Nyeri Saat Haid? 4 Resep Jus Sehat Ini Bisa Jadi Penawarnya

    Nyeri Saat Haid? 4 Resep Jus Sehat Ini Bisa Jadi Penawarnya

    Sebagian besar wanita mengalami nyeri saat haid atau beberapa hari sebelum haid datang. Ya, dari yang sakitnya ringan hingga parah, bahkan sampai mengganggu kegiatan sehari-hari. Sebenarnya, ada banyak cara alami yang bisa redakan nyeri saat haid. Akan tetapi, tidak semua cara sehat. Mau tahu bagaimana cara sehat untuk meredakan nyeri saat haid? Coba berbagai resep jus ini yuk!

    Berbagai resep jus sehat sebagai obat nyeri saat haid

    Tidak sabar ingin merasakan jus nan sehat yang bisa jadi obat nyeri saat haid? Ini dia daftarnya.

    1. Jus wortel dan nanas yang menyegarkan

    Perpaduan rasa nanas yang segar serta wortel yang manis, bisa membuat Anda lebih nyaman ketika haid. Hal yang paling utama jika Anda minum jus ini adalah bisa membantu menghilangkan sakit saat datang bulan.

    Pasalnya, nanas memiliki kandungan bromelain yang dapat membantu otot-otot dinding rahim menjadi lebih rileks. Sementara wortel mengandung vitamin A yang tinggi, yang baik.

    Bahan:

    • Setengah buah nanas ukuran kecil
    • 2-3 batang wortel ukuran sedang

    Masukan kedua bahan ke dalam juicer atau bisa juga dengan blender. Bila menggunakan blender Anda bisa tambahkan air sedikit saja. Jus ini tak perlu menggunakan gula lagi karena rasa wortel dan nanas yang sudah manis, tapi jika kurang, Anda bisa tambahkan setengah sendok madu ke dalamnya.

    2. Jus apel, wortel, dan jeruk

    Setelah wortel, ada buah apel dan jeruk bisa Anda andalkan sebagai makanan atau camilan sehat ketika menstruasi datang. Apel dan jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga membuat Anda merasa lebih nyaman ketika haid. Menurut para ahli, makanan yang mengandung vitamin C tinggi dapat mencegah peradangan, jadi dapat menurunkan rasa sakit ketika haid. Begini cara untuk membuat jus ini.

    Bahan:

    • 1 buah apel ukuran sedang (kurang lebih 180 gram)
    • 2 buah jeruk yang sudah dikupas (kurang lebih 262 gram)
    • 5 wortel ukuran sedang

    Anda hanya tinggal masukkan semua bahan ke dalam blender atau juicer. Sajikan dalam keadaan yang dingin agar lebih enak.

    jus alpukat

    3. Jus alpukat dan buah bit

    Si buah hijau yang punya daging tebal dan legit ini bisa jadi obat pereda nyeri saat haid yang baik karena kandungannya dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan hormon. Alpukat mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mencegah nyeri haid yang berkaitan dengan mood swing dan badan lemas.

    Ditambah lagi dengan buah bit yang kaya akan zat besi. Ketika menstruasi, maka tubuh Anda akan kehilangan beberapa mineral, termasuk zat besi. Nah, buah ini baik untuk menggantikan zat besi yang hilang. Tidak sulit, kok, untuk membuat jus alpukat dan buah bit ini. Simak resep berikut.

    Bahan:

    • 1 buah bit ukuran sedang
    • Setengah buah alpukat ukuran sedang
    • Sedikit perasan lemon
    • 1 sendok madu

    Campurkan semua bahan ke dalam blender. Jika suka Anda bisa menambahkan sedikit susu rendah lemak atau air biasa.

    4. Jus pisang dan bayam

    Kata siapa jus harus selalu buah? Ya, Anda bisa mengombinasikan sayur dan buah sekaligus dalam satu gelas jus Anda. Salah satu yang harus Anda coba adalah jus pisang dan bayam. Pisang mengandung vitamin B6 dan kalium yang bisa mencegah Anda mengalami kembung. Sementara bayam merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, sehingga membuat metabolisme lebih baik.

    Ya, biasanya, nyeri saat haid diperparah dengan kondisi perut yang kembung. Nah, kedua dengan minum jus ini, Anda bisa merasa lebih baik. Yuk, ikuti resepnya.

    Bahan:

    • 4 gelas kecil bayam mentah
    • 1 buah pisang ukuran sedang
    • 150 yogurt (bisa pilih yang ada rasanya, seperti vanilla atau tidak berasa sama sekali)
    • Sedikit air

    Campurkan semua bahan ke dalam blender dan sajikan dengan es batu agar lebih nikmat. Setelah itu, Anda bisa merasa lebih baik.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Tania Savitri

    General Practitioner · Integrated Therapeutic


    Ditulis oleh Nimas Mita Etika M · Tanggal diperbarui 02/10/2020

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan