5 Penyebab Mulut Kering, dari yang Ringan Hingga Berbahaya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Saliva atau ludah adalah cairan yang diproduksi kelenjar ludah atau kelenjar air liur yang berperan dalam melembabkan dan membersihkan mulut, mencerna makanan, serta mencegah kerusakan gigi. Cara kerja air liur adalah dengan menetralisir asam yang dihasilkan oleh bakteri, membatasi pertumbuhan bakteri, dan membersihkan partikel makanan di dalam mulut. Air liur  juga berperan dalam mencegah mulut agar tidak kering; karena dalam keadaan kering, kemampuan mulut dalam melawan bakteri dan menelan makanan menjadi berkurang. Bahkan, mulut kering juga dapat mengganggu selera makan Anda.

Meskipun mulut kering adalah kondisi yang normal, namun, mulut yang terus menerus kering bisa menjadi pertanda adanya masalah di dalam mulut Anda.

Jika mulut Anda kering, maka biasanya, Anda akan mengalami bibir pecah-pecah, bau mulut, lidah kering atau beralur, sulit bicara, sulit makan dan menelan, tenggorokan kering atau sakit tenggorokan, suara serak, dan terdapat gangguan pada indera pengecap.

Penyebab mulut kering

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab mulut kering:

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh tidak mendapatkan cukup cairan sesuai yang dibutuhkan; sehingga, bisa membuat mulut menjadi kering. Beberapa kondisi yang dapat membuat Anda dehidrasi adalah gugup atau cemas, berkeringat berlebihan, muntah, diare, kehilangan darah, atau luka bakar. Untuk mencegah dehidrasi, Anda perlu perbanyak konsumsi sayur, buah-buah, dan air minum.

2. Faktor gaya hidup

Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol ternyata dapat mempengaruhi berapa banyak air liur yang diproduksi. Studi telah menemukan bahwa merokok jangka panjang secara signifikan mengurangi aliran air ludah dan meningkatkan kelainan mulut dan gigi yang terkait dengan mulut kering, terutama karies, radang gusi, mobilitas gigi, kalkulus, dan halitosis (bau mulut parah).

3. Kerusakan saraf

Mulut kering juga bisa disebabkan oleh adanya kerusakan saraf pada daerah kepala dan leher akibat luka atau pembedahan; serta kerusahakan kelenjar air liur yang dapat mempengaruhi jumlah produksi air liur dalam mulut.

4. Penggunaan obat tertentu

Konsumsi obat antidepresan, antihistamin, dan diuretik ternyata bisa membuat mulut Anda menjadi kering. Hal ini juga menjadi penyebab terjadinya mulut kering pada orang dewasa, selain faktor perubahan kemampuan tubuh untuk mengolah obat, nutrisi yang tidak memadai, dan masalah kesehatan jangka panjang.

5. Penyakit tertentu

Kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, stroke, infeksi jamur di mulut (sariawan), penyakit Alzheimer, atau penyakit autoimun juga bisa berkontribusi dalam menyebabkan mulut menjadi kering.

Kapan mulut kering harus diperiksakan ke dokter?

Hal sederhana yang dapat Anda lakukan ketika mulut kering adalah dengan perbanyak minum air putih, mengunyah permen karet bebas gula, membatasi konsumsi kafein, berhenti merokok, atau menggunakan obat kumur yang mengandung xylitol untuk menstimulasi kelenjar air liur untuk memproduksi air liur. Namun, apabila hal tersebut tidak berhasil mengatasi mulut kering, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Tips Mengendalikan Mood Swing Saat PMS

Sebentar marah, sebentar bahagia. Wanita mana yang tidak familiar dengan gejala PMS yang satu ini. Simak cara mengatasi mood swing saat menstruasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Hidup Sehat, Tips Sehat 30 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Leukoplakia

Leukoplakia adalah munculnya bercak atau luka putih di dalam mulut akibat iritasi. Cari tahu gejala, penyebab, serta pengobatan leukoplakia di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 30 November 2020 . Waktu baca 11 menit

Ciri-ciri Infeksi Jamur di Mulut Anda

Infeksi jamur di mulut biasa disebut juga oral thrush atau kandidiasis. Simak penyebab, tanda dan gejala, serta cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 30 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Sariawan

Sariawan adalah luka yang muncul di jaringan mulut akibat cedera atau penyakit. Cari tahu lebih lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 30 November 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

krim perontok bulu

Menggunakan Krim untuk Menghilangkan Bulu, Amankah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
tekanan darah normal berdasarkan usiaasarkan usia

Apa Perbedaan Tekanan Darah di Pagi, Siang, dan Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
fakta sarapan bubur ayam

5 Fakta Menarik Seputar Sarapan Bubur Ayam

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
kloning manusia

Kloning Manusia, Benarkah Bisa Dilakukan? Simak 5 Fakta Unik Seputar Kloning

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 6 menit