🔥 Diskusi Menarik

Benarkah Rebus Air Berkali kali itu Bahaya?

Beredar di grup WA keluarga saya soal bahaya merebus air berkali kali. Katanya kalau sering direbus bisa menghasilkan aresenik, nitrat, flouride dll.


Aku screenshot postingan WA-nya ya. Mohon bantuan pengecekan dok.

Benarkah Rebus Air Berkali kali itu Bahaya? Benarkah Rebus Air Berkali kali itu Bahaya? 
16
80k
2 komen

2 komentar

Halo Dedi Kuswara, terima kasih atas pertanyaannya.


benarkah merebus kembali air yang sudah matang bisa berakibat buruk bagi tubuh?


Sejauh ini, belum ada penelitian atau literatur yang menyatakan itu berbahaya. hal tersebut masih perlu dilakukan kajian ulang dan penelitian panjang. Pasalnya, kanker adalah penyakit multifaktor. Merebus air sebenarnya bisa mematikan kuman dan bakteri penyebab diare dan gangguan saluran pencernaan. Kalau soal air rebusan menyebabkan kanker, itu perlu dikaji ulang. Itu karena penyebab kanker banyak, tidak cuma satu faktor saja. Bisa jadi karena gaya hidup, merokok, dan faktor genetik biasanya sangat berpengaruh besar akan kanker. P roses pemanasan air untuk kedua kali atau seterusnya tidak akan menimbulkan zat baru.


Kekhawatiran ini memang tidak berdasar sama sekali. Umumnya, air matang yang direbus lagi tidak menimbulkan banyak risiko kesehatan. Sebagai contoh, jika Anda menyimpan air dalam teko, lalu merebusnya dan menambahkan air lagi ketika sudah mau habis, itu tidak akan membahayakan kesehatan Anda.


Sejauh ini, belum ada yang menyatakan bahwa merebus air yang sudah matang adalah hal yang berbahaya. Selama Anda merebus air bersih dalam wadah yang bersih hingga mencapai suhu 100 derajat Celsius, kesehatan Anda akan baik-baik saja. Hanya saja, setidaknya rebuslah air minimal hingga mencapai suhu 70 derajat Celsius agar kuman-kuman dan bakteri mati.


Sekian dan Terima Kasih

2 tahun yang lalu
Suka
Balas

Baru dengar merebus air berbahaya, setahu saya air minum yang direbus sampai mendidih itu justru bagus untuk menghilangkan bakteri-bakterinya.

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan