home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Benar Sering Pakai Makeup Bisa Bikin Jerawatan?

Apakah Benar Sering Pakai Makeup Bisa Bikin Jerawatan?

Makeup dan jerawat bagai dua kutub magnet yang berseberangan. Kalau Anda sedang jerawatan, Anda pasti butuh riasan untuk menutupinya. Begitu pun sebaliknya. Memakai makeup mungkin akan memancing timbulnya jerawat di sana-sini. Namun, apa makeup bikin jerawat muncul?

Apa yang jadi penyebab sering pakai makeup bikin jerawatan?

Pada dasarnya, makeup bukan penyebab jerawat. Beberapa orang bisa jerawatan padahal tidak pernah sekalipun mengoleskan riasan di wajahnya, sementara lainnya bisa memakai makeup setiap saat tanpa pernah mendapatkan satupun jerawat selama hidupnya.

Namun, makeup bisa memperparah jerawat atau membuat jerawat semakin meradang. Terkadang ini merupakan hasil dari pemakai makeup yang tidak menyadari bahwa kulit wajah mereka sensitif atau alergi terhadap bahan tertentu dalam kosmetik yang mereka gunakan.

Beberapa bahan dalam produk makeup bersifat komedogenik, yang terkenal mampu menyumbat pori-pori. Minyak, pewarna, pewangi adalah bahan riasan wajah yang paling umum menyebabkan jerawat.

Anda mungkin juga terbiasa memulas makeup langsung dengan tangan tanpa mencucinya terlebih dahulu, yang bisa memicu perpindahan bakteri dari tangan ke wajah.

Di lain waktu, mungkin mereka lupa menghapus makeup setelah seharian beraktivitas di luar rumah, dan karena itu menyumbat atau menghalangi pori-pori.

Selain itu, meski mungkin Anda memang benar rajin mencuci muka setiap hari, cara yang Anda lakukan mungkin secara tidak sadar tidak benar-benar membilas bersih semua sisa makeup sepenuhnya.

Setelah pori-pori tersumbat, bakteri jerawat bisa tumbuh dari memakan sisa-sisa minyak, kotoran dan debu, dan kemudian menyebabkan peradangan dari dalam. Kuas dan peralatan makeup yang kotor juga bisa menjadi sarang bakteri, yang bisa berpindah ke wajah saat Anda menggunakannya.

Satu hal yang pasti, makeup bikin jerawat muncul hanyalah mitos. Masalah lain-lain yang terkait dengan riasan wajah itu sendirilah yang paling berpotensi untuk memperparah atau bahkan memicu jerawat pada beberapa orang.

Cara mencegah jerawat kalau Anda suka pakai makeup

Meski makeup berpotensi menyebabkan jerawat, bukan berarti Anda tidak boleh memakainya. Hanya saja, beberapa produk kosmetik mengandung bahan yang lebih berbahaya daripada yang lain

Anda harus benar-benar lebih bijaksana dan berhati-hati dalam memilih makeup. Berikut daftar cara mencegahnya.

1. Pilih makeup dengan bahan yang ramah kulit

Cara terbaik untuk mencegah jerawat kalau Anda adalah orang yang suka berias adalah memilih produk yang mengandung bahan non-komedogenik dan diberi label “bebas minyak” dan “hypoallergenic.”

Produk makeup lain yang mengandung asam salisilat (bahan aktif yang melawan jerawat, yang digunakan pada kebanyakan produk jerawat) juga bisa menguntungkan Anda.

2. Selalu bersihkan wajah sebelum tidur dan sebelum pakai makeup

Penting bagi Anda untuk benar-benar menghapus makeup sebelum berolahraga dan sebelum tidur. Namun, cuci muka setelah bangun tidur juga sama pentingnya.

Makeup tidak akan menimbulkan jerawat jika Anda memoles riasan Anda pada kulit yang bersih.

Dengan mencuci muka setelah bangun tidur, artinya wajah Anda bersih dari kelebihan minyak dan sel kulit mati yang sudah terakumulasi dari semalaman Anda tidur.

3. Cuci tangan dan kuas makeup

Selain itu, cuci tangan sebelum memulas makeup. Ingat bahwa tangan Anda dapat menyimpan ribuan bakteri yang bisa berpindah ke wajah Anda. Begitu pula dengan kuas Anda.

Selalu luangkan waktu setidaknya seminggu atau dua minggu sekali untuk membersihkan koleksi kuas makeup Anda dengan sabun anti bakteri.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Does Wearing Makeup Cause Acne? http://www.instyle.com/beauty/skin/does-makeup-cause-acne

10 Acne Myths: What Does Or Doesn’t Cause Acne? https://www.symptomfind.com/health/acne-myths/

Acne From Makeup: Everything You Need To Know About Make up and Acne https://yoderm.com/pimples/acne-from-makeup-everything-you-need-to-know-about-make-up-and-acne


Foto Penulis
Ditulis oleh Ajeng Quamila Diperbarui 03/02/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x