🔥 Diskusi Menarik

Setelah angkat ranim, perut (lambung/usus) sakit, seperti kembung/masuk angin, sering mual dan pernah muntah.

Setelah angkat ranim, perut (lambung/usus) sakit, seperti kembung/masuk angin, sering mual dan pernah muntah. Bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih

0
152k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat, terima kasih atas pertanyaannya.


Jawabannya tergantung sebab kembungnya dan keluhan penyerta lainnya. kembung berarti ada respon dari saluran pencernaan seseorang akibat makanan atau stress atau sebab lainnya.


Kembung disertai mual muntah adalah kumpulan gejala di saluran pencernaan terutama pada lambung, bisa membuat tidak nyaman salah satunya dipicu oleh faktor stress atau makanan yang mengiritasi (pedas, asam, bersantan).


Penyebabnya banyak, tersering karena gangguan di saluran pencernaan yaitu di lambung. Umumnya juga disertai dengan keluhan lainnya seperti pusing atau nyeri kepala dan masih banyak lagi, bahkan salah satu tanda kehamilan pun seringkali berupa mual dan pusing.


Kelelahan, makan tidak teratur hingga stress dapat memicu peningkatan asam lambung yang bergejala mual.


Beberapa tips untuk mengatasi kembung, mual yaitu


- beristirahat dan menenangkan diri




- minum air putih, jika perlu yang hangat




- makan dengan porsi kecil tetapi sering




- hindari makanan pedas, asam, bersantan




- manajemen stress yang baik




- tidur secukupnya sebisa mungkin.




- hindari minum kopi, teh dan minuman bersoda


apabila keluhan terus berlanjut dapat berkonsultasi dengan dokter di fasilitas kesehatan terdekat.


Terimakasih

2 minggu yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Saya tidak bisa memberikan saran medis tanpa informasi lebih lanjut atau pemeriksaan langsung oleh dokter. Gejala yang Anda alami setelah angkat ranim bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti reaksi terhadap anestesi, peradangan, atau komplikasi pasca operasi. Saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli gastroenterologi untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Jangan ragu untuk menjelaskan gejala Anda secara rinci kepada dokter agar dapat diberikan penanganan yang sesuai. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
3 minggu yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan