Resep Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Maret 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kulit berminyak membutuhkan perhatian penuh, karena ia akan dengan mudah menangkap kotoran dan debu dari lingkungan. Selain itu, ia rentan terhadap jerawat, bintik-bintik, komedo, dan garis berminyak pada wajah karena kulit berminyak cenderung melepaskan minyak alami berlebih, sehingga perlu perawatan ekstra untuk membuat kulit menjadi bersih. Produksi minyak berlebih di dahi, hidung, dan dagu dapat disebabkan oleh pori-pori kulit yang terbuka lebar. Oleh karena itu, mari kita lihat berbagai ramuan masker alami untuk mempersempit pori-pori kulit dan menstabilkan produksi minyak berikut ini!

Ramuan masker untuk kulit berminyak

1. Sari lemon

Sari lemon memang dapat mengiritasi kulit Anda. Namun, jus lemon juga sangat efektif dalam memecahkan masalah kulit berminyak. Jus lemon dikemas dengan vitamin C yang berguna untuk kulit berminyak, seperti membuat kulit bebas dari minyak, kotoran, dan debu, sekaligus memutihkan kulit. Dalam bentuk yang paling sederhana, Anda dapat mengoleskan sari lemon segar pada bagian berminyak dari kulit Anda untuk menyingkirkan minyak dari lapisan atas kulit Anda. Dan bagi Anda yang juga merasa bahwa tubuh Anda juga berminyak, Anda dapat menambahkan setengah perasan lemon ke dalam bak mandi untuk menghilangkan kelebihan minyak dari kulit.

Untuk membersihkan pori-pori dan mencegah komedo, Anda juga dapat menambahkan putih telur dengan sari lemon. Aduk 2 putih telur dengan menambahkan satu sendok sari lemon, lalu aduk hingga mengembang. Oleskan ini ke wajah, tunggu 10-20 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat. Putih telur juga dikenal untuk membantu pengencangan kulit dan menghaluskan kulit yang keriput pada sementara waktu.

2. Pisang

Ini adalah masker wajah yang dapat menenangkan wajah dan bekerja dengan baik terhadap kulit berminyak. Ambil 1 buah pisang yang matang, serta 1 sendok makan madu dan jeruk atau lemon. Anda dapat menyimpan pisang matang di dalam lemari es untuk nantinya digunakan lagi. Namun, pastikan Anda mencairkannya terlebih dahulu sebelum digunakan. Hancurkan pisang (dengan blender atau manual) dan tambahkan madu. Lalu, campurkan beberapa tetes seri jeruk atau lemon. Oleskan masker pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan waslap lembut yang dibasahi air dingin, atau handuk hangat. Setelah itu, pakai pelembap wajah jika diperlukan.

3. Tomat

Tomat merupakan masker wajah yang sangat berguna untuk kulit berminyak, karena ia dapat membantu kulit melarutkan kelebihan minyak dan mengurangi ukuran pori-pori. Ia memiliki zat alami yang membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk kulit berminyak. Ini adalah bentuk paling sederhana dari masker wajah, karena Anda hanya tinggal mengoleskan tomat yang telah dihaluskan pada wajah, terutama pada daerah yang memiliki banyak minyak. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Gunakan masker ini dua atau tiga kali seminggu untuk membuat kulit Anda sehat, kencang, dan bebas dari jerawat.

Selain itu, Anda juga bisa mencampur tomat dengan tepung kentang untuk membuat masker ini. Caranya adalah dengan mengupas seluruh kulit dan biji tomat, lalu campurkan daging tomat dengan dua sendok teh tepung kentang untuk membentuk pasta. Tambahkan lagi tepung jika terlalu encer. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan. Sama seperti lemon, tomat juga mengandung asam yang baik untuk membersihkan kulit dari minyak.

4. Pepaya

Meskipun masker pepaya dikenal sebagai masker untuk segala jenis kulit, namun ia paling bagus digunakan untuk kulit berminyak. Masker pepaya sangat efektif dalam menghilangkan kelebihan minyak dari permukaan kulit. Kulit berminyak adalah tipe kulit yang membutuhkan pengelupasan kulit. Pepaya mengandung enzim yang dapat membantu proses pengelupasan kulit. Jika kulit berminyak Anda disertai dengan jerawat dan bekas luka, maka masker pepaya juga baik untuk itu. Pengaplikasian masker pepaya pada wajah akan menghasilkan banyak manfaat, termasuk membuat kulit terlihat lebih muda, mengurangi keriput, mengencangkan kulit, dan membuat kulit terbebas dari sel-sel kulit mati.

Cara membuat masker ini adalah dengan menghaluskan pepaya matang ke dalam mangkuk, dan mengoleskannya ke wajah dan leher. Anda juga dapat mencampur beberapa tetes sari lemon ke dalamnya. Masker pepaya tidak hanya membantu kulit berminyak dalam menghilangkan kelebihan minyak, tapi juga merupakan teman sejati untuk memberikan kulit yang sehat dan bercahaya.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

    Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Hidup Sehat, Kecantikan 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

    Tips Cegah Iritasi Akibat Pemakaian Masker Sehari-hari

    Masker dapat melindungi dari penularan COVID-19. Namun, karena penggunaannya, masker yang dipakai sehari-hari dapat menyebabkan iritasi.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Coronavirus, COVID-19 5 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

    Tips Memilih Kosmetik yang Aman bagi Kulit Sensitif

    Memiliki kulit sensitif memang perlu perawatan dan perhatian ekstra ya, termasuk untuk memilih kosmetik. Berikut tips memilih kosmetik yang aman untuk Anda.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 4 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

    Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

    Kulit kering ternyata bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Begini cara mengatasi gatal karena kulit kering, serta mencegah kulit jadi semakin kering.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dermatologi, Health Centers 1 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    terapi urine minum air kencing

    Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
    jenis masker

    Memilih Jenis Masker yang Paling Efektif Menangkal Virus

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 5 menit
    penyebab mengatasi kulit mengelupas

    5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
    bibir gatal

    7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit