Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Keluarga serta Manfaatnya

DISPONSORI OLEH:

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Keluarga serta Manfaatnya

Memiliki gigi, gusi, dan keseluruhan mulut yang sehat akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih nikmat dan nyaman.

Sayangnya, banyak orang yang belum sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama dalam lingkup keluarga.

Nah, kira-kira seberapa penting kita harus menjaga kesehatan gigi dan mulut keluarga? Cari tahu penjelasannya lebih lanjut di bawah ini!

Mengapa kesehatan mulut berhubungan erat dengan kualitas hidup seseorang?

Menurut data FDI World Dental Federation dalam Oral Health Atlas edisi 2 tahun 2015, 3,9 miliar orang di seluruh dunia terjangkit penyakit di area mulut.

Nah, sementara kasus kerusakan gigi yang tidak diobati (karies gigi) menyentuh hampir setengah dari populasi dunia (44%).

Dampak dari kerusakan gigi pun sangat besar, baik bagi orang dewasa dan anak-anak. Orang dewasa yang memiliki gangguan gusi dan mulut dapat mengalami penurunan kinerja.

Bahkan bisa membuat tidak percaya diri sampai terkena penyakit kronis. Sementara itu, pada anak-anak dapat menyebabkan gangguan tidur dan keterlambatan pertumbuhan.

Manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut

Jangan diabaikan, berikut berbagai manfaat dari pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut keluarga.

Mengurangi berbagai risiko penyakit

Saat mengalami penyakit gusi, bakteri dari mulut bisa masuk ke aliran darah dan menghasilkan protein yang menyebabkan darah mengental.

Kondisi tersebut berisiko menyebabkan jantung tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkannya, sehingga mengakibatkan peningkatan risiko serangan jantung.

Penyakit gusi juga dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah, karena menghalangi suplai darah ke otak dan berpotensi menyebabkan potensi stroke.

Kesempatan memiliki bayi yang sehat

Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat pada tahun 2012, penyakit di area mulut yang ibu hamil sering alami dan berpotensi mempengaruhi kehamilan adalah karies gigi, gingivitis, dan periodontitis.

Penelitian lain yang dilakukan di Iran pada tahun 2013 pun menyebutkan bahwa ibu dengan penyakit periodontal relatif melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

Meningkatkan kualitas hidup

Kesehatan mulut merupakan indikator kunci dari kesehatan secara keseluruhan, meliputi kesejahteraan serta kualitas hidup yang telah diakui oleh WHO.

Penyakit mulut dapat memengaruhi efektivitas individu di sekolah dan lingkungan kerja, serta dapat menyebabkan masalah sosial dan pribadi.

Dampak psikososial dari banyak penyakit mulut secara signifikan dapat mengurangi kualitas hidup.

Tips sederhana untuk perlindungan seluruh gigi & mulut

Pastikan perlindungan gigi dan mulut yang baik di dalam keluarga Anda, melalui beberapa langkah kecil yang mudah, seperti:

  1. Menyikat gigi dengan benar menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan gosok gigi secara perlahan.
  2. Mengurangi konsumsi makanan manis yang dapat menimbulkan plak gigi penyebab gigi berlubang, infeksi gusi, dan masalah mulut atau gigi lainnya.
  3. Memilih pasta gigi dengan kandungan lengkap yang bisa melindungi gigi dan mulut sekaligus, seperti Pepsodent Complete 8.

pepsodent complete 8

Pepsodent Complete 8 merupakan pasta gigi yang memberi perlindungan seluruh gigi & mulut pada gigi, lidah, pipi dan gusi, serta telah teruji mengurangi 99% bakteri berdasarkan studi in-vitro.

Pepsodent Complete 8 mengandung 8 manfaat yang terbukti secara ilmiah :

  • Mencegah gigi berlubang.
  • Menjaga kesehatan gusi.
  • Melindungi dari plak hingga 18 jam*
  • Melindungi email gigi.
  • Merawat gigi sensitif.
  • Mengurangi pertumbuhan karang gigi.
  • Membuat gigi lebih putih.
  • Membuat nafas segar.

*berdasarkan studi in-vivo dengan pemakaian teratur selama 1 minggu

Jadi, kini tak perlu bingung lagi bagaimana cara melindungi gigi dan mulut keluarga tercinta. Pastikan juga untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi untuk mencegah masalah gigi dan mulut lebih lanjut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Oral health | WHO. (2020). Retrieved 23 February 2022, from

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/oral-health 

Dental Plaque | Cleveland Clinic. (2020). Retrieved 23 February 2022 , from

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10953-plaque 

My teeth |Oral Health Foundation. (2020). Retrieved 23 February 2022 , from

https://www.dentalhealth.org/my-teeth 

The importance of a healthy smile |Oral Health Foundation. (2020). Retrieved 23 February 2022 , from

https://www.dentalhealth.org/healthysmile 

Accelerating action on oral health and NCDs | FDI World Dental Federation. (2017), from

https://www.fdiworlddental.org/sites/default/files/2020-11/ncda_fdi-policy_brief_oral_health_ncds.pdf

Sischo, H.L. Broder. (2011).Oral Health-related Quality of Life. Journal of Dental Research, 90(11). doi: 10.1177/0022034511399918

Sindhu K. Srinivas, M.D., MSCE, Samuel Parry, M.D. (2012). Periodontal Disease and Pregnancy Outcomes: Time to Move On?. Journal of Women’s Health, 21(2). doi: 10.1089/jwh.2011.3023

Ahmad Haerian-Ardakani, D.D.S., Ph.D., Zia Eslami, M.D., Fahimeh Rashidi-Meibodi, D.D.S., M.Sc.,  Alireza Haerian, D.D.S., Pantea Dallalnejad, D.D.S., Marjan Shekari, D.D.S., Amir Moein Taghavi, D.D.S., M.Sc., Solmaz Akbari, D.D.S., M.Sc. (2013). Relationship between maternal periodontal disease and low birth weight babies. Iranian Journal of Reproductive Medicine, 11(8).

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adelia Dwitasari Diperbarui Mar 07
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto