home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Tips Atasi Bau Mulut Saat Pakai Masker

5 Tips Atasi Bau Mulut Saat Pakai Masker

Masyarakat perlu terbiasa menerapkan protokol kesehatan di masa new normal. Salah satunya dengan menggunakan masker ketika ke luar rumah. Saat pakai masker tentu kita menghirup aroma napas sendiri. Lama-kelamaan, pemakaian masker bisa saja menimbulkan aroma mulut tidak sedap. Nah, agar tetap nyaman saat menjalani protokol kesehatan ini, yuk cari tahu beberapa cara untuk mengatasi bau mulut tak sedap saat pakai masker.

Mengatasi bau mulut saat pakai masker

Penggunaan masker di masa new normal merupakan langkah sederhana untuk melindungi diri dari kuman, bakteri, ataupun virus penyakit. Meskipun memiliki fungsi penting, kerap penggunaan masker dalam waktu yang lama menimbulkan rasa tidak nyaman.

Disebutkan dalam Journal of Occupational and Environmental Hygiene, penggunaan masker dalam waktu 8 jam bisa meningkatkan ketidaknyamanan. Meskipun tidak disebutkan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan, ketidaknyamanan ini bisa berdampak pada produktivitas para pekerja.

Ketika Anda perlu menggunakan masker sepanjang hari, bisa jadi timbul aroma mulut yang kurang sedap dan berpengaruh pada konsentrasi Anda saat beraktivitas.

mengatasi bau mulut saat pakai masker

Bau mulut atau halitosis memang dapat menjadi gejala penyakit seperti GERD, diabetes, sinus, gigi berlubang, dan lainnya. Namun, dalam kondisi normal, bau mulut tak sedap merupakan masalah umum yang bisa terjadi pada siapa saja saat mamakai masker.

Ada beberapa penyebab umum bau mulut tak sedap.

  • dehidrasi dan mulut kering
  • tidak menjaga kebersihan mulut
  • merokok
  • konsumsi makanan atau minuman pemicu bau mulut, seperti kopi, bawang putih, dan bawang bombay

Bila Anda mengalami bau mulut saat mengenakan masker, bisa jadi beberapa hal di atas adalah penyebabnya. Tak perlu cemas, Anda bisa mengatasi masalah kondisi ini.

Ini saatnya Anda mengetahui cara mengatasi bau mulut tidak sedap, agar bisa tetap nyaman saat pakai masker.

1. Sikat gigi dan flossing

Obat gusi berdarah

Menjaga kebersihan mulut menjadi upaya yang baik dalam mengatasi bau mulut tidak sedap saat pakai masker. Sikat gigi dengan tepat dua kali sehari, pagi dan malam dapat meminimalkan aroma mulut tidak sedap.

Gunakan pasta gigi berfluoride agar gigi dapat bersih optimal, serta mengusir bakteri pemicu bau mulut. Jangan hanya gigi saja, Anda perlu menyikat lidah untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada area tersebut.

Setelahnya, jangan lupa untuk flossing atau membersihkan gigi dengan benang. Flossing penting dilakukan untuk menjangkau area di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

2. Berkumur dengan mouthwash/obat kumur

obat kumur untuk anak

Berkumur adalah kunci lainnya untuk menjaga napas tetap segar dan mengatasi bau mulut saat pakai masker. Pilih obat kumur dengan kandungan antiseptik, supaya kesehatan gigi dan mulut mendapatkan perlindungan optimal.

Pilih mouthwash atau obat kumur yang mengandung 4 essential oil yang bantu kurangi 99.9% kuman penyebab masalah mulut. Sifat antimikroba dalam mouthwash/obat kumur dapat membilas bakteri penyebab aroma mulut. Selain itu, mouthwash/obat kumur juga membantu mencegah penumpukan plak gigi.

Untuk memastikan penggunaan obat kumur sesudah atau sebelum sikat gigi, cobalah membaca label produk obat kumur yang Anda beli.

3. Minum banyak air

tips banyak minum air putih

Air ludah atau saliva dapat mencegah mulut kering. Namun, dalam kondisi dehidrasi atau kurang cairan tubuh, bisa berakibat pada mulut kering. Ketika mulut kering, bakteri bisa berkembang dan menimbulkan bau mulut.

Untuk mengatasi bau mulut tidak sedap saat pakai masker, ada baiknya untuk banyak minum air mineral. Cukupi kebutuhan cairan harian, setidaknya dua liter atau delapan gelas setiap hari. Cara ini dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengatasi bau mulut akibat perkembangan bekteri.

4. Menghindari makanan atau minuman penyebab bau mulut

mengatasi bau mulut saat pakai masker

Agar tetap produktif setiap saat tanpa terganggu aroma mulut tidak sedap, sebisa mungkin hindari makanan atau minuman pemicunya, seperti kopi, bawang, putih, bawang bombay, maupun makanan yang tinggi gula atau protein.

Di samping itu, menurut The Journal of The American Dental Association, mengatakan makanan atau minuman pemicu bau mulut tidak sedap tersebut diserap ke dalam aliran darah dan masuk ke dalam paru-paru. Ini menyebabkan aroma tidak sedap saat Anda menghembuskan napas.

Oleh karenanya, hindari makanan pemicu aroma napas tidak sedap, serta tetap jalankan rutinitas menjaga kesehatan dan kebersihan mulut.

5. Tidak merokok

obat berhenti merokok maag

Tidak hanya merugikan kesehatan paru-paru, merokok juga bisa membuat aroma napas tak sedap dan penyakit pada gusi. Kebiasaan merokok membuat mulut jadi mudah kering, rentan terkena infeksi gigi, dan timbul bau mulut. Saat mengenakan masker, tentu tak nyaman rasanya ketika Anda menghirup aroma rokok dari napas sendiri.

Untuk mengatasi bau mulut tidak sedap saat pakai masker, ada baiknya Anda tidak merokok. Anda juga bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk menstimulasi produksi saliva untuk mencegah bau mulut akibat perkembangan bakteri.

Lakukan lima langkah di atas supaya kesegaran napas terjaga setiap saat. Jika Anda menggunakan masker dalam waktu yang lama, jangan lupa mengganti masker bila sudah dipenuhi keringat agar tak menjadi sarang kuman atau bakteri. Kini, protokol new normal dapat dijalankan dengan nyaman dan produktivitas jadi lebih baik.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bad Breath. (2020). Retrieved 8 June 2020, from https://www.ada.org/~/media/ADA/Publications/Files/for_the_dental_patient_sept_2012.ashx

Bad breath – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2020). Retrieved 8 June 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/diagnosis-treatment/drc-20350925

What Is Halitosis? – American Dental Association . (2020). Retrieved 8 June 2020, from https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/h/halitosis

Bad Breath Causes – American Dental Association . (2020). Retrieved 8 June 2020, from https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/b/bad-breath

Bad breath – Symptoms and causes. (2020). Retrieved 8 June 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/symptoms-causes/syc-20350922#:~:text=Infections%20or%20chronic%20inflammation%20in,result%20of%20chemicals%20they%20produce

Mouthwash (Mouthrinse) . (2020). Retrieved 8 June 2020, from https://www.ada.org/en/member-center/oral-health-topics/mouthrinse

Bad breath. (2012). The Journal Of The American Dental Association143(9), 1053. doi: 10.14219/jada.archive.2012.0337

Shenal, B., Radonovich, L., Cheng, J., Hodgson, M., & Bender, B. (2012). Discomfort and Exertion Associated with Prolonged Wear of Respiratory Protection in a Health Care Setting. Journal Of Occupational And Environmental Hygiene9(1), 59-64. doi: 10.1080/15459624.2012.635133

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x