Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Merek Gula Rendah Kalori untuk Penderita Diabetes Selama Bulan Ramadan

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

7 Merek Gula Rendah Kalori untuk Penderita Diabetes Selama Bulan Ramadan

Gula sudah menjadi salah satu bahan yang paling berpengaruh dalam diet, dan telah dikaitkan dengan berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Namun, ketika bulan puasa tiba, minuman manis menjadi pelega dahaga yang menyegarkan. Untungnya, Anda dapat menggunakan gula rendah kalori sebagai alternatif yang lebih sehat.

Pemilihan gula yang rendah kalori

keunggulan pemanis stevia dibandingkan gula

Bila Anda menderita diabetes, Anda dapat menggunakan pengganti gula. Melansir dari Mayo Clinic, berikut pengganti gula yang bisa Anda gunakan:

  • stevia,
  • sukralosa,
  • sakarin,
  • aspartam,
  • kalium asesulfam, dan
  • neotame.

Bahan pengganti gula ini memiliki rasa yang manis, tapi tidak mengandung gula. Enam bahan tersebut memiliki kalori lebih sedikit daripada gula.

Bahkan beberapa di antaranya tidak memiliki kalori sama sekali tetapi pengganti gula ini memiliki rasa yang lebih manis.

Maka dari itu, Anda dapat menggunakannya dalam jumlah yang lebih kecil untuk mencapai tingkat kemanisan yang sama dengan gula biasa.

Mengutip dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, orang dapat menggunakan pengganti gula ini untuk mengontrol glukosa darah mereka.

7 Merek gula yang rendah kalori

Dalam artikel ini, kami telah memilih tujuh pemanis rendah kalori terbaik untuk Anda yang menjalankan diet atau penderita diabetes.

1. Tropicana Slim Sweetener Classic

Anda mungkin sudah tidak asing dengan merek yang satu ini, Tropicana Slim Sweetener Classic adalah gula rendah kalori yang terbuat dari sukralosa dan asesulfam.

Merek gula yang satu ini dapat Anda konsumsi selama bulan ramadan karena bermanfaat untuk:

Selain itu, gula rendah kalori ini memiliki harga yang terjangkau dan mudah ditemukan di pertokoan atau swalayan terdekat.

Nomor registrasi BPOM: MD867010075026

2. Diabetasol Sweetener No Calories

Diabetasol adalah salah satu merek gula yang tidak memiliki kalori. Gula tanpa kalori ini mengandung sukralosa dan asesulfam, serta pemanis alami sorbitol.

Tiga kandungan tersebut membuat rasa gula ini manis dan enak. Diabetasol Sweetner No Calories bisa menjadi solusi yang tepat untuk membantu menjaga gula darah.

Nomor registrasi BPOM: MD652210271281

3. Thermolyte Sweetener

Mencari gula yang dapat membantu diet? Anda bisa menggunakan Thermolyte Sweetener.

Pengganti gula ini mengandung sukralosa yang 600 kali lebih manis dari gula biasa tetapi kandungan kalorinya lebih sedikit.

Oleh karena itu, pemanis ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan dan penderita diabetes.

Nomor registrasi BPOM: MD861309004

4. Equal Gold

Sering menggunakan gula, tetapi lagi diet? Equal Gold gula rendah kalori yang tepat untuk diet Anda. Merek ini menggunakan sukralosa dan eritritol sebagai bahan utamanya.

Eritritol adalah gula alkohol yang berasal dari fermentasi tepung jagung atau gandum dan tidak berdampak pada gula darah.

Manis eritritol diklaim sekitar 60-80 persen dari gula biasa. Di bulan puasa, Anda bisa mengonsumsi gula ini untuk berbuka atau dicampurkan ke dalam menu tajil kesukaan.

Nomor registrasi BPOM: ML352209351015

5. Drip Sweet Stevia Cair

Drip Sweet adalah pemanis alami yang tersedia dalam bentuk cair. Gula rendah kalori ini menggunakan daun stevia sebagai bahan utamanya.

Daun stevia terkenal sebagai pemanis dengan 200 kali lebih manis dari gula dan menjadi salah satu pemanis alami terbaik untuk penderita diabetes.

Selain rendah kalori, stevia dapat mempertahankan rasanya saat dipanaskan, menjadikannya pemanis yang ideal untuk memanggang atau minuman panas.

Drip Sweet Stevia Cair tidak hanya bisa Anda konsumsi untuk minuman, tetapi juga dicampur ke makanan.

Nomor registrasi BPOM: MD878011003370

6. Wholesome Sweeteners Organic Stevia

Pemanis bebas kalori ini terbuat dari stevia yang diklaim tidak memiliki dampak terhadap kenaikan indeks glikemik.

Maka dari itu, Wholeshome Sweeteners Organic Stevia bisa menjadi pilihan ideal bagi Anda yang mencoba mengatur asupan kalori dan kadar gula darah.

Wholesome Organic Stevia adalah pengganti gula alami yang cocok untuk teh panas, es kopi, sereal, smoothie, roti panggang, dan buah.

Nomor registrasi BPOM: ML252209416625

7. Stefia Truly Sweetener

Diekstrak dari daun Stevia Rebaudiana, Stefia Truly Sweetener adalah pengganti gula alami untuk menambah rasa manis pada kopi dan teh.

Selain digunakan sebagai pemanis, stevia mengandung antioksidan yang kuat, seperti:

  • asam fenolik,
  • flavonoid,
  • glikosida diterpen (stevioside dan rebaudioside-A),
  • tanin terkondensasi, dan
  • antosianin.

Antioksidan berperan dalam mencegah kerusakan tubuh yang berasal dari radikal bebas, hasil pengolahan makanan menjadi energi.

Namun, tidak hanya dari makanan, Anda juga bisa terpapar radikal bebas dari udara yang buruk.

Nomor registrasi BPOM: MD878028002677

Gula rendah kalori dapat memungkinkan mereka yang memiliki diabetes untuk menikmati makanan manis tanpa mempengaruhi kadar gula darah Anda.

Meski pengganti gula ini aman, Anda tetap perlu hati-hati dalam mengonsumsinya atau tidak berlebihan.


Anda atau keluarga hidup dengan diabetes?

Anda tidak sendiri. Ayo gabung bersama komunitas pasien diabetes dan temukan berbagai cerita bermanfaat dari pasien lainnya. Daftar sekarang!


health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Artificial sweeteners: Any effect on blood sugar? (2021). Mayo Clinic. Retrieved 25 March, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/expert-answers/artificial-sweeteners/faq-20058038

Low-calorie sweeteners. (2021). The Nutrition Source. Retrieved 25 March, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/healthy-drinks/artificial-sweeteners/

Additional information about high-intensity sweeteners. (2018). U.S. Food and Drug Administration. Retrieved 25 March, from https://www.fda.gov/food/food-additives-petitions/additional-information-about-high-intensity-sweeteners-permitted-use-food-united-states

4 sugar alternatives for your diabetes diet. (2019). St. Luke’s Health | Internationally Renowned Health Care In Houston. Retrieved 25 March, from https://www.stlukeshealth.org/resources/diabetics-guide-natural-sweeteners

What is Erythritol? (2019). Food Insight. Retrieved 25 March, from https://foodinsight.org/what-is-erythritol/

Ameer, K., Jiang, G., Amir, R. M., & Eun, J. (2020). Antioxidant potential of Stevia rebaudiana (Bertoni). Pathology, 345-356. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-815972-9.00033-0

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Angelin Putri Syah Diperbarui Apr 05
Ditinjau secara medis oleh dr. Fenti Erlianti