Apa itu stroke ringan (transient ischemic attack)?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu stroke ringan (transient ischemic attack)?

Transient ischemic attack (TIA) atau sering disebut stroke ringan adalah kekurangan darah pada sistem saraf yang berlangsung singkat, biasanya kurang dari 24 jam atau bahkan hanya dalam beberapa menit. Kondisi ini terjadi saat bagian otak tidak mendapat pasokan darah yang cukup. Anda memiliki risiko stroke yang lebih tinggi apabila Anda pernah mengalami transient ischemic attack.

Seberapa umumkah stroke ringan (transient ischemic attack)?

Kondisi ini umum terjadi pada pasien di atas 60 tahun. Orang dengan keturunan Asia, Afrika, dan Karibia memiliki risiko lebih tinggi terkena transient ischemic attack.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala stroke ringan (transient ischemic attack)?

Gejala yang paling umum terjadi adalah Anda merasa lemah pada suatu bagian tubuh. Gejala lainnya meliputi kebingungan, pusing, diplopia (melihat suatu objek menjadi dua), kehilangan ingatan, mati rasa, kesulitan berbicara atau menelan, kesemutan, perubahan pada penglihatan dan kesulitan berjalan. Pada 70% kasus, gejala akan hilang dalam kurang dari 10 menit dan pada 90% kasus, gejala menghilang dalam kurang dari 4 jam.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Segera hubungi dokter jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala dari transient ischemic attack. Perawatan yang tepat dapat membantu mencegah terjadinya stroke.

Penyebab

Apa penyebab stroke ringan (transient ischemic attack)?

Penyebab stroke ringan bisa jadi adalah pembekuan darah yang stagnan pada arteri dan menghambat aliran darah. Umumnya, tubuh Anda dapat menghancurkan pembekuan darah sehingga gejala akan menghilang sendiri. Transient ischemic attack juga dapat terjadi apabila darah terjebak pada pembuluh darah otak. Pembekuan darah ini sering kali berasal dari jantung atau arteri carotid, menghambat darah ke otak, sehingga otak tidak dapat mendapatkan oksigen dari darah.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk stroke ringan (transient ischemic attack)?

Ada banyak faktor risiko yang membuat Anda lebih mungkin terkena stroke ringan, yaitu:

  • Sejarah medis pada keluarga: Anda memiliki risiko yang lebih tinggi jika salah satu anggota keluarga pernah mengalami kondisi ini.
  • Usia: Semakin tua Anda, semakin rentan terkena kondisi ini, terutama di atas 55 tahun.
  • Jenis kelamin: Pria lebih mudah terkena kondisi ini dibanding dengan wanita, namun lebih dari setengah kasus kematian adalah wanita.
  • Pernah mengalami stroke ringan sebelumnya: Anda memiliki risiko 10 kali lebih besar.
  • Penyakit sel sabit: Juga dikenal sebagai anemia sel sabit. Stroke adalah komplikasi pada penyakit ini. Sel darah membawa lebih sedikit oksigen dan cenderung tersumbat di arteri, menghambat aliran darah ke otak.
  • Ras: Orang berkulit hitam memiliki risiko kematian akibat transient ischemic attack lebih besar, akibat tekanan darah tinggi dan diabetes

Namun, ada beberapa faktor risiko yang dapat Anda kendalikan:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kadar kolestrol tinggi
  • CVD dan PAD, diabetes
  • Kelebihan berat badan
  • Konsentrasi homocysteine yang tinggi.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana mendiagnosis stroke ringan (transient ischemic attack)?

Dokter akan mendiagnosis berdasarkan sejarah medis dan pemeriksaan fisik. CT atau MRI juga digunakan untuk melihat kelainan pada otak. Tes lainnya meliputi pemeriksaan graph mass carotid artery dan EKG untuk melihat tanda-tanda thrombosis jantung yang dapat berpindah ke otak.

Bagaimana cara mengobati stroke ringan (transient ischemic attack)?

Perawatan tergantung pada penyebab kondisi. Dokter akan menyarankan perawatan yang paling tepat untuk mencegah stroke.

Penyakit seperti hipertensi, diabetes, kecanduan tembakau, gaya hidup yang tidak sehat, dan kolestrol tinggi harus ditangani. Dokter mungkin akan memberi Anda aspirin, clopidogrel, dan warfarin untuk mengencerkan darah dan mencegah trombosis. Anda mungkin memerlukan operasi untuk membuka arteri yang tersumbat (lebih dari 70%).

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi stroke ringan (transient ischemic attack)?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi stroke ringan:

  • Perhatikan tanda-tanda dan gejala dari transient ischemic attack. Apa yang sedang Anda lakukan saat kondisi ini terjadi? Apa saja gejala yang Anda alami? Berapa lama kondisi ini terjadi? Hal-hal tersebut adalah informasi yang penting agar dokter dapat menentukan penyebab transient ischemic attack dan pembuluh darah sekitar.
  • Gunakan hanya obat-obatan yang diberikan dokter. Beberapa obat tertentu yang Anda konsumsi mungkin memerlukan tes darah rutin.
  • Beri tahu dokter mengenai penyakit lainnya, seperti diabetes, kolestrol tinggi, dan tekanan darah tinggi.
  • Lakukan pemeriksaan lanjutan yang telah dijadwalkan oleh dokter.
  • Hubungi dokter jika Anda menderita transient ischemic attack setelah memulai pengobatan, sakit kepala yang tidak biasa, atau mengalami masalah atau efek samping dari pengobatan.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Februari 9, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca