Definisi

Apa itu limfedema (obstruksi limfatik)?

Limfedema, atau gangguan limfa, adalah edema limfatik pada tangan, kaki, atau kedua tangan dan kaki karena peredaran limfa yang buruk diakibatkan pembuluh limfa yang terhalang, rusak, atau mengalami perkembangan abnormal. Gangguan limfa di sekitar kaki terkadang disebut edema kaki gajah karena kaki yang terkena tampak besar seperti kaki gajah.Gangguan limfa dapat terlihat sebagai kondisi yang tidak dapat terhindari dalam pengobatan kanker dan umum terjadi setelah pengobatan kanker (contoh: pengobatan kanker payudara, serviks, endometri, vulvar, kepala dan leher, prostat, melanoma, dan sarkoma).

Seberapa umumkah limfedema (obstruksi limfatik)?

Gangguan limfa sering muncul setelah pengobatan kanker. Penyakit ini dapat muncul pada semua golongan umur. Anda dapat membatasi peluang terkena penyakit dengan mengurangi faktor risiko. Konsultasikanlah kepada dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala limfedema (obstruksi limfatik)?

Tanda dan gejala limfedema muncul pada nyeri lengan atau kaki, termasuk:

● Bengkak pada sebagian atau seluruh lengan atau kaki, termasuk jari tangan atau jari kaki.
● Wanita yang menjalani terapi radiasi untuk kanker payudara mungkin mengalami gangguan pada tangan kanan.
● Gangguan limfa pada pria karena metastasis kanker prostat mungkin mengalami gangguan pada kaki kanan.
● Bengkak tanpa rasa sakit tapi berlangsung selama beberapa saat.
● Bagian tubuh lainnya macam alat kelamin atau wajah mungkin juga terkena.
● Edema kaki tampak seperti kaki kerbau dan pergelangan kaki yang bengkak tampak seperti batang pohon. Bandingkan kaki yang normal dengan kaki yang terkena.
● Limfedema karena pengobatan kanker mungkin tidak muncul sampai beberapa bulan atau tahun setelah pengobatan.Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum di atas. Jika ingin bertanya tentang tanda ini, konsultasikanlah kepada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda dan gejala di atas atau ingin bertanya, konsultasikanlah kepada dokter. Seandainya Anda menjalani pengobatan kanker, Anda perlu menghubungi dokter bila kaki atau lengan membengkak, memerah, merasa panas, dan nyeri.Status dan kondisi dapat bervariasi pada banyak orang. Selalu diskusi dengan dokter untuk mendapatkan metode diagnosis dan perawatan terbaik untuk Anda.

Penyebab

Apa penyebab limfedema (obstruksi limfatik)?

Limfedema terjadi ketika aliran limfa terhambat dan membuat cairan limfa tidak dapat mengalir secara normal. Terdapat 2 jenis penyebab gangguan limfa: primer dan sekunder.Jenis primer yang langka disebabkan oleh kelainan perkembangan. Gangguan limfa muncul pada orang berumur di bawah 20 tahun. Umumnya, wanita lebih rentan terkena penyakit ini daripada pria.Gangguan limfa sekunder disebabkan oleh penyakit lain seperti penyakit infeksi (Streptococcus, filariasis). Cedera karena benturan atau radiasi atau kanker tertentu, misalnya kanker payudara, prostat, dan tumor node limfa.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk limfedema (obstruksi limfatik)?

Faktor ini mungkin meningkatkan risiko limfangitis:

● Usia lanjut
● Kelebihan berat badan atau obesitas
● Rheumatoid arthritis atau sendi yang psoriasis.

Tidak ada faktor risiko bukan berarti Anda tidak bisa sakit. Tanda ini hanya sebagai referensi. Anda perlu berkonsultasi kepada dokter spesialis untuk lebih banyak detail.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk limfedema (obstruksi limfatik)?

Pengobatan tergantung penyebabnya. Pengobatan termasuk memperbaiki kondisi kaki yang terkena limfatik primer, pijat kaki dan menekan dengan cara yang tepat. Solusi yang mungkin membantu termasuk bantal dan stoking.Operasi limfatik dilakukan jika ukuran kaki pasien bertambah sekalipun kaki sedang diobati, masa istirahat kaki normal, infeksi yang kambuh, atau masalah estetik.Untuk limfatik sekunder, penyebabnya (kanker prostat dan payudara) harus teridentifikasi dan terobati.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk limfedema (obstruksi limfatik)?

Dokter mendiagnosis berdasarkan riwayat pengobatan, pemeriksaan fisik, dan metode gambaran bernama limfangiografi. Dalam metode limfangiografi, dokter memberikan pewarna ke dalam pembuluh limfa untuk melihat gambar lokasi hambatan. Dokter bisa melakukan tes darah atau CT scan untuk mengesampingkan penyakit lainnya.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi limfedema (obstruksi limfatik)?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin membantu mengatasi limfedema:

● Makan makanan yang sehat
● Minum obat sesuai arahan dokter
● Jika tangan dan kaki terinfeksi, Anda harus diobati secepatnya. Dalam beberapa kasus, Anda memerlukan diuretik untuk mengurangi bengkak.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan