12 Fungsi dan Manfaat Pakai Kondom Saat Berhubungan Intim

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda dan pasangan dilema apakah kondom memiliki manfaat dan fungsi sebagai kontrasepsi yang efektif. Dari deretan alat kontrasepsi, kondom memang secara mudah bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Bila Anda masih bertanya-tanya apakah kondom adalah jawaban yang tepat sebagai opsi alat kontrasepsi, mari kita simak dulu manfaatnya di bawah ini.

Ini dia fungsi dan manfaat kondom yang wajib diketahui

Kondom pria biasanya berbahan lateks, diciptakan demi keamanan dan kenyamanan pasangan suami istri untuk berhubungan intim.

Namun, tak bisa dipungkiri juga, banyak pasangan yang menolak mengenakan kondom karena mengurangi kenikmatan seksual.

Menjawab keresahan itu, produk kondom punya inovasinya masing-masing dan dikemas menarik agar penggunaannya tidak mengurangi kenikmatan seks.

Sama seperti kontrasepsi lainnya, kondom punya manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan sebagai berikut.

1. Melindungi dari infeksi menular seksual

pasangan menolak pakai kondom

Hubungan intim menjadi salah satu kunci untuk menambah kemesraan pasangan. Anda masih tetap menjaga keromantisan dengan menggunakan kondom saat berhubungan intim.

Kondom punya manfaat untuk melindungi diri dari penyakit infeksi menular seksual, seperti klamidia, gonore, dan HIV.

Ini jadi salah satu keunggulan kondom sebagai alat kontrasepsi. Tentunya, tidak satu pun orang mengharapkan pasangannya mengalami penyakit infeksi menular seksual.

2. Manfaat dan fungsi kondom untuk mencegah kehamilan

Sama dengan alat kontrasepsi lainnya, seperti pil KB, cincin vagina, dan IUD, kondom juga memiliki fungsi yang sama dalam mengontrol kehamilan.

Menurut laman NHS dari Inggris, kondom memiliki keefektifan sebesar 98% dalam mencegah kehamilan.

Jadi, Anda bisa menggunakan kondom bila belum merencanakan untuk memiliki atau menambah momongan dalam waktu dekat.

3. Memberikan perlindungan ekstra

waktu tes kehamilan

Selain menggunakan kondom, mungkin Anda atau pasangan sudah memakai alat kontrasepsi lainnya dengan fungsi serupa, seperti pil KB atau IUD.

Memang, tingkat efektivitas alat kontrasepsi seperti pil KB sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, tak ada salahnya Anda juga memakai kondom selama berhubungan seksual.

Dengan demikian, Anda dan pasangan bisa mendapatkan manfaat berupa perlindungan ekstra selama melakukan hubungan intim dengan kondom. Hal ini juga dapat menambah tingkat efektivitas alat kontrasepsi lain yang juga sedang digunakan.

4. Melindungi diri dari penularan penyakit lainnya

Tidak hanya penyakit menular seksual saja yang mengancam hubungan seks tanpa pelindung. Pasalnya, terdapat pula beberapa penyakit lain yang bisa ditularkan melalui seks, seperti infeksi virus Zika.

Anda mungkin selama ini mengetahui virus zika sebagai infeksi yang ditularkan lewat gigitan nyamuk.

Nyatanya, menurut situs pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di Amerika atau CDC, virus Zika dapat ditularkan melalui hubungan seks vaginal, anal, serta oral.

Bahkan, penyakit ini juga masih bisa ditularkan meski Anda hanya memiliki satu pasangan dan tidak pernah bergonta-ganti pasangan seksual.

Salah satu upaya mengurangi risiko penularan virus Zika adalah dengan memakai kondom. Penggunaan kondom bisa juga memiliki fungsi mencegah penularan penyakit ini.

5. Hanya perlu digunakan saat sedang berhubungan intim

cara memakai kondom

Kebanyakan alat kontrasepsi biasanya harus digunakan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

Misalnya, KB suntik harus diberikan setiap 3 bulan sekali, atau pil KB harus diminum selama 28 hari.

Hal ini tidak berlaku jika Anda memilih kondom sebagai alat kontrasepsi. Kondom hanya perlu Anda pakai saat sedang melakukan hubungan seks.

Setelah selesai dipakai, kondom juga bisa segera dibuang. Ini yang membuat kondom jauh lebih praktis dan mudah digunakan.

6. Alat kontrasepsi tanpa efek samping

Kondom tak memiliki pengaruh terhadap perubahan hormonal perempuan maupun laki-laki. Alat kontrasepsi ini secara fisik dikenakan langsung pada penis, tanpa perlu takut terpengaruh faktor kesehatan tertentu.

Kondom bukan satu-satunya alat kontrasepsi, tetapi ada juga pil KB, cincin vagina, atau IUD (Intrauterine Device). Ketiganya  memberikan perubahan hormon dalam menjalani fungsinya. Hormon-hormon ini berperan mencegah kehamilan dengan menghalangi sperma membuahi sel telur.

Perubahan hormon yang terjadi memberi dampak pada perubahan suasana hati, kenaikan berat badan, mengurangi libido, mual, sakit kepala, dan mempengaruhi siklus menstruasi.

Sementara itu, kondom tidak memberikan pengaruh apapun terhadap hormon pasangan suami istri dan dapat digunakan praktis.

7. Kondom memberi manfaat kenikmatan seks

kondom tersangkut di vagina

Sebagian pasangan suami istri mungkin lebih suka menikmati seks tanpa kondom dengan alasan mengurangi kepuasan.

Karena tidak ingin melepaskan fungsi keamanan, beragam variasi kondom diciptakan dengan menambah nilai plus dari kondom itu sendiri.

Kondom diciptakan dengan desain easy on shape (mudah menyesuaikan bentuk penis) sehingga mudah digunakan dan dilepas saat ejakulasi selesai.

Desain yang menarik seperti kondom yang tipis dan tetap fungsional memberikan manfaat agar seks tetap dapat dinikmati.

Contohnya, kondom Ekstra Tipis bisa menjadi pilihan sebagai fitur menarik bahwa seks dapat dilangsungkan dengan cara yang aman dan tetap nyaman.

8. Seks yang lebih lama

Seks yang lebih lama bisa mengembalikan bumbu mesra pasangan suami istri. Salah satu masalah yang kerap dihadapi pasangan suami istri adalah ejakulasi yang terlalu cepat. Permainan seks bergairah, tetapi terhenti dalam waktu singkat karena suami mengalami klimaks yang cepat.

Nah, kondom menawarkan manfaat dan fungsi agar pasangan bisa menikmati kualitas seks bersama. Kondom dapat membantu menahan ereksi lebih lama, terutama untuk kondom dengan pelumas khusus yang mengandung benzocaine.

Benzocaine adalah pelumas khusus yang membantu ejakulasi lebih lama saat berhubungan seks. Dengan demikian permainan seks antara suami istri tetap kian bergairah, tahan lama dan tetap dalam “perlindungan”.

9. Tersedia dalam berbagai ukuran

Setiap pria di dunia pasti memiliki ukuran penis yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kondom hadir dengan ukuran yang beragam dan dapat disesuaikan dengan ukuran penis Anda.

Dengan memilih ukuran yang tepat, kondom tidak akan mudah bocor atau lepas saat digunakan.

Ditambah lagi, kondom dengan ukuran yang pas tentunya akan menunjang kenikmatan saat berhubungan seks.

10. Mudah untuk didapatkan

Kondom adalah alat kontrasepsi yang sangat mudah untuk didapatkan di mana saja. Ini salah satu manfaat dari kondom yang membuatnya unggul jika dibandingkan dengan alat kontrasepsi lain.

Pasalnya, sebagian besar alat kontrasepsi, seperti pil KB atau suntik KB, harus ditebus dengan resep dari dokter jika Anda ingin menggunakannya.

Hal ini tentu berbeda dengan kondom yang dijual secara bebas tanpa resep di apotek, minimarket, bahkan kios kecil.

Oleh karena itu, sulitnya mendapatkan kondom tidak bisa menjadi alasan Anda untuk tidak memakai alat kontrasepsi yang satu ini.

11. Harganya terjangkau

cara memilih kondom

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari kondom adalah harganya yang sangat terjangkau.

Kondom memang terdiri dari berbagai varian dan jenis, tetapi sebagian besar jenis kondom bisa Anda dapatkan dengan harga yang tergolong murah.

Bahkan, terkadang kondom bisa Anda dapatkan secara gratis di beberapa tempat, seperti di rumah sakit tertentu atau klinik khusus kesehatan seksual.

12. Menghilangkan rasa khawatir saat berhubungan seks

Hubungan seks pada dasarnya harus dilakukan dengan perasaan senang dan bahagia. Emosi positif seperti itulah yang dapat memengaruhi tingkat kepuasan seksual Anda dan pasangan.

Nah, bayangkan jika Anda melakukan hubungan seks berisiko yang bisa mengakibatkan kehamilan, atau bahkan penularan penyakit. Mengerikan, bukan?

Rasa takut ini tentunya dapat mengusik gairah selagi berhubungan seks, sehingga kenikmatannya pun berkurang.

Maka dari itu, memakai kondom bisa membantu mengurangi rasa takut dan was-was tadi. Hubungan Anda dan pasangan di ranjang pun menjadi lebih menyenangkan dan memuaskan.

Itulah tadi sederet manfaat memakai kondom yang perlu Anda tahu. Ingat, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, pakailah kondom dengan cara yang benar.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Pakai Kondom Bikin Seks Jadi Kurang Nikmat?

Seks menggunakan kondom menjadi hal yang bertentangan dengan kepuasan seksual pasangan. Kondom sendiri berfungsi sebagai alat proteksi dan kontrasepsi.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 8 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Sebenarnya, Program Keluarga Berencana (KB) Itu Apa, Sih?

Program Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan oleh BKKBN terbukti turunkan angka kelahiran di Indonesia sejak tahun 1991. Apa lagi manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 3 Maret 2019 . Waktu baca 8 menit

Apa, Sih, yang Dimaksud Penyakit Menular Seksual?

Setiap orang yang aktif berhubungan seks dengan orang lain tanpa pakai kondom berisiko mengalami penyakit menular seksual. Apa saja gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Seksual, Penyakit Menular Seksual 6 September 2018 . Waktu baca 3 menit

Tips Seks Pakai Kondom Aman dan Tetap Menyenangkan

Seks pakai kondom bisa dilakukan sebagai cara untuk mencegah kehamilan. Namun, kapan sebenarnya perlu menarik penis saat bercinta menggunakan kondom?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 5 September 2018 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

efek samping kondom wanita

Efek Samping dan Kekurangan Menggunakan Kondom Wanita

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 3 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
alergi lateks

Mengenal Alergi Lateks, Termasuk Karet Gelang dan Kondom

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 7 menit
Konten Bersponsor
cara memilih kondom

Untuk Pasutri, Begini Cara Memilih Kondom yang Pas

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 17 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
dudukan toilet umum

Mungkinkah Kena Penyakit Kelamin Lewat Dudukan Toilet Umum?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2019 . Waktu baca 4 menit