🔥 Diskusi Menarik

1 minggu setelah minum postinor mengalami flek pendarahan

Hpht saya 31 mei daan selesai di tgl 4 juni. Kemudian saya berhubungan dengan suami tanpa pengaman di tgl 10, kalau dari aplikasi puncak ovulasi saya di tgl 14. Karna kami tidak merencanakan kehamilan, besok paginya saya minum postinor dengan anjuran dan resep dokter. Tapi kenapa di 1 minggu kemudian saya mengalami flek pendarahan, apakah itu tanda awal kehamilan atau efek dari obat postinor nya itu ya? Mohon bantu dijawab terimakasih

0
173k
2 komen

2 komentar

Hallo Sobat sehat, terima kasih atas pertanyaan nya.

Postinor merupakan obat kontrasepsi darurat yang mengandung hormon levonorgestrel (hormon progestrin) dosis tinggi. Zat aktif levonorgestrel bekerja mencegah kehamilan dengan cara menghambat pembuahan atau implantasi janin. Karena mengandung hormon dosis tinggi maka obat tersebut tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai kontrasepsi rutin karena dapat membahayakan tubuh bila dikonsumsi terus-menerus. Beberapa efek samping pada penggunaan postinor diantaranya:

• perdarahan dari vagina, misalnya flek cokelat/bercak darah

• mual dan muntah

• nyeri kepala

• rasa lemas atau lelah

• ruam kulit

• perubahan pada payudara

Jika mengalami perdarahan setelah mengkonsumsi postinor kemungkinan disebabkan karena efek samping dari obat tersebut. Namun, terdapat kondisi lain yang menyebabkan terjadinya perdarahan melalui vagina seperti:

• Siklus menstruasi

• Perdarahan implantasi dalam kehamilan

• Ketidakseimbangan hormonal

• Pola hidup (stres, kelelahan, aktivitas berat)

• Endometriosis

• Miom

• Kista ovarium

• Radang panggul

• Kelainan pembekuan darah


Untuk memastikan penyebab pasti perdarahan yang Anda alami saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kemungkinan flek pendarahan yang Anda alami satu minggu setelah minum Postinor bisa disebabkan oleh efek samping obat tersebut. Postinor adalah kontrasepsi darurat yang mengandung levonorgestrel, hormon progestin yang dapat menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi dan menyebabkan perdarahan di luar siklus haid. Namun, perlu diingat bahwa flek pendarahan juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kehamilan, disarankan untuk melakukan tes kehamilan untuk memastikan kondisi Anda. Jika perdarahan berlanjut atau Anda mengalami gejala lain yang mengkhawatirkan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk evaluasi lebih lanjut. Dokter akan dapat memberikan informasi dan saran yang lebih tepat sesuai dengan kondisi Anda. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan