🔥 Diskusi Menarik

Masturbasi

Dok saya mau tanya saya melakukan masturbasi memakai air setelah itu pagi hari saya mau buang air kecil kok ada bercak darah dan keputihan banyak kenapa ya dok

3
153k
6 komen

6 komentar

Halo sobat sehat, terima kasih atas pertanyaannya.


Sebelumnya perlu diperjelas bahwa jika masuk siklus haid atau baru selesai, maka darah atau flek yang keluar kemungkinan adalah darah haid yang masih keluar namun jika bukan waktunya haid maka perlu dicaritau sebabnya.


keputihan juga wajar diproduksi oleh vagina wanita setiap hatinya. keputihan normal warnanya putih kekuningan, tidak berbau menyengat, tidak gatal. apabila keputihan berubah warna maka perlu diwaspadai tidak normal.


Apabila bukan waktunya haid, maka perlu diwaspadai. bercak darah diluar siklus haid yang keluar bisa merupakan hal normal ataupun tidak. Pada masa ovulasi atau masa subur saat pelepasan sel telur juga bisa keluar sedikit flek pada sebagian wanita. Atau flek tersebut karena sebab lain yang perlu dicari tahu. Masa subur atau periode ovulasi biasanya di hari ke 14 dari hari pertama haid, atau sekitar 7 hari setelah haid selesai.


Perhatikan juga Siklus haid yang berjalan selama ini, siklus haid normal yang bervariasi rata-rata 21-35 hari, bisa maju atau mundur dengan durasi 3-7 hari hingga 14 hari lama haidnya. apabila masih dalam range siklusnya (21-35 hari, misalnya hari ini hari pertama haid, maka hari ke 21-35 dari hari ini akan haid lagi) apabila maju atau mundur tidak menjadi masalah bila masih dalam range normalnya.



selain itu, Apabila belum diketahui penyebab bercak darah tersebut, maka perlu dicari tahu terlebih dahulu:


-riwayat penggunaan KB apabila sudah menikah dan sedang menggunakan KB. Kb suntik atau Pil KB yang biasa ataupun pil kb emergensi bisa berefek pada siklus haid sehingga bisa membuat flek atau haid tidak teratur

-faktor stress yang sedang dialami

-kelelahan

-keteraturan siklus haid yang berjalan selama ini

-apabila sudah menikah dan rutin berhubungan seksual, pastikan dengan pemeriksaan testpack, yang paling mudah dilakukan untuk melihat apakah dari kehamilan atau bukan.

-apakah disertai dengan gejala lainnya.

-pada usia mendekati 40 tahun juga bisa mendekati masa menopause yang salah satu tandanya yaitu gangguan siklus haid.

-gangguan hormonal lainnya



kondisi stress juga dapat memicu gangguan hormonal tubuh wanita sehingga pada sebagian orang dapat juga mengalami flek.



Saran silakan evaluasi faktor yang disebutkan diatas selanjutnya dapat berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan (SpOG) di fasilitas kesehatan terdekat.



terimakasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Kenapa sorenya masih ada dara sedikit tapi warnanya agak Oren ya dok

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Apakah bercak dara itu ditimbulkan oleh selaput dara robek ya dok

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Masturbasi blm menikah?

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut. Bercak darah dan keputihan setelah melakukan masturbasi dengan menggunakan air bisa menjadi tanda adanya infeksi atau iritasi pada saluran kemih atau organ reproduksi Anda. Dokter akan dapat melakukan pemeriksaan fisik dan tes tambahan untuk menentukan penyebab pastinya dan memberikan pengobatan yang sesuai. Jangan ragu untuk segera mencari bantuan medis. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan