🔥 Diskusi Menarik

Asam urat

dok bagaimana cara menghindari supaya tidak terkena penyakit Asam Urat.

0
81k
2 komen

2 komentar

Halo Anto, terima kasih atas pertanyaan anda.


Beberapa perubahan gaya hidup dokter yakini dapat membantu menurunkan risiko penyakit asam urat, yaitu:

- Minum banyak air untuk membantu ginjal berfungsi lebih baik dan menghindari dehidrasi.

- Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat. Sebab, berat badan ekstra meningkatkan asam urat dalam tubuh dan memberi lebih banyak tekanan pada persendian.

- Menghindari penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya seperti obat-obatan yang bersifat diuretik atau imunosupresan.

- Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Misalnya seperti daging merah, minuman beralkohol, hingga makanan dan minuman tinggi fruktosa.

- Konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah yang memiliki antioksidan tinggi.

- Tidak mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan --> Pencegahan penyakit asam urat juga dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak, terutama minuman alkohol yang tinggi purin seperti bir atau wine. Jika Anda tetap ingin meminumnya, pastikan untuk membatasinya 1 gelas per hari. Namun, bila gejala asam urat kambuh atau terasa lebih sakit, Anda harus berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.

- Menurunkan berat badan bila obesitas -> Penurunan kadar lemak dalam tubuh dapat menurunkan produksi asam urat. Selain itu, berat badan berlebih dapat menurunkan fungsi ginjal dan membuat pengeluaran asam urat kurang efektif. Oleh karena itu, penurunan berat badan dapat membantu menjaga pengeluaran asam urat melalui urine. Namun, perlu diketahui bahwa dalam menurunkan berat badan tidak dianjurkan untuk menjalani diet ketat, seperti diet rendah karbohidrat atau tinggi protein. Hal ini justru dapat meningkatkan kadar purin di dalam tubuh.


Sekian dan terima kasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Dari informasi yang telah disampaikan, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mencegah penyakit asam urat: 1. Batasi konsumsi makanan tinggi purin, seperti seafood, daging merah, makanan manis, alkohol, dan jeroan. 2. Perbanyak konsumsi buah, sayuran, karbohidrat kompleks, daging tanpa lemak, ikan, dan produk susu rendah lemak. 3. Minum air putih minimal delapan gelas per hari untuk menjaga kecukupan cairan tubuh. 4. Hindari cedera atau trauma pada sendi untuk mengurangi risiko serangan asam urat. 5. Hindari konsumsi obat-obatan tertentu yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Selain itu, penting juga untuk menjaga berat badan ideal, menghindari obesitas, dan melakukan olahraga secara teratur. Perubahan gaya hidup sehat, seperti mengubah pola makan dan rutin berolahraga, juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit asam urat. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain terkait topik ini?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan