Nama Generik: Cranberry

Manfaat

Untuk apa cranberry?

Cranberry adalah buah dari golongan berry yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Buah ini berasal dari bagian utara Amerika Serikat.

Buah cranberry sering digunakan untuk mencegah infeksi saluran kencing. Sari buah cranberry juga dapat mencegah infeksi saluran kemih, tapi kurang efektif untuk mengobatinya. Cranberry juga digunakan untuk kandung kemih neurogenik (penyakit kandung kemih di mana fungsi kerja kandung kemih hilang) dan menghilangkan bau kencing bagi orang yang memiliki masalah dalam mengendalikan buang air kecil.

Beberapa orang juga menggunakan cranberry untuk meningkatkan sirkulasi buang air kecil, membunuh kuman, mempercepat penyembuhan kulit, dan mengatasi demam. Ada juga menggunakan buah cranberry untuk  diabetes tipe 2, sindrom kelelahan kronis, scurvy (kekurangan vitamin  C), radang selaput paru‐paru (pleuritis), serta kanker.

Bagaimana cara kerjanya?

Hingga saat ini, belum banyak penelitian mengenai tentang cara kerja tanaman herbal ini. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi dokter.

Akan tetapi,  beberapa  penelitian  menunjukan  bahwa buah cranberry dan  juga  banyak  buah  dan  sayur lainnya,  mengandung  asam  salisilat  yang merupakan bahan penting dalam pembuatan aspirin. Meminum sari buah cranberry secara teratur dapat meningkatkan jumlah asam salisilat dalam tubuh. Asam salisilat dalam tubuh dapat mengurangi pembengkakan, mencegah penggumpalan darah, dan sebagai efek anti tumor.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk cranberry untuk orang dewasa?

Dosis untuk penggunaan tanaman herbal ini berbeda-beda bagi setiap pasien. Dosis yang Anda konsumsi tergantung  pada umur, kesehatan, dan masih banyak lagi. Suplemen herbal tidak selalu aman. Konsultasikan kepada dokter Anda untuk dosis yang sesuai.

Dalam bentuk apa saja cranberry tersedia?

Tanaman herbal ini tersedia dengan berbagai bentuk, yaitu:

  • Buah segar
  • Sari buah
  • Kapsul

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh cranberry?

Efek samping paling umum dari mengonsumsi buah cranberry adalah:

  • Diare (bila dosisnya terlalu banyak)
  • Reaksi hipersensitivitas

Efek samping ini tidak dirasakan oleh semua orang. Selain poin di atas, masih ada efek samping lain yang dapat ditimbulkan. Jika Anda khawatir akan efek samping tertentu, silahkan hubungi Dokter.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi cranberry?

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi buah cranberry adalah:

  • Simpan produk cranberry di tempat kering dan hindari cahaya matahari langsung.
  • Cranberry efektif untuk mencegah infeksi saluran kemih, tapi bukan untuk menyembuhkannya.
  • Selama konsumsi buah cranberry, perhatikan jika Anda mengalami hal‐hal berikut seperti frekuensi buang air kecil, sulit buang air kecil, dan rasa panas saat buang air kecil.
  • Bila Anda terkena infeksi saluran kemih, gunakan pengobatan antibiotik.

Regulasi yang mengatur penggunaan tanaan herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan tanaman herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasilah dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah cranberry?

Konsumsi  cranberry  tidak  dianjurkan  bagi  orang  yang  mengidap  oliguria (kurangnya  produksi  urine),  anuria,  atau  terlalu  sensitif terhadap herbal ini. Jangan gunakan cranberry sebagai pengganti terapi antibiotik bila terjadi frekuensi buang air kecil meningkat sulit buang air kecil, dan rasa panas saat buang air kecil. Bila Anda pernah mengidap batu ginjal, hindari penggunaan ekstrak cranberry atau minum sari buah cranberry terlalu banyak.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi cranberry?

Tanaman herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan yang Anda jalankan sekarang atau dengan kondisi medis yang Anda miliki. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai konsumsi. Beberapa obat-obatan yang mungkin dapat berinteraksi dengan buah cranberry adalah:

  • Warfarin (Coumadin®) digunakan untuk memperlambat pembekuan darah, Cranberry mungkin membuat warfarin berada lebih lama dalam tubuh dan meningkatkan kemungkinan lebam dan perdarahan. Periksa darah Anda secara rutin. Dosis warfarin Anda mungkin harus diganti.
  • Obat‐obatan  yang diubah  oleh  liver (Substrat Cytochrome  P450  2C9 (CYP2C9) seperti, emitriptyline (Elavil®), diazepam (Valium®), zileuton (Zyflo®), celecoxib (Celebrex®), diclofenac (Voltaren®), fluvastatin (Lescol®), glipizide (Glucotrol®), ibuprofen (Advil ®, Motrin®), irbesartan (Avapro®), losartan (Cozaar®), phenytoin (Dilantin®), piroxicam (Feldene®), tamoxifen (Nolvadex®), tolbutamide (Tolinase®), torsemide (Demadex®), dan lainnya.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 18, 2018 | Terakhir Diedit: April 18, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan