Nama Generik: Artichoke

Manfaat

Apa manfaat artichoke?

Artichoke adalah tunas bunga thistle yang dipanen sebelum bunganya mekar. Artichoke biasanya dijadikan lauk sayuran teman makan nasi, tapi juga umum dimanfaatkan sebagai obat herbal tanpa efek samping. 

Artichoke digunakan untuk merangsang aliran empedu dari hati, dan ini dianggap mampu membantu mengurangi gejala sakit maag dan mabuk karena alkohol.

Disarankan tidak hanya untuk mengobati gangguan hati, tetapi juga dalam pencegahan aterosklerosis dan hiperlipidemia atau gangguan dispepsia.

Kegunaan lain dari artichoke adalah untuk meningkatkan nafsu makan dan melancarkan saluran pencernaan bagian atas. Tanaman ini juga memiliki sifat antioksidan dan melindungi organ hati.

Dalam beberapa penelitian disebutkan juga bahwa tanaman ini dapat membantu atasi berbagai kondisi kesehatan tertentu, seperti:

  • Kadar kolesterol tinggi
  • Gula darah tinggi
  • Irritable bowel syndrome (IBS)
  • Masalah ginjal, mencegah batu empedu
  • Anemia, menurunkan tekanan darah
  • Retensi cairan (edema)
  • Arthritis
  • Infeksi kandung kemih, meningkatkan aliran urin
  • Masalah hati
  • Gigitan ular
  • Sebagai tonik atau stimulan

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada studi yang mencukupi tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Silakan berdiskusi dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Namun, penelitian yang sudah ada menyebutkan bahwa ekstrak artichoke mengandung zat yang dapat melindungi serta menjaga kesehatan organ hati. Zat tersebut adalah cynarin yang merangsang kerja hati agar menjadi lebih efektf.

Zat ini juga memengaruhi pencernaan lemak di dalam tubuh, sehingga membuat kadar kolesterol jadi lebih terkendali. Jika kadar kolesterol terus normal, maka risiko penyakit jantung semakin berkurang.

Selain itu, tanaman artichoke juga mengandung serat yang cukup banyak, sehingga bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menghindarikan Anda dari kadar lemak yang berlebihan.

Dosis

Informasi berikut  tidak dapat digunakan sebagai pengganti saran medis. SELALU konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum menggunakan obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk artichoke?

Sebenarnya, belum ada aturan pasti mengenai penggunaan ekstrak artichoke. Akan tetapi, dalam beberapa penelitian, kebutuhan dosis artichoke adalah sebagai berikut:

Untuk sakit maag: 320-640 mg ekstrak daun artichoke yang diminum tiga kali sehari.

Untuk kolesterol tinggi: 1800-1920 mg ekstrak artichoke tertentu dibagi dalam 2 sampai 3 dosis per hari. Produk yang mengandung 60-1500 mg per hari dari bahan aktif, cynarin, juga umum digunakan.

Dosis untuk suplemen herbal ini mungkin berbeda untuk setiap pasien. Dosis yang dipakai tergantung pada usia Anda, kondisi kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman. Silakan berdiskusi dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang tepat bagi Anda.

Dalam bentuk apa saja artichoke tersedia?

Suplemen herbal ini mungkin tersedia dalam bentuk berikut:

  • Ekstrak standar
  • Tingtur (cairan)

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh artichoke?

Artichoke adalah ramuan herbal rumah tangga dan memiliki efek samping yang sangat sedikit. Jadi, penggunaannya cukup aman. Namun, mungkin ada beberapa efek yang bisa terjadi, seperti rasa lapar dan letih.

Dalam beberapa kasus, efek samping yang juga mungkin muncul ketika mengonsumsi suplemen artichoke adalah:

Risiko terbesar dari reaksi alergi biasanya menimpa mereka yang alergi terhadap tanaman seperti marigold, aster, dan rempah-rempah lain yang sejenis.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi artichoke?

Jalani pengujian kolesterol secara teratur jika artichoke digunakan untuk hiperlipidemia.

Pelajari riwayat diet untuk mengidentifikasi makanan tinggi kolesterol yang mungkin perlu dihilangkan.

Gunakan larutan atau ekstrak cairan dicampur air dalam jumlah kecil.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan suplemen herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasilah dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah artichoke?

Artichoke tidak boleh digunakan oleh orang-orang dengan penyumbatan saluran empedu, batu empedu, atau hipersensitivitas untuk artichoke. Hati-hati jika Anda juga mengonsumsi garam besi, karena artichoke dalam teh dapat mengganggu penyerapan garam besi. Gunakan secara hati-hati pada penderita penyakit hati atau ginjal.

Obat Artichoke harus dihindari pada anak-anak atau mereka yang sedang hamil atau menyusui sampai penelitian lebih lanjut tersedia.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi artichoke?

Suplemen herbal ini dapat berpengaruh dengan obat Anda saat ini atau kondisi medis tertentu. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum menggunakan.

Teh Artichoke dapat mengganggu penyerapan garam besi. Artichoke dapat menurunkan glukosa darah sehingga mempengaruhi hasil tes Anda.

Hello Health Group tidak melayani rekomendasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Februari 19, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 19, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan