🔥 Diskusi Menarik

Period lewat

Doktor saya mahu bertanya period saya sudah lewat 3 minggu dari tarikh yang sepatutnya datang..apakah doktor punya saran atau langkah langkah untuk masalah tersebut?


0
157k
2 komen

2 komentar

Halo Sobat Sehat, terima kasih atas pertanyaannya ya..


Perlu diketahui, siklus menstruasi normal rata-rata terjadi setiap 28-35 hari dengan durasi haid 3-7 hari dan volume darah yang keluar sekitar 30–70 ml. Biasanya, warna darah menstruasi normal dua tingkat lebih gelap dari perdarahan pada umumnya. Jika tidak demikian, tentunya terdapat gangguan menstruasi. Adanya gangguan siklus menstruasi di antara siklus normal pada umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal akibat fluktuasi hormonal dimana kondisi hormon berubah-ubah atau belum stabil. Pastikan terus berupaya melakukan perbaikan gaya hidup sehat dengan memperbaiki pola dan jenis makanan yang dikonsumsi (tidak mengonsumsi junk food, makanan berpengawet), pola aktivitas dan olahraga (olahraga rutin 3-5x seminggu @30 menit), pola tidur (tidur cukup 6-8 jam per hari) dan pengelolaan stres.


Jika Anda sudah melakukan hal tersebut dan masih belum teratasi hingga Anda melewatkan 3 kali siklus menstruasi, bisa saja Anda mengalami gangguan hormonal, Anda dapat mengunjungi Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan (Sp.OG) untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut melalui pemeriksaan USG dan mendapatkan terapi yang tepat.


Untuk info lebih lanjut mengenai penanganan gangguan siklus menstruasi, anda bisa membaca artikel berikut:https://hellosehat.com/wanita/menstruasi/mengatasi-menstruasi-tidak-teratur/


Anda juga bisa melakukan konsultasi secara online dengan booking dokter di Hello Sehat pada link https://hellosehat.com/care/semua/dokter/kebidanan-dan-kandungan/


Demikian semoga membantu ya 🙏🏻



2 minggu yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan informasi yang Anda berikan, menstruasi yang terlambat selama 3 minggu bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, perubahan hormon, gangguan pola makan, olahraga berlebihan, atau kondisi medis tertentu seperti PCOS (Sindrom Ovarium Polikistik) atau gangguan tiroid. Saran saya adalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau spesialis kandungan untuk evaluasi lebih lanjut. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik, tes darah, dan tes lainnya untuk menentukan penyebab keterlambatan menstruasi Anda. Jangan ragu untuk berbicara dengan dokter Anda agar dapat memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
3 minggu yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan