🔥 Diskusi Menarik

Seputar anak perempuan usia 4th

Dok saya mau tanya, anak saya perempuan usianya hampir 4th, mengeluh sakit kalo pipis dok, dan ahirnya pipisnya ga mau d keluarkan, itu bahaya atau tidak dok?

0
80k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat, terimakasih atas pertanyaannya.


Nyeri di area saluran kemih atau vagina pada anak perlu diperiksakan langsung karena saluran kemih dan vagina itu beda lubang tapi sangat berdekatan, jadi kalau sakit di salah satu lubang maka bisa dirasakan tidak nyaman di lubang lainnya.


Anak usia 4 tahun sedang di fase anal, jadi beberaoa sering memainkan alat kelamin karena memang baru mengenalnya atau anak di usia ini juga sedang banyan eksplor lingkungan sehingga sering kurang menjaga kebersihan. Perlu dievaluasi banyak hal kenapa nyeri.


sebab lainnya karena sedang belajar toilet training atau pernah dimarahi saat belajat toilet training sehingga anak trauma dan jadi menahan pipisnya karena takut dimarahi kalau ngompol.



Tidak dianjurkan untuk menahan buang air kecil karena bisa memperbesar resiko infeksi saluran kemih atau ISK dan ISK banyak juga terjadi pada anak.


Anatomi antara saluran kemih dan vagina wanita itu berbeda, hanya saja letak keduanya berdekatan sehingga apabila ada nyeri di salah satu saluran maka saluran lain mungkin bisa ikut tidak nyaman.


Nyeri saat berkemih yang sering bisa jadi merupakan gejala dari ISK. ISK atau infeksi saluran kemih adalah penyakit infeksi pada saluran kemih, penyebabnya tersering yaitu bakteri.


ISK dapat dicetuskan oleh berbagai kondisi misalnya kurang menjaga higiene atau kebersihan saluran kemih, penggunaan celana yang terlalu ketat dan sebagainya.


Gejala dan tanda ISK bervariasi pada setiap orang, pada bayi atau anak tidak selalu bergejala, pada orang dewasa gejalanya berupa demam, nyeri saat berkemih, sering berkemih, lemas dan sebagainya.


beberapa tips:

- hindari menahan kencing

- minum air putih lebih banyak

- hindari minuman bersoda, berwarna

- periksakan ke dokter spesialis anak jika ada keluhan.


Pemilihan jenis obat dan dosis idealnya dilakukan dahulu pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui tanda infeksinya dan menyesuaikan kondisi pasiennya apakah ada penyakit lain dan sebagainya.


Keluhan yang anda tanyakan perlu diperiksakan langsung ke dokter spesialis anak karena mengingat banyak hal yang perlu dievaluasi dan ditanyakan langsung sehingga sebaiknya periksakan langsung ke fasilitas kesehatan terdekat



Semoga membantu, terima kasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan informasi yang Anda berikan, keluhan anak perempuan Anda yang hampir berusia 4 tahun mengenai sakit saat buang air kecil dan kesulitan untuk buang air kecil bisa menjadi tanda adanya infeksi saluran kemih (ISK) atau masalah lain pada saluran kemih. Gejala ini sebaiknya tidak diabaikan dan segera periksakan anak Anda ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat. ISK pada anak perempuan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya kebersihan, retensi urine, atau infeksi bakteri. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga tes urin untuk menegakkan diagnosis. Pengobatan yang tepat akan diberikan berdasarkan hasil evaluasi dokter. Jika anak Anda mengalami kesulitan untuk buang air kecil dan keluhan sakit saat buang air kecil, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Jangan biarkan kondisi ini berlanjut tanpa penanganan medis yang sesuai. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain terkait kondisi anak Anda?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan