🔥 Diskusi Menarik

Hidung kering mengelupas

Hallo dok saya mau tanya kan awalnya hidung saya tuu kering kek ngelupas gituu di dekat lubang hidung nahh saya cabut kulit yg ngelupas tadi jadilahh seperti merahh perih keluar cairan putih bening tapi selang beberapa jam merah sama perih tuu hilang dok tapi cairannya masih keluar tapi sedikit ituu kenapaa yaaa dok?

Bahaya kahh dokk?teruss haruss di apakan dok agar cepat sembuh

0
81k
2 komen

2 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Gejala yang Anda alami, seperti hidung kering yang ngelupas dan menghasilkan cairan putih bening setelah Anda mencabut kulit yang mengelupas, kemungkinan adalah tanda dari kondisi yang disebut dermatitis. Dermatitis adalah peradangan pada kulit yang bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti iritasi, alergi, atau infeksi.

Cairan putih bening yang keluar setelah Anda mencabut kulit kemungkinan adalah tanda bahwa area tersebut mengalami reaksi peradangan. Peradangan tersebut kemungkinan menyebabkan produksi cairan atau lendir yang berfungsi sebagai respons alami tubuh untuk melindungi dan menyembuhkan kulit yang teriritasi.


Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan:

  1. Hindari Mencabut Kulit: Cobalah untuk menghindari mencabut kulit yang mengelupas, karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut dan memperburuk kondisi kulit.
  2. Hindari Iritan: Hindari penggunaan produk atau zat yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, seperti produk pembersih yang mengandung alkohol, atau paparan terhadap alergen yang diketahui.
  3. Lakukan Kompres Dingin: Kompres dingin dengan kain bersih atau bantal es dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa perih pada area yang teriritasi.
  4. Gunakan Pelembap: Gunakan pelembap yang ringan dan bebas pewangi untuk menjaga kelembapan kulit di sekitar hidung.
  5. Minum Air yang Cukup: Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik dengan minum cukup air setiap hari.
  6. Konsultasi dengan Dokter: Jika gejala terus berlanjut atau memburuk, segera konsultasikan dengan dokter kulit terdekat untuk evaluasi lebih lanjut dan rekomendasi perawatan yang sesuai.


Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Tidak cukup data untuk menjawab. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan