home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Manfaat Hebat Ekstrak Kulit Kayu Pinus Bagi Kesehatan

6 Manfaat Hebat Ekstrak Kulit Kayu Pinus Bagi Kesehatan

Tubuh memang membutuhkan antioksidan guna melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah penyebab berbagai penyakit serta penuaan dini. Nah, tahukah Anda bahwa pine bark extract alias ekstrak kulit kayu pinus kaya akan antioksidan? Kandungan inilah yang akhirnya membuat ekstrak kayu pinus jadi salah satu herbal yang banyak diincar.

Manfaat ekstrak kulit kayu pinus bagi kesehatan

Bahan herbal ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Banyak ilmuwan yang telah meneliti manfaat pine bark extract yang diambil dari pohon pinus French Maritime. Ekstrak kulit kayu pinus ini dijadikan komposisi bahan dalam berbagai suplemen, terutama suplemen untuk masalah kulit.

Namun, ternyata pine bark extract juga memiliki efek baik terhadap berbagai fungsi tubuh yang lain. Berikut adalah sejumlah manfaat dari pine bark extract.

1. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV

Paparan sinar ultraviolet atau UV dapat menyebabkan kerusakan pada kulit berupa penuaan dini. Kulit lebih cepat keriput, kendur, serta tampak flek berwarna cokelat kehitaman. Terutama di area tubuh yang terpapar sinar UV. Pine bark extract sebagai antioksidan bisa membantu mengurangi kerusakan kulit tersebut.

Dalam sebuah penelitian di Jerman, ekstrak kulit kayu pinus ini membantu menambah kadar air pada kulit serta meningkatkan kekenyalan kulit. Suplemen ini bekerja dengan meningkatkan enzim yang berperan dalam pembentukan asam hialuronat yang bersifat mengikat air pada kulit. Pada kulit yang kering, efek suplemen ini pun menjadi lebih terlihat.

Pada kulit dengan flek (melasma), pine bark extract membantu mengurangi masalah hiperpigmentasi sehingga flek terlihat lebih memudar. Pada suatu penelitian yang dilakukan pada penduduk Tiongkok, flek memudar setelah mengonsumsi suplemen ini selama sebulan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pine bark extract memiliki efek imunomodulator (meningkatkan sistem kekebalan tubuh) dengan meningkatkan pembentukan sel-sel imun. Manfaat pine bark extract pertama kali dirasakan oleh sekelompok orang yang sedang mengalami penyakit akibat kurangnya kadar vitamin C dalam tubuh.

Kandungan di dalam ekstrak herbal ini dianggap berhubungan erat dengan fungsi vitamin C dan kekebalan tubuh.

3. Antiradang

Suplemen ini bekerja sebagai antiradang dengan mengurangi pelepasan zat-zat yang berperan dalam proses peradangan seperti sitokin, histamin, dan lain-lain. Tentunya pine bark extract ini tidak berperan sebagai pengganti obat, melainkan sebagai pelengkap saja.

4. Mengurangi gejala pramenopause

Pada penelitian tahun 2013, gejala pramenopause terutama masalah tidur seperti insomnia dapat berkurang secara signifikan pada pasien yang mengonsumsi pine bark extract selama sebulan.

5. Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes

Pada penderita diabetes tipe 2, konsumsi suplemen pine bark extract membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh serta memperbaiki fungsi sel pada pembuluh darah. Sekali lagi, suplemen ini tetap tidak bisa menggantikan obat-obatan atau perawatan diabetes dari dokter, tetapi hanya melengkapi saja.

6. Memperbaiki disfungsi ereksi

Kombinasi pine bark extract dengan L-arginine membantu memperbaiki disfungsi ereksi alias impotensi. Penelitian yang dilakukan tahun 2015 ini menyatakan efek kombinasi keduanya dapat memperbaiki fungsi seksual setelah dikonsumsi selama empat bulan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The American Society for Pharmacology and Experimental Therapeutics. Pine Bark Extract: Nutraceutial, Pharmacological, and Toxicological Evaluation. J Pharmacol Exp Ther 353:9–16, April 2015.

 

Leibniz Research Institute for Environmental Medicine. French Maritime Pine Bark Extract (Pycnogenol®) Effects on Human Skin: Clinical and Molecular Evidence. Skin Pharmacol Physiol 2016;29:13–17, October 2015.

 

Kobori Y, Suzuki K, Iwahata T, Shin T, Sadaoka Y, Sato R. Improvement of seminal quality and sexual function of men with oligoasthenoteratozoospermia syndrome following supplementation with L-arginine and Pycnogenol®. Archivio Italiano di Urologia e Andrologia 2015; 87, 3, June 2015.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Deiby Sihombing
Ditulis oleh dr. Deiby Sihombing
Tanggal diperbarui 14/07/2018
x