🔥 Diskusi Menarik

Anak 2 tahun ngomong bahasa inggris

Hallo dok Anak saya 2 tahun 5 bulan,sebelumnya dia di diagnosa speech delay oleh dokter dan sudah mengikuti terapi wicara, nah sebelumnya dia tidak mau mengikuti kata yang di ucapkan oleh saya atau terapinya, nah tiba" kata pertama yg keluar itu *ant* semut dan sampai sekarang dia kata benda lebih tertarik pake bahasa inggris..Apakah hal normal atau gimana dok

1
81k
3 komen

3 komentar

Hai sobat sehat. Terima kasih pertanyaannya.

Meskipun keterlambatan berbahasa biasa terjadi pada anak speech delay, namun bukan berarti anak bilingual pasti mengalami speech delay. Keterlambatan berbahasa (language delay) utamanya disebabkan oleh kurangnya stimulasi saat belajar bahasa asing.

Untuk memastikannya, Anda bisa meningkatkan stimulasi bahasa menggunakan lagu, musik, permainan dan percakapan sehari-hari. Anak yang mengalami speech delay akan menunjukkan keterlambatan pada bahasa ibu dan bahasa asing yang ia pelajari. Jika keterlambatan bahasa hanya tampak pada satu jenis bahasa yang ia pelajari, kemungkinan yang ia alami adalah kurangnya stimulus.

Menyebabkan kebingungan pada anak

Saat mengajarkan anak bahasa asing, Anda mungkin akan mendengar anak-anak mencampur bahasa ibu dengan bahasa yang baru ia pelajari. Hal ini adalah fenomena wajar dalam proses pembelajaran dan tidak berarti anak bingung. Seiring dengan bertambahnya usia, anak-anak mulai bisa memilah mana bahasa ibu dan mana bahasa asing. Di usia 4 tahun ketika kemampuan berbahasanya semakin baik, maka ia akan semakin lancar berbicara dalam bahasa yang ia kuasai dan jarang mencampur bahasa atau kosa kata.

2 minggu yang lalu
Suka
Balas

Tapi ada kata yang tidak saya ajarkan dia menyebutkan dengan bahasa inggris


1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan informasi yang Anda berikan, anak Anda mengalami speech delay dan telah menjalani terapi wicara. Adalah normal bagi anak yang mengalami speech delay untuk menunjukkan minat yang lebih besar pada bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa anak merasa lebih nyaman atau tertarik dengan kata-kata dalam bahasa tersebut. Penting untuk terus mendukung anak Anda dalam terapi wicara dan memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dalam bahasa yang mereka pilih. Jika Anda memiliki kekhawatiran lebih lanjut tentang perkembangan bahasa anak Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau terapis wicara untuk evaluasi lebih lanjut. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain yang ingin ditanyakan?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan