Kenapa Telinga Saya Terasa Sakit Saat Sedang Pilek?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda merasakan telinga sakit saat pilek? Ya, selain hidung meler atau tersumbat, sakit telinga juga menjadi salah satu gejala yang muncul saat Anda sedang pilek atau flu. Pilek dan flu sama-sama menyebabkan adanya penumpukan lendir dan tekanan pada telinga. Bedanya, gejala pilek lebih ringan dibanding dengan flu.

Semakin parah gejala pilek yang Anda rasakan, semakin besar kemungkinan Anda merasakan sakit pada telinga. Akan tetapi, kenapa bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Sebenarnya, apa yang membuat telinga sakit saat pilek?

Pilek terjadi saat rhinovirus menginfeksi saluran pernapasan Anda. Jadi bukan hanya hidung saja, tenggorokan dan tabung eustachius (tabung yang menghubungkan telinga dengan tenggorokan) juga ikut terkena dampaknya. Itulah sebabnya saat pilek, Anda juga bisa mengalami sakit tenggorokan atau sakit telinga sekaligus.

Sebenarnya, lendir (mukus) sudah diproduksi dan selalu mengalir dari hidung hingga ke paru-paru untuk menjaga kelembapan. Lendir ini juga berfungsi untuk menyaring kotoran pada udara yang Anda hirup.

Nah, saat rhinovirus menyerang tubuh, maka terjadi perubahan pada lendir tersebut. Lendir menjadi lebih banyak diproduksi dan berubah warna. Banyaknya lendir bisa menyumbat hidung sekaligus juga tabung eustachius yang ada pada telinga bagian tengah.  Adanya penumpukan membuat lendir yang seharusnya mengalir ke tenggorokan malah terjebak di telinga tengah dan menyumbat telinga.

Ketika sehat, tabung eustachius akan melakukan gerakan buka dan tutup untuk menjaga keseimbangan udara. Saat pilek terjadi, tabung eustachius menjadi lebih sulit melakukan gerakan tersebut karena ada tumpukan lendir pada saluran.

Selain itu, lendir tersebut juga memberikan tekanan lebih pada telinga bagian tengah. Inilah yang menjadi penyebab kenapa Anda menjadi tidak responsif terhadap suara dan merasa ada tekanan pada telinga sehingga terasa sakit.

Untungnya, telinga sakit saat pilek jarang terjadi. Kondisi ini hanya muncul jika pilek Anda sangat parah dan akan membaik seiring dengan pulihnya tubuh Anda dari pilek.

Apakah sakit telinga saat pilek harus diobati?

Sakit telinga saat pilek pasti sangat mengganggu Anda dalam beraktivitas. Ini akan sembuh jika Anda mengobati pilek Anda, karena semakin jika jumlah lendir sudah kembali normal, maka tak ada lagi yang menekan dan menyumbat telinga.

Obat acetaminophen, dekongestan, atau ibuprofen sesuai resep dokter dapat membantu Anda mencairkan lendir sehingga gejala menjadi lebih berkurang. Mengompres telinga dengan handuk yang direndam dengan air panas atau perbanyak minum air putih juga bisa membantu meringankan gejala.

Jika Anda terus membiarkan kondisi ini, dikhawatirkan penumpukan lendir akan memicu perkembangan bakteri di telinga. Bakteri tersebut akan bertambah banyak dan membuat peradangan.

Kondisi ini berbeda dengan pilek dan disebut dengan infeksi telinga. Walaupun memiliki gejala infeksi telinga hampir serupa dengan pilek, termasuk sakit pada telinga. Bedanya, rasa sakit pada telinga akan terus terjadi disertai rasa pusing dan kesulitan untuk tidur.

Bila kondisi ini berlanjut dan terus membuat Anda tak nyaman, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Kiat untuk Mengatasi Telinga yang Sakit Saat Flu dan Pilek

Saat flu dan pilek menyerang, sering timbul rasa sakit pada telinga terutama ketika sedang menelan sesuatu. Apa yang bisa dilakukan untuk memulihkannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 25/07/2019 . 4 menit baca

3 Macam Pengobatan untuk Memulihkan Otitis Eksterna Secara Medis

Demi menghentikan perkembangan bakteri penyebab infeksi, dokter biasanya menyarankan berbagai pengobatan medis untuk mengatasi otitis eksterna. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 06/07/2019 . 4 menit baca

4 Penyebab Pilek yang Harus Dihindari, Tapi Sering Anda Anggap Remeh

Setiap orang pasti pernah kena pilek minimal 2-3 kali dalam setahun. Namun, tidak semua orang menyadari benar apa yang jadi penyebab pilek mereka.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Flu, Health Centers 01/07/2019 . 7 menit baca

3 Gejala Pilek yang Perlu Anda Kenali Selain Hidung Mampet dan Ingusan

Selain bikin susah napas karena hidung mampet tersumbat ingus, ada gejala pilek lainnya yang mungkin tidak pernah Anda sadari. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Flu, Health Centers 30/06/2019 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengatasi infeksi telinga

Cara Mengatasi dan Mencegah Infeksi Akibat Tindik di Telinga

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 4 menit baca
membesarkan anak tuli

Hati-hati, Infeksi Telinga Pada Anak Bisa Sebabkan Gangguan Bicara

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 31/01/2020 . 4 menit baca
merawat telinga memakai headset

4 Tips Merawat Telinga untuk Anda yang Sering Memakai Headset

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 01/09/2019 . 4 menit baca
telinga kemasukan air

3 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Telinga Kemasukan Air

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28/08/2019 . 4 menit baca