🔥 Diskusi Menarik

hallo dok

dok saya kan udah berhenti kb,, tapi saya belum dapat haid itu knapa ya dok?

pas kb saya pake implan dok dan saya jrang haid.. apakah nunggu haidnya lama dok setelah lepas kb???

0
153k
2 komen

2 komentar

Hallo Sobat sehat, terima kasih atas pertanyaan nya.

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa KB implan merupakan alat kontrasepsi hormonal yang berfungsi mencegah kehamilan dengan menebalkan lendir rahim dan membuat lapisan pada rahim menjadi menipis sehingga tidak dapat menyokong kehamilan.

Apabila KB implan dilepas, maka dibutuhkan waktu beberapa minggu ataupun beberapa bulan agar menstruasi dapat kembali normal ( kondisi ini sangat bervariasi dari wanita satu ke wanita yang lainnya ), hal ini disebabkan oleh karena tubuh membutuhkan adaptasi agar hormon menjadi stabil.

Jika menstruasi Anda sudah kembali normal, maka masa subur Anda pun telah kembali dan dapat diperkirakan dengan pasti apabila menstruasi Anda berjalan normal ( siklusnya teratur ).

Cobalah menjalani pola hidup sehat agar kembalinya menstruasi Anda tidak terlampau lama dengan cara : makan makanan yang sehat dan bergizi, minum air putih minimal 2 liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, kelola stress psikologis, STOP MEROKOK dan jangan minum minuman keras, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan.

Apabila setelah Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, menstruasi juga tidak kunjung hadir sampai dengan 3 bulan kedepan, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis kebidanan dan Kandungan.

4 minggu yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Setelah Anda berhenti menggunakan implan KB, bisa membutuhkan waktu beberapa bulan untuk siklus haid Anda kembali normal. Hal ini karena tubuh perlu waktu untuk menyesuaikan kembali produksi hormon secara alami setelah penghentian kontrasepsi hormonal. Jika Anda masih belum mendapatkan haid setelah beberapa bulan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk evaluasi lebih lanjut. Dokter dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
4 minggu yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan