home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Alasan Mengapa Anda Perlu Menggunakan Krim Malam

7 Alasan Mengapa Anda Perlu Menggunakan Krim Malam

Selain toner, serum, dan pelembap, satu lagi produk yang hampir tak pernah absen dari rutinitas skincare adalah night cream alias krim malam. Produk ini punya fungsi beragam, mulai dari sekadar melembapkan kulit hingga diklaim mampu melawan penuaan dini.

Apa yang membuat night cream begitu spesial? Lalu, bagaimana cara memilih produk yang sesuai untuk Anda?

Fungsi krim malam bagi kulit

pakai krim malam

Krim malam adalah produk yang fungsi utamanya untuk melembapkan kulit pada malam hari atau selama tidur malam. Ketika mencari night cream di pasaran, Anda kemungkinan akan menemukan produk dengan manfaat sebagai berikut.

1. Memberikan kelembapan ekstra bagi kulit

Walaupun mirip dengan produk moisturizer, krim malam berbeda dengan produk pelembap pada umumnya. Selain melembapkan, setiap jenis night cream mengandung bahan aktif tertentu yang memiliki fungsi tersendiri bagi kulit Anda.

Banyak produk night cream bahkan diformulasikan dengan zat pelembap ekstra hingga mampu menyulap kulit yang kering menjadi lebih lembap. Jika kulit Anda cukup lembap, sel-selnya tentu lebih mampu mengunci kelembapan selama Anda tidur.

2. Melembutkan kulit

Kulit yang lembap merupakan awal dari kulit yang lembut. Untuk mencapai tujuan ini, beberapa produsen night cream menambahkan zat aktif berupa hyaluronic acid. Bahan aktif ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Hyaluronic acid mampu mengisi celah pada kulit yang kering. Zat ini juga merangsang penyembuhan luka dan perbaikan jaringan kulit. Penggunaan krim malam mengandung hyaluronic acid secara rutin dapat menghasilkan kulit yang lembut dan kenyal.

3. Meratakan warna kulit

Banyak orang bermasalah dengan warna kulit yang tidak rata, entah akibat flek hitam, bekas jerawat, atau faktor lainnya. Apabila Anda memiliki masalah yang sama, cobalah menggunakan night cream mengandung niacinamide dan/atau vitamin C.

Niacinamide dapat memperkuat lapisan pelindung kulit, memacu pembelahan sel, dan memperkecil pori sehingga kulit tampak lebih rata. Sementara itu, vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Krim malam melawan penuaan dini

Penuaan kulit merupakan hal yang wajar, tapi faktor-faktor seperti stres, sinar matahari, dan kebiasaan yang bikin kulit kusam bisa mempercepat prosesnya. Kabar baiknya, krim malam dengan kandungan retinol bisa membantu Anda mencegah penuaan dini.

Retinol dapat menyamarkan garis halus dan keriput dengan mendorong pembentukan kolagen. Bahan aktif yang berasal dari vitamin A ini juga merangsang pembentukan pembuluh darah baru di bawah kulit yang membuat tampilan kulit menjadi lebih sehat.

5. Mencegah kerusakan akibat sinar matahari

Kulit yang sering terpapar sinar matahari lebih rentan mengalami kerusakan. Terlebih bila Anda jarang memakai sunscreen dan sering terkena polusi. Jika Anda menghadapi situasi serupa, pilihlah night cream yang mengandung antioksidan seperti melatonin.

Melatonin kerap ditambahkan ke dalam krim pagi dan malam, sebab zat ini merupakan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan pada kulit. Pemakaian secara rutin terbukti bisa menenangkan kulit dan mengurangi bintik kecokelatan akibat sinar UV.

6. Mengencangkan dan mencerahkan kulit

Banyak produk skincare menggunakan vitamin C sebagai zat aktifnya, tidak terkecuali night cream. Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients, vitamin ini memang punya banyak kegunaan bagi kulit, di antaranya:

Manfaat vitamin C bagi kulit berasal dari kemampuannya dalam merangsang produksi kolagen. Vitamin dengan nama lain asam askorbat ini juga melindungi kolagen yang telah terbentuk serta sel kulit dari faktor lingkungan yang bisa merusak.

7. Membantu mengatasi jerawat

Menggunakan obat jerawat saja terkadang tidak cukup untuk mengatasi jerawat yang membandel. Anda perlu produk lain yang mampu menyehatkan kulit sehingga sel kulit bisa menyerap obat jerawat dengan lebih baik, contohnya krim malam.

Produk ini bisa membantu dengan beberapa cara, tergantung kandungannya. Ada krim yang bekerja dengan melembapkan kulit, menenangkan kulit, merangsang pembelahan sel baru, hingga meredakan peradangan sehingga jerawat tidak lagi terasa perih.

Kendati sebagian besar kandungannya merupakan zat pelembap, krim malam ternyata memiliki fungsi yang beragam. Agar manfaatnya lebih optimal, pastikan Anda memilih produk night cream dengan kandungan yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Night Creams: How They Work and How to Choose One For You. (2021). Retrieved 5 April 2021, from https://www.sleep.org/night-creams-do-they-work/

Nicotinamide. (n.d.). Retrieved 5 April 2021, from https://dermnetnz.org/topics/nicotinamide/

Act your age when it comes to skin care. (2016). Retrieved 5 April 2021, from https://www.aad.org/news/age-and-skin-care

Do retinoids really reduce wrinkles?. (2019). Retrieved 5 April 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/do-retinoids-really-reduce-wrinkles

Skin Care Creams: Formulation and Use. (n.d.). Retrieved 5 April 2021, from https://www.ospublishers.com/skin-care-creams-formulation-and-use.html

Pullar, J. M., Carr, A. C., & Vissers, M. (2017). The Roles of Vitamin C in Skin Health. Nutrients, 9(8), 866. https://doi.org/10.3390/nu9080866

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari
Tanggal diperbarui 2 minggu lalu
x