🔥 Diskusi Menarik

Dok ??

saya mau tanya . kalo keputihan tidak gatal tapi warna berubah agak gelap dan berbau tidak sedap . itu sebab nya apa yah dok ? biasa saya tidak pernah seperti ini pada sebelum² nya🙏 terimakasih . mohon masukan dok

0
173k
2 komen

2 komentar

Hallo Elfrin Sultiani, terima kasih atas pertanyaan nya.

Keputihan berwarna abu-abu dan berbau. Keputihan berwarna abu-abu dan berbau bisa jadi merupakan tanda Anda sedang menderita infeksi bakteri (vaginosis bakterialis). Bahaya keputihan ini biasanya muncul akibat terganggunya keseimbangan bakteri di vagina.

Pengobatan keputihan yang tidak normal harus disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk menentukan penyebab keputihan, dibutuhkan pemeriksaan oleh dokter.

Sebelum ke dokter, Anda bisa menerapkan beberapa cara di rumah untuk membantu meringankan atau mencegah keputihan, di antaranya:

  • Membersihkan vagina setiap kali selesai buang air kecil atau buang air besar
  • Membersihkan vagina dari depan ke belakang (dari arah vagina menuju anus) agar bakteri dari anus tidak masuk ke vagina dan menyebabkan infeksi
  • Menghindari penggunaan produk kebersihan vagina yang mengandung parfum karena bisa mengiritasi vagina
  • Menggunakan celana dalam berbahan katun dan menghindari pakaian yang terlalu ketat
  • Menunda melakukan hubungan seksual hingga keputihan benar-benar hilang
  • Menggunakan deterjen tanpa pewangi untuk mencuci pakaian dalam dan membilasnya hingga benar-benar bersih


1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan deskripsi yang Anda berikan, keputihan yang berubah warna menjadi gelap dan berbau tidak sedap bisa menjadi tanda adanya infeksi atau gangguan kesehatan pada area vagina. Beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain infeksi bakteri, infeksi jamur, atau infeksi menular seksual. Saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis segera agar masalah ini dapat diatasi dengan baik. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan