Bintik merah

Dok,sya mau tanya knpa ya anak saya bagian paha dan tangan muncul bintik merah,seperti digigit nyamuk tp bnyk ,tidak demam.Trimaksh dok.

0
81k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat, terimakasih atas pertanyaannya.


Untuk menjawab ini, perlu dilihat langsung terlebih dahulu secara langsung karena pemberian obat untuk bayi atau anak pun perlu berhati-hati apalagi untuk keluhan kulit


Bintik merah ini perlu diperiksakan dan dilihat dahulu tipe kelainan kulitnya karena sangat luas penyebabnya. tersering ialah miliaria atau biang keringat, tetapi bisa juga sebab lainnya.


berikut penjelasan terkait:


Kulit adalah barrier atau sistem pertahanan terluar utama yang melindungi seluruh tubuh. Pada bayi, kulit masih sangat sensitif karena masih adaptasi dan penyempurnaan fungsinya, berbeda dengan orang dewasa sehingga rentan mengalami iritasi yang ditandai dengan ruam atau bintik merah hingga beruntusan


Pada bayi dan anak, kulitnya sensitif sehingga mudah teriritasi, tersering miliaria, dermatitis atopi atau karena alergi dan lain sebagainya. hal ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung bayinya karena banyak yang harus dievaluasi.



Bagaimana cara mengatasi bintik merah pada kulit bayi dan anak?

- sebaiknya tidak sembarang orang mencium bayi karena kulit bayi itu sensitif


- gunakan produk perawatan kulit bayi yang aman, tidak berbau (parfum), hipoalergenik, khusus bayi, hindari yang kandungannya mengiritasi


- ruam pada area popok sebaiknya sering menggantu popok (setiap 4-6 jam sekali, tidak menunggu terlalu lama karean bisa iritasi lebih parah)


- rutin mandikan bayi dan lap dengan handuk lembut, oleskan pelembab bayi sebelum kulit benar-benar kering


- apabila ada riwayat atopi atau alergi, hindari makanan yang dapat mencetuskan alergi, jika bayi masih ASI maka ibu wajib eliminasi atau menghindari makanan atau minuman yang membuat alergi, biasanya susu sapi dan turunannya (keju, yoghurt dll) dan sebagainya. Ini harus diperiksakan dulu ke dokter spesialis anak


- perhatikan ventilasi udara di ruangan, apabila menggunakan AC, atur suhu tidak terlalu panas atau dingin.


Sebaiknya silakan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak (SpA) terdekat.


Semoga membantu, terimakasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Bintik merah pada kulit yang mirip dengan gigitan nyamuk bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk reaksi alergi terhadap makanan, obat-obatan, atau bahan kimia, infeksi kulit seperti dermatitis atau eksim, gigitan serangga lainnya, atau kondisi kulit lainnya. Sebaiknya Anda periksakan anak Anda ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin memerlukan tes tambahan untuk menentukan penyebab bintik merah tersebut. Jangan lupa untuk memberikan informasi detail tentang gejala yang dialami anak Anda kepada dokter. Jika anak Anda mengalami gejala lain seperti demam, gatal yang parah, atau perubahan warna kulit yang signifikan, segera konsultasikan dengan dokter. Semoga anak Anda segera pulih dan mendapatkan penanganan yang tepat. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan