home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

9 Fakta Menakjubkan Seputar Ejakulasi dan Orgasme Pria

9 Fakta Menakjubkan Seputar Ejakulasi dan Orgasme Pria

Pengalaman mencapai orgasme mungkin jadi saat-saat yang selalu ditunggu para lelaki ketika berhubungan seks. Orgasme memang menjadi sebuah fenomena biologis yang begitu menakjubkan. Hanya dengan mencapai klimaks, Anda bisa merasa jauh lebih baik dan bahagia. Ingin tahu lebih banyak lagi soal orgasme pria? Langsung saja simak sembilan fakta berikut ini.

1. Orgasme dengan pasangan lebih baik daripada sendirian

Dalam situasi apa pun, orgasme pasti terasa nikmat. Akan tetapi, penelitian dari Skotlandia menguak bahwa orgasme ketika berhubungan seks dengan pasangan jauh lebih memuaskan daripada orgasme saat masturbasi. Klimaks karena seks rupanya akan memicu tubuh memproduksi 400% lebih banyak hormon prolaktin. Hormon ini yang membuat Anda merasa begitu terpuaskan dan seolah “melayang”.

2. Orgasme pria dipengaruhi oleh berat badan

Rata-rata, pria memproduksi sekitar 3,4 mililiter air mani ketika orgasme. Namun, sebuah penelitian oleh para ahli di University of Aberdeen membuktikan bahwa pria yang kelebihan berat badan cenderung memproduksi air mani lebih sedikit, yaitu kira-kira 2 mililiter. Jadi, hati-hati kalau lemak perut Anda sudah mulai menumpuk atau Anda kesulitan menjaga berat bedan ideal.

3. Orgasme bisa jadi pereda sakit kepala alami

Migrain atau sakit kepala kumat? Tak perlu minum obat, Anda cukup beraktivitas seksual hingga mencapai orgasme. Saat klimaks, tubuh akan memproduksi hormon endorfin. Hormon ini ampuh untuk memblokir rasa sakit dan nyeri terutama di kepala.

4. Laki-laki juga bisa pura-pura orgasme

Anda mungkin pernah dengar kalau wanita sering pura-pura orgasme. Jangan salah, pria juga ternyata bisa melakukannya. Sebuah survei oleh para peneliti di University of Kansas mencatat bahwa para pria pura-pura orgasme karena terlalu mabuk untuk mencapai klimaks atau karena sudah sangat mengantuk. Karena takut menyakiti hati pasangannya, pria pun akan pura-pura orgasme dan langsung menyembunyikan atau membuang kondom yang dipakai.

5. Kecepatan ejakulasi pria lebih hebat dari pelari Olimpiade

Tubuh Anda memiliki kemampuan super yang muncul saat orgasme. Tembakan air mani atau ejakulasi saat pria orgasme sangat cepat, yaitu 45 kilometer per jam! Kecepatan ini lebih menakjubkan dari para pelari di ajang Olimpiade. Usain Bolt, pelari Olimpiade tercepat di dunia saja hanya bisa mencatat rekor yaitu 44 kilometer per jam.

6. Pria bisa orgasme tanpa ejakulasi

Orgasme pria tidak sama dengan ejakulasi. Orgasme adalah serangkaian kontraksi di area penis, meningkatnya detak jantung dan tekanan darah, serta menegangnya otot di beberapa bagian tubuh. Sementara itu, ejakulasi adalah keluarnya air mani dari penis. Beberapa orang pernah mengalami “orgasme kering” ini, dan kenikmatannya tetap sama dengan orgasme pria yang diikuti dengan ejakulasi.

7. Pria harus istirahat dulu untuk mencapai orgasme berikutnya

Kebanyakan laki-laki memang harus beristirahat dulu setelah orgasme baru bisa ereksi dan orgasme lagi. Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa menit sampai satu jam untuk mencapai orgasme berikutnya. Memang ada pria yang bisa orgasme berkali-kali tanpa jeda seperti halnya wanita, namun jarang sekali hal ini bisa terjadi.

8. Efek orgasme mirip seperti efek menggunakan heroin

Sudah bukan rahasia lagi, orgasme memang rasanya sungguh nikmat seolah-olah Anda “terbang” ke dunia lain. Sensasi ini mirip dengan sensasi menggunakan narkotika jenis heroin. Pasalnya, orgasme dan heroin sama-sama mengaktifkan bagian otak bernama ventral tegmental yang mengatur rasa senang.

9. Rutin orgasme menyehatkan tubuh

Anda punya alasan yang kuat untuk rutin orgasme dan berhubungan seks. Penelitian oleh para ahli yang tergabung dalam American Urological Association menguak bahwa rutin orgasme bisa menurunkan risiko kanker prostat hingga 20%. Studi lain di Inggris pada 1997 juga membuktikan orgasme paling tidak dua kali seminggu bisa meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga kestabilan tekanan darah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 Things You Didn’t Know About Your Orgasm. http://www.menshealth.com/sex-women/10-things-about-orgasms Diakses pada 3 Maret 2017.

14 Wow!-Worthy Orgasm Facts, http://www.everydayhealth.com/sexual-health-pictures/wow-worthy-orgasm-facts.aspx?xid=tw_everydayhealth_20120130_orgasm#/slide-1 Diakses pada 3 Maret 2017.

Oh Man! 6 Fun Facts About Male Orgasms. http://www.glamour.com/story/oh-man-6-fun-facts-about-male Diakses pada 3 Maret 2017.

11 Reasons You Should Be Having More Orgasms. http://www.huffingtonpost.com/2013/11/05/orgasm-health-benefits_n_4143213.html Diakses pada 3 Maret 2017.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Irene Anindyaputri Diperbarui 29/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Satya Setiadi
x