan. Pembuluh arteri yang rusak akan diganti dengan pembuluh darah dari area tubuh lainnya untuk menciptakan jalan pintas.

Ketika pembuluh arteri jantung tersumbat atau rusak akibat plak yang menumpuk, darah jadi tidak mengalir dengan baik ke otot jantung. Jika tidak ditangani, otot jantung akan rusak karena tidak dapat makanan, sehingga gagal jantung atau serangan jantung bisa terjadi.

Pada kondisi tersebut dokter akan merekomendasikan operasi untuk menyelamatkan nyawa pasien dan mencegah komplikasi lain. Tindakan pertama adalah menjalani operasi pasang ring pada jantung.

Jika terlalu parah atau tindakan pasang ring jantung tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi bypass jantung.

Kisaran biaya operasi bypass jantung di rumah sakit

rawat jalan

Pernah mendengar kalimat bahwa kesehatan itu mahal? Ya, sebab biaya untuk perawatan kesehatan itu tidaklah murah, salah satunya biaya operasi bypass jantung.

Jika Anda diharuskan menjalani tindakan tersebut, Anda harus mengeluarkan uang sekitar 80 sampai 500 juta. Besarnya biaya disesuaikan dengan fasilitas, seberapa banyak pembuluh arteri yang harus diganti, tenaga medis yang dibutuhkan, serta teknologi yang digunakan.

Biaya tersebut hanya mencakup tindakan operasinya saja, belum perawatan lainnya. Pasien diharuskan juga menjalani rawat inap, baik itu sebelum operasi dan setelah operasi, setidaknya harus opname selama 5 hari.

Kenapa biaya untuk operasi jantung dan perawatan penyakit jantung sangat mahal? Untuk mengatasi penyakit ini, dibutuhkan teknologi yang canggih serta ahli medis khusus untuk proses pembedahan.

Selain itu, ada beberapa tahapan atau pemeriksaan yang harus dilakukan oleh pasien. Setidaknya pasien harus bolak-balik ke rumah sakit sekitar satu sampai dua kali dalam satu bulan.

Untungnya, biayanya dapat diringankan dengan asuransi

Mahalnya biaya operasi bypass jantung dan biaya perawatan medis lain yang harus dikeluarkan, pasti cukup memberatkan pasien. Bahkan, bisa menyebabkan tertundanya tindakan medis karena masalah kekurangan biaya.

Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir jika Anda memiliki asuransi kesehatan. Inilah sebabnya kenapa asuransi kesehatan sangat penting untuk dimiliki.

Asuransi kesehatan dapat meringankan biaya operasi dan perawatan medis lainnya sehingga pasien bisa mendapatkan penanganan secepatnya dan kualitas hidupnya juga meningkat.

Jika Anda memiliki asuransi JKN KIS dari BPJS, biaya kesehatan untuk operasi bypass jantung sekaligus perawatannya akan ditanggung oleh BPJS, seperti tercantum dalam pedoman pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yaitu Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No. 28 Tahun 2014.

Sementara jika Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, biaya medis akan diringankan sesuai dengan perjanjian antara Anda dengan pihak asuransi. Jadi, sudahkah Anda memiliki asuransi kesehatan?

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ashraf Sinclair dan Fenomena Serangan Jantung di Usia Muda

Kabar meninggalnya Ashraf Sinclair akibat serangan jantung di usia 40 tahun membuat masyarakat semakin waspada. Mengapa fenomena ini dapat terjadi?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Berita Dalam Negeri, Berita Februari 18, 2020

Apa Pentingnya Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?

Mungkin sebagian orang belum tahu menenai asuransi penyakit kritis. Terdapat perbedaan dan keuntungan yang berbeda pula dari asuransi kesehatan umumnya.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Asuransi, Hidup Sehat Februari 17, 2020

Mulai Resolusi Keuangan dengan Melakukan 5 Hal Berikut Ini

Anda dapat membuat resolusi di tahun baru ini dengan mulai mengontrol situasi keuangan. Dengan begitu, kualitas hidup termasuk kesehatan jadi lebih baik .

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Asuransi, Hidup Sehat Januari 31, 2020

Perawatan Bagi Pasien yang Menjalani Transcatheter Aortic Valve Implantation (TAVI)

Dibandingkan operasi jantung terbuka, TAVI menawarkan manfaat yang sama dengan risiko lebih kecil. Lantas, apa saja perawatan yang diperlukan pasien TAVI?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit jantung boleh puasa

Amankah Jika Penderita Penyakit Jantung Ikut Berpuasa?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal tayang Mei 18, 2020
obat sakit jantung pengobatan penyakit jantung

Pilihan Obat dan Prosedur Medis untuk Mengobati Sakit Jantung

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal tayang Mei 18, 2020
diet keto untuk jantung

Apakah Diet Keto Dapat Mengatasi dan Mencegah Penyakit Jantung?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Tanggal tayang Maret 25, 2020
bahaya merokok unruk penderita sakit jantung

Begini Bahaya Merokok untuk Penderita Penyakit Jantung

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang Maret 24, 2020